Oksigen Konsentrator dan Cara Kerjanya

0
264
oksigen konsentrator

Ada banyak alasan untuk memilih konsentrator oksigen, dan dokter dapat merekomendasikan terapi oksigen kepada pasien mereka untuk berbagai kondisi. Biasanya, paru-paru menyerap oksigen dari udara dan mengirimkannya ke aliran darah.

Jika Anda baru saja menjalani tes darah atau oksimetri nadi untuk menilai tingkat saturasi oksigen Anda. Ternyata kadar oksigen darah Anda rendah, dokter Anda mungkin merekomendasikan terapi oksigen jangka pendek atau jangka panjang.

Mereka mungkin  memiliki gejala yang tiba-tiba dibandingkan dengan penyakit kronis di mana hal-hal terjadi secara bertahap. Namun, beberapa penyakit pernapasan atau kronis memerlukan suplementasi oksigen jangka panjang.

Kondisi Akut yang Memerlukan Oksigen Konsentrator

Contoh kondisi akut yang mungkin memerlukan oksigen konsentrator untuk terapi oksigen jangka pendek meliputi:

1.     Asma/Sesak Napas

Dalam kondisi ini, saluran udara Anda menjadi meradang dan menghasilkan banyak lendir, yang membuat sulit bernapas. Meskipun ada beberapa obat yang dapat mengobati dan mengendalikan asma, konsentrator oksigen dapat memompa sejumlah besar oksigen  ke dalam aliran darah pasien ketika mereka sedang atau pernah mengalami serangan asma.

2.     Pneumonia / Radang Paru-paru

Pneumonia adalah infeksi di mana salah satu atau kedua kantung udara di paru-paru meradang dan biasanya terisi cairan. Banyak pasien dengan pneumonia diresepkan terapi oksigen dengan hasil klinis yang baik.

3.     Bronchopulmonary dysplasia (BPD)

Neonatus dengan RDS juga berisiko tinggi mengalami BPD. Ini adalah penyakit paru-paru serius yang membutuhkan dukungan pernapasan jangka panjang.

Penyakit Kronis yang Memerlukan Terapi Oksigen

Beberapa penyakit kronis yang memerlukan penggunaan oksigen konsentrator jangka panjang meliputi:

1.      Penyakit Paru Obstruktif Kronis (PPOK)

Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK) mempengaruhi sekitar 16 juta orang, tetapi  dapat sekitar 16 juta orang; untuk dirawat . Jika Anda menderita COPD, Anda mengalami kerusakan paru-paru kronis yang membuat paru-paru Anda sulit menyerap oksigen yang cukup. Akibatnya, kesulitan bernapas dapat terjadi, terapi oksigen dengan konsentrator dapat membantu.

2.     Fibrosis Sistik

Anda mewarisi kondisi yang mengancam jiwa ini. Ini merusak sistem pencernaan dan paru-paru. Ini adalah kondisi langka yang mempengaruhi sel-sel dalam tubuh yang bertanggung jawab untuk memproduksi lendir, keringat dan cairan pencernaan. Cairan berubah, menghasilkan larutan yang lengket dan lebih kental yang menyumbat saluran, pipa, dan saluran orang yang terinfeksi.

3. Sleep Apnea

Sleep apnea adalah gangguan tidur yang bisa serius dan menyebabkan pernapasan seseorang berhenti  dan mulai secara acak saat tidur. Umumnya, pengobatan untuk kondisi ini adalah continuous positive airway pressure (CPAP), penurunan berat badan, dan olahraga, meskipun beberapa orang dengan sleep apnea mungkin memerlukan terapi oksigen.

Cara Kerja Oksigen Konsentrator

Konsentrator Oksigen menggunakan metode cerdas untuk menghilangkan nitrogen dari udara dan menghasilkan hingga 96 persen oksigen murni. Konsentrator oksigen menggantikan udara  sekitar dengan menggunakan satu atau dua filter untuk mengambil udara luar dan kemudian memprosesnya dari mesin, sehingga oksigen murni siap untuk dihirup pasien.

Pikirkan konsentrator oksigen sebagai AC jendela, sehingga membutuhkan udara untuk masuk, berubah dan berubah. Konsentrator oksigen mengambil udara dan memurnikannya untuk digunakan oleh orang-orang yang membutuhkan oksigen medis karena kadar oksigen  darah yang rendah.

  1. Mengompresi udara selama mekanisme pendinginan mencegah  panas berlebih pada katup choke
  2. Menghirup udara dari lingkungan
  3. Menggunakan suatu antarmuka elektronik untuk bisa menyesuaikan pengaturan pengiriman
  4. Pembuangan nitrogen dari kondisi udara melalui sebuah penyaring
  5. Pemberian oksigen murni ini dengan menggunakan masker ataupun  kanula hidung
  6. Selalu dianjurkan untuk menggunakan permen oksigen sebagai suplemen harian jika terjadi arus. Jika tegangan listrik kurang stabil, gunakan stabilizer elektronik. Jauhkan perangkat dari rokok atau benda yang mudah terbakar.

Inilah seputar alat medis Oksigen Konsentrator yang bisa Anda ketahui. Jika Anda ingin mendapatkan alat ini ataupun alat medis lainnya, dapatkan dengan mudah di PT Cipta Medika.