Jenis Kursi Roda dan Fungsinya

0
346
jenis kursi roda
yagin

Berbagai jenis kursi roda hadir untuk atasi kesulitan dalam berjalan dengan mudah. Mengapa menggunakan kursi roda, mengapa tidak menggunakan alat bantu lainnya? Kursi roda adalah alat bantu berjalan yang sangat efektif untuk orang yang tidak bisa lagi berjalan. Kursi roda ini memiliki bantalan kursi yang nyaman menggunakannya, serta sandaran di mana pasien yang lelah dapat bersandar dengan sangat nyaman.

Jenis kursi roda dengan berbagai fungsi dan fiturnya ada di sini.

Menurut Pemakaiannya

Ada berbagai jenis kursi roda yang disesuaikan dengan pemakaiannya. Antara lain:

1.    Kursi Roda Bariatrik

Kursi roda jenis ini merupakan kursi roda manual yang desainnya khusus untuk orang gemuk. Bantuan ini lebih besar dari jenis normal, karena harus menahan beban hingga 300 kilogram, sedangkan kursi roda lainnya hanya mampu menahan beban 100 kilogram.

Karena selalu sulit bagi orang gemuk untuk melakukan aktivitas seperti orang normal, bahkan berjalan, biasanya sulit bagi orang gemuk yang beratnya lebih dari 100 kg untuk melakukannya.

2.    Kursi Roda Pediatrik

Kursi roda pediatri ini rancangannya khusus untuk anak kecil. Sebagian besar kursi roda tersedia dalam berbagai pola dan warna sehingga si kecil akan senang menggunakannya. Kursi roda ini memiliki berat maksimal sekitar 50 kg dan biasanya berguna untuk anak yang menderita cerebral palsy, yaitu gangguan otak yang menyebabkan gangguan pada bagian tubuh, seperti kesulitan dalam menjaga keseimbangan tubuh.

3.    Kursi Roda Cerebral Palsy

Alat bantu berjalan yang berguna untuk orang dengan gangguan gerakan, otot, atau postur yang disebabkan oleh cedera atau perkembangan otak yang tidak normal. Pasien-pasien ini memiliki penyakit lain yang berhubungan dengan perkembangan otak, seperti cedera, pendengaran, penglihatan atau kejang.

Kursi ini di desain senyaman mungkin bagi penderita cerebral palsy, memiliki sabuk pengaman untuk mencegah pengguna terjatuh dan sandaran kepala dapat Anda sesuaikan. Lengkap juga dengan soft trap/body support, yang berguna untuk meningkatkan keamanan dan stabilitas dalam posisi tegak.

4.    Kursi Roda Multifungsi

Kursi Roda multifungsi Ini adalah kursi roda multifungsi yang penggunaannya untuk buang air besar, berbaring, rem ganda, sandaran kaki yang dapat Anda atur ketinggiannya, sandaran tangan dapat Anda lepas untuk memudahkan pasien keluar dari samping atau depan. Lengkap juga dengan meja makan untuk penggunanya.

Tergantung Pada Mode Gerakan

Ada berbagai jenis kursi roda yang disesuaikan dengan penggunanya. Antara lain:

1.    Kursi Roda Manual

Biasanya kursi roda dengan roda besar, sehingga penderita hanya dapat menggunakannya dengan mendorong roda dari atas atau dengan bantuan orang yang mendorong kursi roda dari belakang. Kursi roda ini banyak beredar di pasaran dan harganya relatif lebih terjangkau. Namun, kursi roda ini tidak cocok untuk pengguna dengan keterbatasan gerak. Kecuali seseorang membantunya mendorong kursi rodanya.

2.    Kursi Roda Elektrik

Kursi roda elektrik memiliki tuas yang memudahkan pasien untuk memindahkannya tanpa mendorong roda. Biasanya berguna untuk pasien yang mengalami kesulitan mendorong roda atau memiliki masalah jantung atau paru-paru yang mencegah mereka mendorong roda sendiri. Tuas kursi roda ini dapat menggerakkan roda ke depan, belakang, kiri, kanan, dan berhenti.

Berdasarkan Tujuan Penggunaannya

jenis kursi roda
Sumber : posmerdeka

Ada berbagai jenis kursi roda yang disesuaikan dengan penggunanya. Antara lain:

1.    Kursi Roda Travelling

Ini adalah kursi roda yang memudahkan penggunanya melakukan aktivitas di luar ruangan atau berjalan kaki karena ukurannya yang kecil. Kursi roda ini dapat dilipat dan diangkat dengan mudah karena sangat ringan. Tapi itu hanya bisa menahan beban 80-100 kg. Siapa pun dapat menggunakan kursi roda ini. Anak-anak, orang dewasa, dan manula yang cacat senang berjalan kaki.

2.    Kursi Roda Olahraga

Bagi penyandang disabilitas yang ingin berolahraga, kursi roda ini sangat cocok untuk penyandang disabilitas yang memiliki hobi yang sama. Dalam perlombaan disabilitas, kursi ini biasanya digunakan oleh para atlet dalam perlombaan lari.

Ini adalah jenis-jenis kursi roda, masing-masing dengan jenis dan fungsinya sendiri. Ingatlah untuk memilih kursi roda sesuai dengan keinginan, usia dan berat badan pasien, agar penggunaan kursi roda lebih optimal. Anda ingin mendapatkan alat medis ini dan alat medis lainnya maka dapatkan di PT. Cipta Medika.