Daftar Alat Medis Habis Pakai

0
4296

Alat medis merupakan alat yang sangat penting untuk membantu melancarkan kinerja di rumah sakit dan memberikan penanganan pada pasien. Tentu saja, alat medis bisa bersifat beragam salah satunya adalah alat medis habis pakai, dimana alat medis habis pakai atau biasa disebut disposable. Bagi anda yang ingin tahu apa itu alat medis habis pakai dan bagaimana fungsi serta daftar alat medis habis pakai apa saja yang biasa digunakan rumah sakit, dalam artikel berikut ini akan kita bahas.

Alat Medis Habis Pakai

Pengertian dari alat medis habis pakai adalah berbagai alat kesehatan atau alat medis yang umumnya digunakan untuk menangani pasien. Tidak hanya itu, alat medis juga digunakan untuk melindungi diri dimana pasti banyak pasien yang membawa penyakti baikmenular dan tidak menular. Untuk itu adanya alat medis habis pakai ini benar-benar membantu kinerja tenaga kesehatan.

Jika alat medis tersebut sudah digunakan maka sudah megnandung kuman dan virus yang harus segera dibuang atau dimusnahkan. Dimana daftar alat medis habis pakai diantaranya adalah :

  1. Underpad Bed

Hasil gambar untuk underpad bed
Underpad bed – homeandmedical

Undepad bed merupakan salah satu bahan atau alat medis yang banyak digunakan di rumah sakit khususnya rawat inap. Dimana underpad bed ini harus diganti setiap kali berganti pasien. Karena menjadi alas untuk tidur pasien yang datang atau di rawat, sehingga underpad harus diganti dan dibuang kemudian menggunakan barang baru kembali. Underpad bed ini bisa anda beli di berbagai toko kesehatan, salah satunya ciptamedika dengan harga yang sesuai dan tentu saja kualitas standar kesehatan.

2. Jarum Suntik

Hasil gambar untuk needle
jarum suntik – mediasave

Daftar alat medis habis pakai selanjutnya yang bisa anda ketahui selanjutnya adalah jarum suntik. Dimana jarum merupakan alat habis pakai yang digunakan untuk memasukan cairan berbagai jenis mulai dari obat, hormon hingga obat bius kedalam tubuh dan pembuluh darah. Tujuanya agar obat bekerja lebih cepat dibandingkan menggunakan obat telan yang prosesnya lebih lama. Karena jarum memasuki lapisan kulit manusia, tentu saja menyebabkan alat medis satu ini jelas terkontaminasi dengan mudah oleh kuman dan bakteri. Sehingga jarum suntik harus berganti setelah pakai, dan disediakan dengan cukup banyak.

3. Selang Oksigen

Hasil gambar untuk oxygen tube disposable
selang oksigen – Medline

Selang oksigen merupakan salah satu alat medis habis pakai yang seringkali digunakan untuk pasien baik yang melakukan rawat inap dan juga instalasi gawat darurat. Dimana selang oksigen merupakan salah satu alat yang penting karena membantu memberikan oksigen lebih cepat dan juga lebih dekat dengan saluran pernapasan manusia. Hal ini menjadikan selang oksigen sudah terkontaminasi setelah digunakan. Sehingga selang oksigen ini masuk kedalam disposables atau alat medis yang langsung diganti setelah pakai.

4. Kateter

Hasil gambar untuk kateter disposable
selang kateter – PICSSR

Kateter merupakan selang yang umumnya digunakan untuk mengeluarkan kandung kemih anda. Selain itu kateter juga menjadi selang kecil yang digunakan para pasien yang melakukan rawat inap atau yang melakukan persiapan sebelum operasi. Dimana kateter yang sudah digunakan tentu tidak boleh didaur ulang dan dipakai lagi atau masuk kedalam alat medis habis pakai. Selang ini bisa anda beli di berbagai toko kesehatan termasuk di ciptamedika yang berstandar dan dijamin kualitasnya. Apalagi jika berdasarkan pada fungsinya, akan berbahaya jika selang kateter digunakan lebih dari 1 kali.

Itulah deretan alat medis habis pakai yang bisa anda gunakan dan juga harus anda beli ketika mendirikan klinik atau menjadi salah satu karyawan sebagai pengadaan alat dan barang. Untuk membelinya anda bisa membeli di berbagai toko kesehatan berstandar agar produk yang dijual aman dan juga sesuai, seperti pembelian dengan sistem online Ciptamedika.com yang menyediakan alat medis habis pakai atau disposables secara lengkap dan berkualitas.

BAGIKAN
Berita berikutnya5 Alat Kesehatan Canggih yang Umum Ditemui
PT. CIPTA MEDIKA INDONESIA adalah perusahaan spesialis alat kesehatan, alat kedokteran, dan alat medis rumah sakit, dimulai dengan keinginan dan kepercayaan yang kuat, bahwa kemajuan ditentukan oleh kemampuan untuk membantu customer dalam mencapai tujuannya.