Kenali Alat Peraba Saraf, Reflex Hammer

0
2447

Saraf merupakan suatu jaringan pada otot yang dapat mempengaruhi gerak dari seseorang. Sedangkan saraf tendon adalah saraf yang berada pada tendon. Lalu apakah tendon itu? Tendon merupakan jaringan ikat yang ditemukan pada sendi. Tendon sendiri berfungsi untuk mengikat tulang dan otot agar gerak menjadi maksimal.

Baca juga : Daftar alat medis habis pakai

Tendon mengandung banyak kolagen dan merupakan protein yang berserat. Jika tendon mengalami gangguan maka gerakan dapat berkurang. Biasanya kolagen memiliki gerak yang flesibel, tahan terhadap tarikan atau tegangan yang terlalu kuat. Namun, tetap saja ada gangguan, gangguan pada tendon biasanya terjadi karena kecelakaan atau aktivitas yang berlebihan. Ketika tendon tidak bekerja dengan maksimal maka tulang dan otot yang terhubung dengan sendi tidak dapat bergerak secara maksimal. Sehubungan dengan pembahasan tersebut. Apakah ada kelainan pada tendon?

Alat yang digunakan untuk pemeriksaan saraf

Hasil gambar untuk reflex hammer

Pengobatan saraf dan saraf tendon dilakukan dengan pemeriksaan pada seluruh sendi-sendi terlebih dahulu. Pemeriksaan pada sendi biasanya menggunakan reflex hammer. Pemeriksaan saraf dilakukan oleh dokter spesialis saraf, tidak dokter umum. Reflex hammer adalah yang digunakan untuk mengatahui apakah saraf tendon mengalami kerusakan atau tidak.

Penggunaan reflex hammer dilakukan dengan mengentuk atau memukul bagian sendi. Ketika dilakukan pemeriksaan menggunakan reflex hammer penderita akan merasakan sakit atau nyeri ketika mendapat tekanan. Pada saat itulah pengobatan yang sesuai akan ditentukan. Reflex hammer atau palu refleks digunakan untuk memeriksa kemampuan reflesi dari bagian-bagian tertentu tubuh kita, biasanya lutut kita.

Seperti kita ketahui refleksi adalah suatu reaksi tubuh atau bagian tubuh kita yang tidak sengaja,yang terjadi karena adanya suatu  rangsangan dari luar terus melalui syaraf-syaraf perasa ke pusat reflex, yang kemudian menyalurkan ke syaraf penggerak dan otot-otot yang terus membuat gerakan-gerakan reflex itu. Oleh sebab itu Alat REFLEX HAMMER ini biasanya digunakan oleh dokter spesialis syaraf untuk mendeteksi sejauh mana fungsi refleks dan biasanya alat ini berbentuk seperti palu.

Baca juga :

Reflex Hammer/palu refleks merupakan alat medis yang digunakan oleh dokter untuk menguji refleks tendon dalam/lutut. Pengujian refleksitas pasien merupakan bagian penting dari pemeriksaan fisik neurologis untuk mendeteksi kelainan pada sistem saraf pusat atau perifer.

Fungsi Reflex Hammer

Hasil gambar untuk reflex hammer

Alat ini berbentuk segitiga/tailor digunakan untuk memeriksa kemampuan refleksi dari bagian-bagian tubuh. Gagangnya terbuat dari besi stanless. Palu terbuat dari karet yang lembut sehingga tidak menyakitkan bagi pasien.

Reflex hammer berfungsi untuk mengetahui refleks pada sistem saraf dan mengetahui adanya kerusakan saraf pada tubuh. Refleks adalah gerakan seseorang secara spontan tanpa adanya stimulus. Gerakan reflex terjadi karena di pengaruhi oleh sumsum tulang belakang. Reflex yang dihasilkan dari pengaruh tulang belakang adalah lutut. Namun, reflex yang dimaksud bukan hanya lutut saja siku juga termasuk.

Baca juga: Alat Cek Gula Darah dan Penggunaannya

Itulah pengertian dan juga manfaat dari Reflex hammer yang mungkin sering anda lihat namun tidak tahu baik nama maupun fungsinya. Alat ini sangat baik dan banyak dilakukan untuk menangani masalah sistem saraf. Dapat dilihat bahwa penggunaan reflex hammer menjadikan proses pengobatan lebih efektif dibandingkan mengonsumsi obat secara oral karena bekerja lebih cepat dan juga menyasar titik yang tepat. Reflex hammer juga banyak digunakan untuk mendeteksi dan kegiatan terapi.

BAGIKAN
Berita sebelumyaRekomendasi Alat Oximeter Terbaik
Berita berikutnyaKenali Alat Pacu Jantung
PT. CIPTA MEDIKA INDONESIA adalah perusahaan spesialis alat kesehatan, alat kedokteran, dan alat medis rumah sakit, dimulai dengan keinginan dan kepercayaan yang kuat, bahwa kemajuan ditentukan oleh kemampuan untuk membantu customer dalam mencapai tujuannya.