Fungsi dari Peralatan Rumah Sakit yang Umum Digunakan

0
298
Peralatan Rumah Sakit

Peralatan rumah sakit yang baik diperlukan oleh para petugas medis yang bekerja untuk dapat memberikan perawatan terbaik untuk pasien. Peralatan medis ini juga merupakan faktor penting dari pemberian pelayanan kesehatan di rumah sakit. Ketika suatu perawatan medis yang digunakan rusak atau berada di dalam kondisi yang tidak baik, maka kualitas dari perawatan kesehatan pasien yang sedang sakit tersebut juga akan menurun dan dapat meningkatkan risiko kesehatan pasien.

Fungsi Beberapa Peralatan Rumah Sakit Umum

Penggunaan beberapa peralatan rumah sakit sudah diatur di dalam Peraturan Menkes Nomor 1191 Tahun 2010, Undang-Undang 44 Tahun 2009 tentang Rumah Sakit, dan Undang-Undang Kesehatan Nomor 36 Tahun 2009. Beberapa fungsi dari alat medis tersebut adalah untuk mendiagnosa, mencegah, memulihkan, dan membantu menyembuhkan penyakit pasien. Beberapa alat dibawah ini merupakan alat-alat rumah sakit dan fungsinya yang umum digunakan.

1. Lampu Periksa

Lampu periksa yang dengan desain khusus ini merupakan alat yang wajib ada di rumah sakit. Banyaknya lampu periksa dengan desain khusus tersebut dapat memudahkan penggunakan lampu periksa untuk berbagai kebutuhan tergantung dengan kondisi penyakit pasien. Untuk memeriksa fisik pasien, umumnya digunakan lampu dengan jenis LED yang tidak menimbulkan panas dan tidak membuat pasien merasa terganggu ketika sedang menjalani proses pemeriksaan medis.

2. Monitor Pasien

Peralatan rumah sakit satu ini umumnya dapat anda lihat di ruangan ICU. Fungsi dari alat ini adalah untuk membantu memantau secara intensif kondisi dari pasien yang sedang dalam kondisi yang dapat berubah-ubah di dalam ruangan ICU tersebut. Pada monitor akan di perlihatkan kondisi saat ini dari tubuh pasien tersebut, anda dapat melihat suhu tubuh, irama dari jantung, hingga kadar saturasi oksigen dalam darah pasien.

3. Alat Infus

Pasien yang harus menjalani perawatan inap di rumah sakit umumnya perlu untuk menggunakan alat ini sebagai tambahan vitamin serta cairan elektrolit sebagai tambahan kebutuhan gizi agar lekas pulih. Alat infus ini di gunakan dengan cara menyuntikkan cairan tersebut lewat pembuluh vena. Peralatan rumah sakit ini termasuk ke barang habis pakai yang hanya di gunakan sekali dan langsung di buang setelah penggunaan.

4. Stetoskop

Peralatan rumah sakit ini merupakan alat yang pasti selalu anda lihat di bawa oleh perawat medis seperti dokter. Stetoskop ini di gunakan untuk mendengarkan suara dengan volume rendah seperti detak jantung dari pasien, suara usus, vena, hingga suara janin. Stetoskop lengkap dengan dua penutup telinga untuk mendengarkan suara yang berasal dari diafragma yang bersentuhan langsung dengan kulit pasien.

5. Termometer Medis

Termometer medis merupakan alat kesehatan yang di gunakan untuk mengukur suhu pada tubuh manusia maupun hewan. Ujung dari alat medis ini umumnya di masukan ke dalam bawah lidah, di taruh pada bagian bawah ketiak, di masukan ke dalam rektum melalui anus, ke dalam telinga , atau di taruh di dahi.

6. Kursi Roda

Karena banyaknya pasien rumah sakit yang sudah lansia, terlalu lemas untuk berjalan, atau pasien kecelakaan yang tidak dapat berjalan, maka dari itu rumah sakit memerlukan peralatan rumah sakit yang satu ini untuk memudahkan pasien yang sulit untuk berjalan dan tidak membawa kursi roda sendiri. Untuk kebutuhan gerak dari pasien tersebut, maka kursi roda ini dapat Anda gunakan untuk berpindah tempat.

Berikut tadi merupakan 6 dari banyaknya peralatan rumah sakit yang dapat anda lihat ketika mengunjungi rumah sakit. Apabila anda sedang mencari alat-alat medis rumah sakit, maka PT Cipta Medika adalah tempat yang tepat untuk membeli produk-produk tersebut.