Kenali Alat Hematologi Analyzer dan Kelebihan serta Kekurangannya

0
2651

Alat canggih ataupun teknologi canggih, ternyata dapat mendukung dunia medis. Sehingga dapat bekerja secara maksimal dan menangani pasien. Salah satu alat yang banyak digunakan khususnya oleh rumah sakit besar disebut sebagai hematology analyzer. Salah satu alat ini merupakan alat yang digunakan dalam bidang kesehatan atau bidang kedokteran, yang umumnya digunakan untuk mengukur sampel berupa darah yang mampu membantu mendiagnosis penyakit yang diderita. Seperti halnya diabetes, dan juga kanker.

Baca juga : Daftar Alat Medis Habis Pakai

Fungsi Hematologi Analyzer

Related image

Alat ini tentu saja sangat penting karena dapat membantu menganalisis, tanpa perlu memakan waktu yang cukup lama dan berada pada bank darah ataupun uji lab. Alat ini menjadi salah satu penopang sebuah rumah sakit yang digunakan oleh semua dokter yang ada.

Fungsi dari hematology analyzer sendiri, yakni alat ini berfungsi untuk memeriksakan darah secara lengkap serta menghitung dan juga mengukur sel darah yang ada. Sehingga secara otomatis daerah yang digunakan atau yang diujikan berdasarkan intensitas aliran listrik dan juga berkas cahaya, terhadap sel-sel yang dilewatkan. Alat ini juga dapat membantu mendiagnosis penyakit dalam seorang pasien diabetes dan lain sebagainya pemeriksaan hematologi rutin, meliputi pemeriksaan hemoglobin, penghitungan sel leukosit, dan juga hitung jumlah sel trombosit.

Baca juga: Alat Cek Gula Darah dan Penggunaannya

Bagi anda yang pernah dirawat atau mengalami sakit seperti tipes, dan juga DBD. Maka anda akan diambil atau desain untuk diujikan. Hematologi analyzer inilah yang membantu mewujudkan darah, Anda cara penggunaannya sendiri sangatlah mudah diantaranya adalah :

Cara kerja Pemeriksaan sampel Darah

Image result for hematologi analyzer
  1. Sampel darah harus dipastikan sudah homogen dengan antikoagulan
  2. Tekan tombol Whole Blood “WB” pada layar
  3. Tekan tombol ID dan masukkan no sampel, tekan enter
  4. Tekan bagian atas dari temapt sampel yang berwarna ungu untuk membuka dan letakkan sampel dalam adaptor
  5. Tutup tempat sampel dan tekan “RUN”
  6. Hasil akan muncu pada layar secara otomatis
  7. Mencatat hasil pemeriksaan. Yang perlu diperhatikan pada layar alat hematology analyzer, setelah pengukuran spesimen darah, meliputi : Perhatikan Hematokrit (PCV), Hb kira-kira 1/3 Hematokrit, Perhatikan MCHC, Kemungkinan ada kesalahan semua atau salah satu dari hasil, Alat yang baik maka MCHC ~ CHCM *, Perhatikan juga sel leukosit terutama distribusi diff. counting.

Keuntungan Hematologi Analyzer

  1. Efisiensi Waktu. Lebih cepat dalam pemeriksaan hanya membutuhkan waktu sekitar 2-3 menit dibandingkan dilakukan secara manual dan lebih tanggap dalam melayani pasien.
  2. Sampel. Pemeriksaan hematologi rutin secara manual misalnya, smapel yang dibutuhkan lebih banyak membutuhkan sampel darah (Whole Blood). Manual prosedur yang dilakukan dalam pemeriksaan leukosit membutuhkan sampel darah 10 mikro, juga belum pmeriksaan lainnya. Namun pemeriksaan hematologi analyzer ini hanya menggunakan sampel sedikit saja.
  3. Ketepatan Hasil. Hasil yang dikeluarkan oleh alat hematologi analyzer ini biasanya sudah melalui quality control yang dilakukan oleh intern laboratorium tersebut, baik di institusi Rumah Sakit atupun Laboratorium Klinik pratama.

Tidak dapat menghitung sel abnormal. Pemeriksaaan oleh hematologi autoanalyzer ini tidak selamanya mulus namun pada kenyataannya alat ini juga memiliki beberapa kekurangan seperti dalam hal menghitung sel-sel abnormal . Seperti dalam pemeriksaan hitung jumlah sel, bisa saja nilai dari hasil hitung leukosit atau trombosit bisa saja rendah karena ada beberapa sel yang tidak terhitung dikarenakan sel tersebut memiliki bentuk yang abnormal.