Mengenal Fungsi EKG untuk Medis

0
307
ekg untuk medis

Salah satu fungsi EKG, atau elektrokardiografi, adalah mengukur dan memperkirakan detak jantung secara akurat. Alat ini khusus digunakan untuk menguji jantung. Selain itu, alat elektrokardiografi ini selalu digunakan sebagai perekam denyut dan irama. Jika Anda ingin tahu tentang masalah jantung, gunakan EKG.

Untuk mengukur detak jantung, elektroda terpasang pada bagian tubuh seperti lengan, dada, dan kaki. Mesin EKG kemudian ditenagai oleh listrik yang terhubung ke kabel berbasis timah. Apapun, tidak ada listrik yang di pasok ke tubuh. Tapi impuls listrik alami memicu kontraksi yang mengukur detak jantung Anda.

Berbagai Fungsi Elektrokardiografi dalam Dunia Medis

Pada dasarnya, mesin elektrokardiografi (EKG) dirancang untuk mengukur dan mendeteksi masalah jantung. Namun seiring kemajuan teknologi, begitu pula fungsi dari alat yang kompleks ini. Awalnya alat ini dirancang untuk mengukur detak jantung dan irama, kini fungsinya jauh lebih serbaguna.

Namun, alat elektrokardiografi ini di rancang khusus untuk mengetahui apa yang salah dengan jantung Anda. Namun, karena perangkat EKG yang di produksi menjadi semakin canggih, fungsi lain dapat di deteksi dengan alat ini. Apa itu fungsi? Berikut ini adalah macam-macam fungsi elektrokardiografi dalam bidang medis:

1.     Pengukuran Detak Jantung

Salah satu fungsi EKG yang di kenal masyarakat umum adalah pengukuran jumlah detak jantung. EKG membantu mengukur denyut nadi dengan hasil yang akurat. Meskipun detak jantung dapat Anda sesuaikan dengan menekan tombol detak jantung, hasilnya mungkin tidak akurat.

Cara paling akurat untuk menentukan jumlah denyut nadi adalah dengan menggunakan perangkat elektrokardiografi. Jika denyut nadi yang di ukur terlalu cepat atau terlalu lambat dari standar normal, masalahnya ada di jantung Anda. Hubungi dokter Anda segera jika detak jantung Anda lebih tinggi atau lebih rendah dari rata-rata.

2.     Penghitungan Irama Jantung

Fungsi lain dari alat elektrokardiografi yang di kenal banyak orang adalah penghitungan irama jantung. Alat ini dapat menunjukkan gejala aritmia, yang di analisis berdasarkan irama jantung yang tidak teratur. Dalam hal ini, jantung berdetak terlalu cepat atau terlalu lambat.

Oleh karena itu, Anda dapat mendeteksi penyakit jantung, seperti aritmia, sejak dini. Semakin dini penyakit Anda terdeteksi, semakin cepat dapat diobati. Dengan cara ini, kemungkinan memburuknya penyakit dapat di minimalkan karena Anda telah mendiagnosis penyakit tersebut sejak awal.

3.     Deteksi Serangan Jantung

Selain itu, tugas EKG selanjutnya adalah mendeteksi kemungkinan serangan jantung. Anda tahu bahwa serangan jantung adalah salah satu penyebab kematian tercepat di dunia. Penyakit ini bisa muncul secara tiba-tiba meskipun Anda dalam keadaan sehat.

Anda dapat mendeteksi kemungkinan serangan jantung dengan melakukan pemeriksaan jantung secara teratur dengan mesin EKG. Jika Anda berisiko terkena serangan jantung, Anda bisa meminimalkannya dengan mengonsumsi obat resep dari dokter. Selain itu, mengikuti gaya hidup sehat membantu meminimalkan kemungkinan serangan jantung.

4.     Deteksi Anomali Struktural Jantung

Perangkat EKG untuk medis dapat mendeteksi kemungkinan anomali struktural jantung. Selama pemeriksaan, elektrokardiografi dapat memberikan bukti adanya ruang jantung yang membesar. Namun, tidak menutup kemungkinan juga jika alat ini bisa menunjukkan tanda-tanda penyakit jantung lainnya.

Itulah mengapa penting bagi Anda untuk melakukan pemeriksaan jantung secara teratur. Anda bisa mendeteksi penyakit jantung sejak dini. Bahkan kerusakan jantung yang mungkin Anda alami juga dapat di identifikasi dan di obati secara efektif. Dengan cara ini, penyakit jantung yang di alami dapat di prediksi atau di obati sejak awal, tanpa menunggu bertambah parah.

Inilah beberapa fungsi EKG untuk medis yang dapat memberikan pengetahuan baru bagi Anda. Jika Anda memiliki masalah jantung, periksakan diri Anda dengan alat elektrokardiografi ini. Dapatkan alat medis ini dan alat medis lainnya dengan mudah di PT Cipta Medika.