Alat Medis Smokerlyzer CO Detector, Ketahui Kadar Karbon Monoksida

0
705
alat medis smokerlyzer co detector
cdn

Bagi manusia, yang terpenting adalah udara, terutama udara bersih. Udara yang Anda hirup adalah campuran dari beberapa gas. Ada gas di udara  yang bersifat negatif bagi tubuh dan ada pula yang bersifat positif.

Tentu Anda tahu bahwa gas-gas negatif yang ada di alam adalah gas dari asap rokok, transportasi dan industri. Gas yang Anda hasilkan oleh asap rokok, transportasi dan industri  mengandung karbon monoksida, yang dapat berbahaya bagi manusia.

Mengenal Karbon Monoksida

Karbon monoksida, yang rumus kimianya adalah CO, adalah gas yang tidak berasa, tidak berwarna dan tidak berbau. Karbon monoksida adalah senyawa anorganik yang terhasilkan dari pembakaran tidak sempurna karena hanya mengandung satu atom oksigen. Senyawa anorganik hasil pembakaran tersebut, beracun bagi tubuh.

Afinitasnya terhadap hemoglobin 300 kali lebih kuat daripada oksigen. Jika Anda terkena terlalu banyak gas ini, dapat mengurangi atau menghilangkan sama sekali kemampuan hemoglobin untuk mengedarkan oksigen ke seluruh tubuh.

Dalam keadaan konsentrasi  tinggi dapat menyebabkan kematian manusia, karena karbon monoksida dapat mempengaruhi sistem saraf tubuh, sistem kardiovaskular atau fungsi jantung, janin dan semua organ  yang peka terhadap oksigen.

Alat Medis Smokerlyzer CO Detector

Untuk menghindari hal tersebut maka memerlukan suatu alat yang dapat mendeteksi atau mengukur jumlah karbon monoksida dalam suatu ruangan atau dalam tubuh manusia. Smokerlyzer Co-Detector adalah alat yang membantu  mengukur konsentrasi gas monoksida dalam napas serta sirkulasi darah seseorang melalui tes napas non-invasif.

Tujuan dari tes ini adalah untuk mengetahui tingkat konsumsi rokok seseorang atau untuk mengetahui apakah seseorang merokok atau tidak. Bahkan jika kita bukan perokok aktif, setiap kali Anda bersentuhan dengan asap rokok,  karbon monoksida yang terkandung dalam asap secara alami dapat masuk ke dalam tubuh, karena perokok pasif mendapatkan efek yang lebih berbahaya daripada perokok aktif.

Smokerlyzer Co Detector ini sangat mudah penggunaannya, tidak perlu menempelkannya di badan, cukup Anda tiup, hasilnya akan tampil di print screen di perangkat, dan tes ini juga terjangkau. Detektor Co Smokerlyzer dapat Anda gunakan tidak hanya langsung pada orang, tetapi juga pada banyak tujuan khusus, di mana Anda ingin menentukan tingkat karbon monoksida yang ada.

Karena bahaya karbon monoksida, tentu mengkhawatirkan  karena gas ini tidak berwarna dan tidak berbau, tetapi sangat mematikan. Untuk menghindari keracunan karbon monoksida:

  • Jangan menyalakan mesin sepeda motor dan mobil di ruangan tertutup,  ruangan atau jalan sempit. Jika ingin menghangatkan kendaraan bermotor, lebih baik keluar. Kendaraan bermotor, seperti yang  kita semua tahu, menghasilkan karbon monoksida dan merupakan sumber polusi terbesar di bumi.
  • Saat menggunakan pemanas tangan atau insinerator, pastikan asap keluar dari ruangan, jangan biarkan asap menempel di dalam ruangan.
  • Hindari bekerja di jalan dalam waktu lama, apalagi jika tidak memakai masker saat mengendarai kendaraan roda dua
  • Hindari juga berada di sekitar perokok

Penempatan Alat Medis Smokerlyzer Co Detector

alat medis smokerlyzer co detector
Sumber : ytimg

Smokerlyzer Co detektor yang terpasang di ruangan mendeteksi orang yang merokok meskipun orang tersebut tidak merokok saat itu. Karena alat ini dapat bekerja bahkan ketika seseorang menghembuskan napas, ia juga dapat mengeluarkan bau seperti asap yang  menempel pada pakaiannya. Alat ini bisa berguna untuk perokok yang merokok secara sembunyi-sembunyi.

Smokerlyzer Co Detector memiliki sensitivitas tinggi dan waktu pembuatan karbon monoksida yang relatif cepat. Output yang dihasilkan sensor berupa sinyal analog, dimana sensor ini membutuhkan tegangan 5V DC. Nilai resistansi sensor ini dapat berubah ketika mengenai gas dan pemanas yang digunakan untuk membersihkan ruangan dari udara luar.

Sebuah rangkaian sederhana diperlukan untuk sensor ini dan sebagai tambahan pemanas daya 5V, resistor beban dan juga output dari sensor dihubungkan ke analog-digital yang dikirim sebagai sinyal digital.

Inilah seputar alat medis pemantau keberadaan karbon monoksida. Jika Anda ingin memiliki alat medis ini atau alat medis lainnya untuk ketersediaan di RS atau klinik bisa Anda dapatkan di PT.Cipta Medika.