Alat CVC dan Kegunaanya untuk Pasien

0
6813

Apa yang anda ketahui tentang CVC ? Salah satu tindakan medis dengan alat berupa sebuah selang yang dipakai untuk memberikan obat atau cairan ke pasien, tanpa harus melalui suntikan berkali-kali atau berulang ulang. CVC atau singkatan dari Central venous catheter ini merupakan sebuah alat yang banyak digunakan di rumah sakit. Khususnya bagi para pasien yang menderita penyakit cukup parah. Umumnya alat berupa selang tersebut dipasang di bagian pembuluh darah dekat dengan area jantung dimana selang ini akan berada di luar tubuh pasien juga.

Kapan Seorang Pasien Perlu Menjalani CVC

Gambar terkait

Metode atau tindakan medis ini umumnya direkomendasikan jika seseorang memang tengah memerlukan pengobatan yang teratur. Namun menghindari suntikan atau pengobatan luar berkali-kali. Contohnya saja pengobatan teratur yang dimaksud seperti halnya transfusi darah, kemoterapi atau penggunaan jenis antibiotik dengan jangka waktu yang cukup lama, mulai dari bulan hingga tahunan.

Kegunaan dari selang ini menyerupai terowongan, sehingga dapat membantu menurunkan potensi terjadinya infeksi pada pasien yang ketiga pengobatan tersebut. Seseorang yang memerlukan pereda rasa sakit jangka panjang serta pemberian cairan bisa menggunakan CVC ini.

Artikel terkait :

Tujuan Pemasangan CVC

Hasil gambar untuk central venous catheter

Tujuan adanya pemasangan CVC yakni membantu para penderita penyakit kronis yang harus dirawat dalam jangka waktu yang lama, baik dengan jenis rawat inap maupun rawat jalan. Mereka yang membutuhkan akses infus atau akses internet Vena secara berkelanjutan juga sangat diuntungkan dengan metode CVC ini.

Agar para pasien dapat memperoleh obat dengan mudah dan nutrisi atau cairan tubuh pun tercukupi. Kateterisasi Vena paling bermanfaat karena pemasangannya terhitung cukup lama dan juga seringkali membutuhkan obat yang dimasukkan ke dalam tubuh.

Berikut Ini Adalah Beberapa Tujuan Pemasangan CVC :

  • Memberikan perawatan cairan kepada pasien yang memerlukan dalam jangka waktu yang lama
  • memberikan cairan dalam waktu singkat namun dalam jumlah yang banyak memberikan obat-obatan kepada pasien secara intravena
  • mengambil darah vena dari tubuh pasien dalam frekuensi yang lumayan sering
  • mengecek sekaligus memantau tekanan Vena Sentral atau CVPD atau berasal dari singkatan Central venous pressure

tindakan medis layak CVC ini tidak boleh sembarangan dan harus melalui prosedur yang sangat ketat, di rumah sakit yang sudah diakui benar prosedur nya. karena dapat menimbulkan resiko dan juga berbahaya. Selain itu yang umumnya melakukan CVC merupakan pasien khusus dengan penyakit kronis. Sehingga CVC tidak bisa diterapkan pada semua pasein secara sembarang.

Tipe dan Teknik Pemasangan

Hasil gambar untuk central venous catheter

Sebelum mungkin anda memutuskan untuk menyetujui akan pemasangan tindakan medis ini, Anda perlu tahu lebih dulu tentang tipe kateter vena sentral. Tipe dari CVC akan ditentukan berdasar dari tujuan pemasangan itu sendiri. Berikut ini adalah tipe-tipe yang dimaksud:

  • CVC temporer atau jangka panjang.
  • CVC tunneled atau percutaneous.
  • CVC yang dilapisi antibiotik atau tidak.
  • CVC yang pemasangannya dari perifer atau vena sentral.
  • CVC multi-lumen atau single-lumen.

Bagi anda yang membutuhkan CVC ini, anda bisa langsung datang ke rumah sakit yang menyediakan pengobatan yang sesuai dengan prosedurnya. Sedangkan bagi anda memiliki rumah sakit atau membutuhkan alat ini tidak perlu khawatir. Karena anda bisa membelinya langsung di ciptamedika.com. Sebagai salah satu tempat penyedia alat-alat kesehatan dan juga alat-alat medis berkualitas yang dapat dimanfaatkan untuk membantu memaksimalkan pengobatan di rumah sakit atau di klinik anda.