Jaga Keluarga dengan Sediakan Alat Kesehatan di Rumah

0
288
alat kesehatan

Semenjak masa covid-19, banyak masyarakat yang mulai waspada dan memperhatikan kesehatan. Salah satu hal yang dapat Anda lakukan adalah dengan memiliki beberapa alat kesehatan umum yang ada di rumah sakit di rumah. Pergi ke rumah sakit pada saat masa covid-19 juga merupakan hal yang sebaiknya tidak perlu Anda lakukan apabila memang tidak mendesak.

Maka dari itu, terutama untuk anda yang memiliki riwayat penyakit seperti diabetes ataupun hipertensi dan perlu memeriksa kondisi anda ke dokter secara teratur. Anda dapat memantau kondisi anda sendiri apabila memiliki alat kesehatan itu sendiri.

Alat Kesehatan Umum di Rumah

Daripada pergi ke rumah sakit untuk memeriksa kondisi anda, kini ada banyak orang yang memilih untuk membeli peralatan tersebut sendiri dan memeriksa diri mereka sendiri di rumah. Lantas alat kesehatan apa saja yang perlu ada di rumah anda? Beberapa alat kesehatan umum di bawah ini dapat anda sediakan di rumah untuk melakukan pemeriksaan secara mandiri di rumah anda.

1.     Termometer

Termometer merupakan alat kesehatan farmasi paling umum yang perlu anda miliki di rumah anda, apalagi jika anda sudah memiliki anak. Dengan alat kesehatan umum ini, anda dapat mengukur suhu tubuh dari anggota keluaga anda yang terserang demam dan panas tinggi. Dengan memantau suhu tubuh secara rutin ketika sedang terserang demam, anda dapat dengan mudah berkonsultasi dengan dokter yang juga membuka praktik lewat sosial media. Dokter juga dapat memberi keputusan jika suhu tubuh sudah terlalu tinggi, atau suhu tubuh tidak kunjung turun sehingga perlu pergi ke rumah sakit.

2.     Tensimeter

Alat kesehatan umum yang kedua ini di perlukan oleh anda yang mengindap penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi, tekanan darah rendah, ataupun penyakit jantung. Memeriksa tensi secara rutin merupakan hal yang sangat perlu Anda lakukan untuk Anda pasien pengindap penyakit tersebut. Anda dapat melihat apakah obat yang anda konsumsi bekerja atau tidak, apakah tekanan darah anda terlalu tinggi atau terlalu rendah, dan dengan mengetahui hal tersebut, anda dapat memutuskan apakah perlu pergi ke dokter atau tidak.

3.     Oximeter

Oximeter ini merupakan alat kesehatan umum yang kini banyak di gunakan oleh masyarakat semenjak pandemi covid-19 ini muncul. Dengan alat ini, anda dapat memantau kadar jumlah oksigen yang ada di dalam kadar darah anda serta detak jantung anda. Jika jumlah oksigen yang ada di dalam tubuh anda terlalu sedikit, maka anda dapat segera mencari cara untuk menaikannya lagi atau jika sudah terlalu rendah, anda bisa segera pergi ke rumah sakit.

4.     Glukometer

Jika anda memiliki penyakit diabetes maka glucometer ini perlu ada di rumah anda untuk memantau kadar gula yang ada dalam diri anda. Alat kesehatan umum ini bisa anda gunakan dengan cara menusuk jari anda dengan jarum kecil pada alat semacam pulpen dan menaruh darah tersebuh pada strip test yang sudah tersedia pada alat tersebut. Memeriksa kadar gula darah secara rutin perlu di akukan oleh penderita diabetes karena akan berbahaya apabila kadar gula tidak dikendalikan.

5.     Tabung Oksigen

Salah satu alat medis yang banyak di cari pada masa pandemi ini adalah tabung oksigen. Bahkan tabung oksigen sempat susah di cari dan harganya naik di pasaran karena banyaknya masyarakat yang membeli alat kesehatan ini untuk di rumah. Covid-19 dapat membuat Anda mengalami masalah gangguan pernafasan. Maka itu jika Anda sedang isolasi mandiri di rumah tabung oksigen ini perlu Anda siapkan. Hal ini dilakukan apabila sewaktu-waktu terjadi masalah terhadap pernafasan.

5 alat kesehatan umum yang dapat anda sediakan di rumah untuk menjaga kesehatan anda. Sehingga tidak perlu sering mengunjungi rumah sakit. Untuk memeriksa kesehatan anda tersebut dapat anda beli di PT Cipta Medika yang sudah pasti terpecaya.