Electrosurgical Device, Alat Bedah Multifungsi

0
336
electrosurgical device
storage

Electrosurgical device ini bekerja dengan menggunakan energi listrik yang dikendalikan untuk memberikan panas ke jaringan tubuh manusia. Energi panas ini kemudian bertindak untuk memotong atau mengentalkan jaringan. Instrumen bedah memancarkan arus listrik frekuensi tinggi, yang  kemudian menghasilkan energi panas saat arus  melewati jaringan tubuh.

Rangkaian listrik yang menggunakan Electrosurgical device ini berupa rangkaian dipol dengan dua elektroda yang bersentuhan dengan jaringan tubuh. Berdasarkan desain rangkaian listrik  yang menggunakannya, perangkat bedah listrik ini secara umum terklasifikasikan menjadi dua kelompok, yaitu perangkat bedah listrik monopolar dan bipolar.

Electrosurgical Device, Alat Bedah Elektrik

Ada 2 jenis Electrosurgical device yang bisa Anda ketahui, antara lain :

Monopolar Electrosurgical Device

Alat pada model rangkaian listrik ini mengalirkan arus listrik melalui elektroda aktif. Arus itu kemudian masuk ke jaringan tubuh pasien sasaran. Arus kemudian mengalir keluar lagi menuju bantalan generator, yang menempel pada bagian lain dari tubuh pasien.

Perangkat bedah listrik monopole ini dapat Anda gunakan untuk beberapa operasi seperti pemotongan, pembedahan dan fulgurasi jaringan target. Jenis perangkat bedah listrik ini lebih banyak yang menggunakannya karena efisiensi dan fungsinya yang serbaguna, yang memfasilitasi adaptasi terhadap berbagai  prosedur medis.

Bipolar Electrosurgical Device

Dalam kelompok ini, perangkat bedah listrik memiliki dua elektroda berbeda di setiap ujung instrumen, biasanya berbentuk seperti penjepit logam atau pinset. Pada perangkat dengan sistem sirkuit bipolar ini, arus listrik yang tersuplai mengalir hanya ke jaringan tubuh, yang berada di antara kedua ujung instrumen, yang merupakan elektroda penghantar dan penerima arus listrik.

Perangkat bedah listrik dengan sistem bipolar biasanya menggunakan listrik bertegangan rendah, sehingga membutuhkan  lebih sedikit energi. Karena arus listrik hanya melewati sebagian kecil  jaringan tubuh, perangkat ini menawarkan tingkat peralatan yang lebih tinggi kepada pengguna.

Ini membantu mengurangi kemungkinan kerusakan jaringan di sekitar jaringan target prosedur, sekaligus membatasi penggunaan perangkat dalam prosedur medis. Risiko luka bakar jaringan berkurang secara signifikan dalam bedah listrik menggunakan perangkat dengan sistem bipolar.

Selain itu, aliran arus listrik yang terkontrol ini juga memungkinkan  prosedur bedah listrik dapat melakukannya pada  pasien dengan alat pacu jantung. Alat bantu jantung, seperti defibrillator atau alat pacu jantung, di interupsi oleh alat bedah listrik dengan sistem unipolar, arus listrik yang melewati tubuh.

Jenis Gelombang Listrik dan Pengaruhnya pada Jaringan Tubuh

electrosurgical device

Perangkat bedah listrik menggunakan gelombang listrik pada frekuensi tinggi dalam kisaran 200.000 Hz. Hal tersebut yang biasa kita jumpai setiap hari memiliki frekuensi gelombang yang lebih rendah pada kisaran 60 Hz.

Gelombang listrik  frekuensi rendah ini tidak menggunakannya dalam prosedur medis karena berisiko tinggi mengganggu sistem saraf dan sistem neuromuskular. Gelombang listrik frekuensi  tinggi dapat mengalir melalui tubuh manusia dengan sedikit risiko merangsang sistem saraf.

Dalam prosedur bedah listrik ini dapat dikirimkan dalam beberapa cara tergantung pada tegangan tinggi dan rendah yang menggunakanya. Generator perangkat bedah listrik dapat menghasilkan berbagai jenis gelombang untuk memiliki efek yang berbeda pada jaringan tubuh manusia.

Misalnya, ketika menggunakan gelombang listrik terus menerus, energi panas  menghasilkan dengan kecepatan tinggi sehingga ahli bedah dapat membuat sayatan di jaringan. Hal tersebut oleh mekanisme uap jaringan. Ketika generator menghasilkan gelombang bolak-balik, energi panas yang menghasilkannya oleh arus listrik lebih sedikit. Gelombang listrik ini menghasilkan efek koagulasi atau pembekuan pada jaringan target.

Jika Anda tertarik untuk melengkapi klinik atau rumah sakit Anda dengan peralatan Electrosurgical device, kunjungi PT Cipta Medika. Dengan harga yang menarik, PT Cipta Medika menawarkan pendekatan yang sangat mudah  untuk membeli peralatan medis tanpa harus berkeliling.