Ultrasound : Pengertian, Fungsi dan Penggunaannya

0
2272

Sebagian dari anda yang rutin pergi ke rumah sakit atau melakukan rawat jalan rutin, pasti tidak asing lagi dengan alat yang bernama ultrasound. Salah satu alat medis ini memang banyak digunakan khususnya oleh rumah sakit besar, dalam mendukung para tenaga kesehatan dan juga dokter dalam melakukan pemeriksaan. Namun alat ini tidak dapat melakukan pengobatan hanya dapat menunjang dokter untuk memeriksa pasien dan juga memilih metode yang tepat untuk pasien tersebut.

Ultrasound merupakan sebuah alat pencitraan yang biasanya digunakan untuk mendiagnosa, sebab berbagai penyakit dan juga kondisi kesehatan pada pasien saat ini. Umumnya memiliki kemampuan dapat menciptakan gelombang suara yang akan menimbulkan gema saat disorotkan ke dalam tubuh. Gelombang-gelombang ini kemudian akan menciptakan gambar yang dapat digunakan oleh banyak tenaga kesehatan dalam mendiagnosis penyakit atau kondisi pasien.

Apa itu Ultrasound ?

Hasil gambar untuk ultrasound

Ultrasound umumnya dikenal sebagai nama ultrasonografi ataupun sonografi. Kebanyakan tindakan operasi yang dilakukan dengan menggunakan peralatan ultrasound yang berada diluar tubuh. Namun dalam beberapa kondisi kesehatan para dokter, membutuhkan penggunaan ultrasound dan mengharuskan alasan tersebut untuk dimasukkan ke dalam tubuh pasien. Hal ini namun jarang sekali terjadi kecuali ada hal-hal tertentu atau kasus tertentu yang dapat ditangani atau dilakukan dari luar tubuh.

Cara kerja dari Ultrasound sendiri sangat mudah. Peralatan operasional ini umumnya digunakan oleh dokter umum ataupun dokter spesialis, untuk mendapatkan gambar organ yang ada pada pasien gambar tersebut. Nanti akan terbentuk ketika bagian ujung dari alat digerakkan di sekujur bagian yang ingin diketahui, misalnya bagian ujung alat USG akan mengeluarkan gelombang suara yang nantinya akan menembus kulit dan akan menimbulkan Gema, mungkin tidak terdengar oleh telinga manusia. Namun suara ultrasonik ini memang masuk ke dalam gelombang suara khusus Gema yang ditangkap oleh bagian ujung tersebut akan dicatat oleh alat tersebut dan hasilnya akan ditampilkan di layar.

Sehingga para dokter akan membacanya, begitupun dengan gambar yang ditampilkan. Umumnya tidak dapat dibaca oleh masyarakat umum dan hanya dipelajari oleh para tenaga kesehatan. Meskipun begitu mutu gambar yang dihasilkan dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti halnya udara gas lapisan lemak tulang dan juga keahlian dari penggunaan alat.

Kegunaan Ultrasound

Hasil gambar untuk ultrasound

Ultrasound biasanya digunakan sebagai alat diagnostik. Namun alat ini dapat digunakan untuk tindakan pemeriksaan atau bahkan untuk perawatan. Kegunaan lain dari ultrasound yang cukup umum adalah:

  • Ekokardiografi – ultrasound digunakan untuk menilai kerja jantung. Tindakan ini dapat dilakukan secara trans-torasik (ujung alat berada di luar tubuh) atau trans-esofageal (ujung alat dimasukkan ke dalam kerongkongan melalui mulut).
  • Evaluasi pembekuan darah di pembuluh darah – USG dapat menemukan pembekuan darah dalam beberapa kondisi kesehatan seperti trombosis (gumpalan bekuan darah) vena dangkal atau dalam, aneurisma (pelebaran abnormal pembuluh darah akibat penipisan atau pelemahan dinding pembuluh darah), atau stenosis (penyempitan). Tindakan ini sering digunakan pada pasien yang terkena stroke.
  • Evaluasi Struktur Abdominal – USG dapat digunakan untuk menemukan kehadiran batu empedu, menentukan ada atau tidaknya infeksi pada organ, menemukan penyumbatan di saluran empedu, memeriksa adanya usus buntu atau batu ginjal, dan untuk menemukan penyebab dari suatu kondisi kesehatan seperti nyeri perut (abdomen) bagian bawah.

Baca juga:

Itulah kelebihan dan juga cara penggunaan ultrasound yang umumnya digunakan di dalam rumah sakit. Hal yang perlu anda ketahui adalah, anda dapat menggunakan alat ini atau menyediakan alat ini. Di rumah sakit besar guna guna menunjang berbagai metode yang dilakukan oleh tenaga kesehatan. Hal ini juga dapat membantu meningkatkan keefektifitasan diagnosa dokter pada pasien, yang mengalami penyakit tertentu. Bagi anda yang tertarik dan perlu khawatir karena dapat membelinya langsung di ciptamedika.com sebagai salah satu penyedia alat medis online yang berkualitas.