Kenali Lampu Operasi dan Juga Kelebihan serta Kegunaannya

0
1878

Lampu operasi sebenarnya berbeda dari lampu biasa yaitu untuk memenuhi persyaratan khusus operasi. Pertama, persyaratan pencahayaan pencahayaan ruang operasi, dua, Operasi aman lamping, tiga, tidak ada persyaratan bayangan, empat, persyaratan cahaya dingin, lima, persyaratan desinfeksi yang dapat dilepas. Lampu operasi mencakup dua jenis : lampu bedah reflektif integral dan lampu bedah tipe lubang. Lampu bedah reflektif integral juga merupakan lampu ibu molekuler dan lampu tunggal;lampu bedah tipe lubang juga dibagi menjadi lampu alfabet dan lampu tunggal. 

Pengertian Lampu Operasi

Lampu bedah dapat memberikan kecerahan pencahayaan ke ruang operasi. Ahli bedah ruang bedah harus dapat secara akurat membedakan kontur, warna, dan gerakan. Oleh karena itu, intensitas cahaya mendekati kualitas cahaya matahari diperlukan, dan intensitas cahaya minimal 100.000 lux diperlukan. Lampu operasi dapat memberikan Lampu tunggal memiliki kecerahan maksimum 150.000 pencahayaan, dan kecerahan lampu bedah dapat disesuaikan secara bertahap. Jika terjadi malfungsi selama operasi, lampu cadangan dapat dialihkan secara otomatis selama 0,3 detik, sehingga lampu bedah dapat memberikan Operasi lamping yang aman. 

Lampu operasi melalui reflektor poligon, untuk mencapai persyaratan bayangan pencahayaan, permukaan reflektif ini melalui industri stamping molding, pantulan cahaya tinggi 95%, pembentukan sinar homogen, dari pelat lampu 80 cm untuk mencapai daerah bedah sinar untuk memastikan operasi Cahaya terang, tanpa bayangan, dan tetap sangat bahkan ketika bahu dokter bedah, tangan dan kepala menghalangi sebagian cahaya.

Baca juga :

Kelebihan Lampu Operasi

Hasil gambar untuk lampu operasi
  1. Lampu operasi menyala saat lampu menyala, menghindari panas yang dihasilkan. Lampu tanpa bayangan dapat menyaring 99,5% komponen inframerah melalui filter baru, memastikan bahwa cahaya yang mencapai bidang bedah dingin.
  2. Desain dan posisi pemasangan lampu bedah dan pegangan berstandar tinggi dapat secara efektif mengontrol jumlah patogen dan dapat dibongkar dan didesinfeksi.
  3. Lampu operasi dipasang di langit-langit harus dilengkapi dengan satu atau lebih trafo di langit-langit atau remote control di dinding untuk mengubah tegangan suplai input ke tegangan rendah yang dibutuhkan oleh sebagian besar bola lampu. 
  4. Kebanyakan lampu operasi memiliki kontrol peredupan, dan beberapa produk juga dapat menyesuaikan bidang cahaya untuk mengurangi cahaya di sekitar situs bedah (pantulan dan kilatan dari lembaran, kasa, atau instrumen dapat membuat mata merasa tidak nyaman).
  5. Lampu operasi dapat memastikan bahwa suhu warna hingga 4000 warna suhu dan di atas, dekat dengan sinar matahari, membuat warna yang dirasakan oleh mata lebih jernih, dan tidak akan membuat kelelahan mata staf medis karena jam kerja yang panjang.

Prinsip Kerja

Hasil gambar untuk lampu operasi

Prinsip kerja dari lampu ini adalahdengan memanfaatkan tegangan dari PLN untuk menyuplai lampu yang sebelumnya masuk rangkaian dimer untuk mengatur intensitas lampu. Lampu operasi tidak sama dengan lampu-lampu pada umumnya, arena lampu operasi harus memiliki syarat tidak boleh panas dan tida ada bayangan karena dapat mengganggu proses tindakan operasi, oleh karena itu lampu operasi ini memakai lampu khusus yaitu lampu halogen.


Sifat dari lampu halogen adalah sebagai berikut.

  • Memiliki kepekaan yang cukup tinggi
  • Termasuk zat kimia
  • Bukan radio aktif
  • Tidak boleh disentuh dengan tangan karena tangan mengandung keringat sehingga lampu akan pecah karena panas.
  • Bentuknya ada yang ulir dan ada yang soket (pemasangan)

Anda bisa langsung membelinya di ciptamedika.com sebagai salah satu website penyedia alat kesehatan online yang dapat menyediakan berbagai kebutuhan yang anda inginkan terutama alat medis ataupun alat kesehatan yang dapat mendukung kinerja rumah sakit atau klinik yang anda miliki.