Mengenal Jenis-jenis Tandu dan Fungsi Penggunaannya

0
1461
jenis tandu dan fungsinya
galerimedika

Apa itu jenis tandu dan fungsi kegunaannya? tandu adalah alat yang digunakan untuk mengangkut pasien yang sakit atau cedera. Kebanyakan orang, termasuk Anda, telah melihat alat ini, bukankah begitu? Entah itu Anda melihat ketika pergi ke rumah sakit untuk berobat atau melihat orang terkasih bersama Anda yang perlu membawanya ke rumah sakit dengan tandu ambulans.

Berikut adalah penjelasan lengkap seputar tandu untuk memberi Anda gambaran tentang tandu apa yang tersedia.

 

1.    Folding Stretcher (Tandu Lipat)

Folding stretcher atau tandu lipat di Indonesia memiliki bentuk memanjang dan memiliki dua pegangan di sisi kanan dan kirinya. Selain itu, terpal juga memiliki celah atau lubang yang dapat berguna sebagai pegangan saat mengangkut korban. Tandu lipat sangat praktis dan tidak memakan banyak tempat, karena tandu jenis ini menyimpannya sesuai dengan namanya yaitu cukup dilipat menjadi potongan-potongan kecil

Bagi yang suka menonton pertandingan sepak bola pasti pernah melihat pemain yang di tandu keluar lapangan cedera selama pertandingan. Jenis tandu ini biasanya berguna untuk mengangkut atlet yang cedera. Tandu self-propelled terbuat dari kanvas dan aluminium.

2.    Ambulance Stretcher (Tandu Ambulans)

Seperti bahasan sebelumnya, jenis tandu dan fungsi penggunaannya yaitu untuk mengangkut pasien ke rumah sakit dengan ambulans. Pasien Anda gerakkan dengan mendorong tandu ambulans tanpa harus membawanya seperti tandu yang bisa melipatnya. Hal ini karena tandu ambulans memiliki roda pada bagian bawah kaki tandu yang mudah Anda dorong untuk bergerak.

Tandu ambulans secara fisik seperti tempat tidur. Itu tinggi dan memiliki karpet tipis dengan bingkai aluminium dan roda di kaki tandu. Ujung tandu dapat Anda atur sesuai dengan kondisi dan kenyamanan pasien. Selain itu, terdapat strap atau pengikat pada bagian samping matras yang harus Anda ikatkan ke tubuh pasien agar tidak bergerak selama pemindahan di atas tandu ini.

3.    Scoop Stretcher (Tandu Skop)

Tandu skop memiliki bentuk yang berbeda dibandingkan dengan jenis tandu alas datar lainnya. Bagian bawah sepasang sekop cekung. Meskipun bentuknya, itu membuat orang di tandu dalam posisi yang nyaman. Tandu ini sudah lengkap dengan dua tiga tali di tengahnya.

Tujuan dari pengikatan adalah untuk menahan korban agar tidak jatuh selama pengangkutan atau evakuasi. Tandu jenis ini biasanya berguna untuk menyelamatkan korban bencana yang medannya cukup sulit dilalui dan permukaannya tidak rata.

4.    Basket Stretcher (Tandu Basket)

Tandu basket berbentuk keranjang, tetapi tidak terlalu dalam. Sisi-sisi yang mengelilinginya hanya sedikit lebih tinggi dari permukaan alasnya. Ini juga memiliki tali untuk menjaga korban di tempat dan aman saat Anda pindahkan.

Cara menggunakannya, letakkan korban di atas permukaan tandu bola basket, lalu ikat talinya. Jenis tandu dan fungsi penggunaannya biasanya terpakai untuk mencari korban atau operasi penyelamatan di tempat-tempat yang sulit terjangkau.

Reeves Stretcher (Tandu Fleksibel)

Reeves Stretcher, yang juga sebagai tandu fleksibel di Indonesia, adalah jenis tandu yang terbuat dari papan kayu atau plastik pipih. Di sekelilingnya terdapat 6 lubang untuk mengevakuasi korban. Mirip dengan tandu basket, tandu fleksibel juga dapat Anda gunakan untuk memindahkan korban dari ketinggian dengan menggunakan tali yang melekat pada tandu.

jenis tandu dan fungsinya
Sumber : galerimedika

Secara umum, pilihan tandu tergantung pada keadaan dan medan di mana korban berada. Selain memilih tandu yang tepat, tidak lupa juga peran tim untuk memindahkan korban ke tandu dan membawanya ke rumah sakit untuk perawatan lebih lanjut. Anda ingin mendapatkan alat medis ini dan yang lainnya untuk kelengkapan peralatan Rumah Sakit atau Klinik, maka bisa dengan mudah Anda dapatkan di PT. Cipta Medika.