Alat Cek Gula Darah dan Penggunaannya

0
644

Penyakit diabetes merupakan salah satu penyakit yang banyak menyerang masyarakat di zaman modern ini. Di mana diabetes sendiri merupakan penyakit gula yang disebabkan oleh banyak hal. Mulai dari keturunan hingga pola hidup atau pola makan yang tidak baik. Sehingga gula darah anda menjadi naik dan tentu saja akan menyebabkan berbagai penyakit, selain dari diabetes itu sendiri.

Pada penderita diabetes umumnya wajib melakukan pemantauan gula darah, yang tentu saja dengan. Hal ini anda bisa dapat mengurangi konsumsi makanan manis ataupun yang berkarbohidrat tinggi agar menjaga kesehatan anda.

Kecanggihan Teknologi

Gambar terkait
alat cek gula darah – youtube

Sebagian orang mungkin tidak memiliki waktu untuk melakukan cek gula darah, sehingga orang dalam bidang kesehatan akhirnya memutuskan untuk mengembangkan alat, khususnya alat cek gula darah. Alat pengukur gula darah. Sesuai dengan namanya merupakan sebuah perangkat digital yang berfungsi untuk mengukur kadar gula dalam darah seseorang. Bentuknya yang kecil dan juga sengaja dibuat agar lebih efisien dan mudah dibawa.  

Alat ini juga lebih memudahkan para penderita diabetes untuk dapat memilikinya dan juga membawa ke manapun anda pergi. Sehingga pemantauan gula darah dapat berjalan dengan baik. Kemudian penggunaannya juga membuat para mempercayakan penderita diabetes untuk melakukan pemantauan secara sendiri. Kecuali jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti halnya gula darah cukup tinggi ataupun tekanan meningkat. Maka anda harus dilarikan ke rumah sakit atau dokter.

Berbicara mengenai komponen alat cek gula darah sebenarnya alat ini masih banyak yang belum paham, Bagaimana cara menggunakan dan juga membelinya. Komponen alat cek gula darah biasa disebut dengan glucometer.

Cara Memilih Alat Cek Gula Darah

Bagi anda yang tertarik untuk menggunakan alat cek gula darah ini, maka ada beberapa tips untuk memilih alat cek gula darah dengan tepat diantaranya adalah :

  1. Alat yang Akurat

Ketika anda memutuskan untuk membeli alat, jelas saja anda tidak ingin alat tersebut menimbulkan rasa sakit. Umumnya direkomendasikan bagi anda untuk mengambil sampel darah dari ujung jari. Hal ini dikarenakan aktuasi kadar gula darah dari pembuluh kapiler pada ujung jari cukup besar, selain itu melukai jari dapat mengukur gula darah yang lebih akurat dan mudah. Namun karena pada ujung jari terdapat banyak saraf seringkali menyebabkan rasa sakit.  Alat cek gula darah ini biasanya membutuhkan lubangnya kecil saja dengan daerah yang sedikit, sehingga anda tidak perlu khawatir.

2. Kapasitas Besar

Saat anda membeli alat cek gula darah, perhatikan kapasitas penyimpanan data. Di mana alat ini masuk ke dalam alat modern yang memiliki fitur-fitur yang berbeda setiap mereknya. Sebagai contoh seseorang yang mengalami kondisi hiperglikemia, dalam waktu lama tentu harus memeriksakan kadar gula darahnya secara terus-menerus. Hal ini menjadikan anda membutuhkan alat cek gula darah. Di manapun dan kapanpun untuk itu anda bisa melakukan pengecekan rutin dan juga menuliskannya.

Namun bagi beberapa alat yang mampu menyimpan data lebih banyak. Sehingga anda harus menggantinya atau merubahnya dari beberapa alat yang direkomendasikan. Bagi anda yang ingin menggunakannya diantaranya adalah gluco Dr auto g4000, dan AS Xenia diabetes care Contour plus. Di mana deretan alat ini memang tidak semua terjadi Indonesia. Namun tidak perlu khawatir karena anda tetap bisa membelinya di belanja online Cipta Medika khususnya Ciptamedika.com.