Urine Anaylzer serta Kegunaan dan Fungsinya

0
2368

Dokter yang bekerja di rumah sakit menggunakan berbagai alat canggih untuk membantu mendiagnosa penyakit yang ada pada pasien. Umumnya pasien yang memiliki penyakit ataupun diagnosa yang cukup berat seperti halnya kanker, diabetes, tumor dan lain sebagainya. Tentu saja tidak mudah dideteksi sehingga membutuhkan berbagai tes kemudian teks tersebut, akan dimasukkan ke dalam sebuah alat-alat canggih yang akan mendeteksi. Apakah terjadi ketidak normalan pada hasil tes tersebut.

Salah satu alat yang banyak digunakan khususnya di rumah sakit dan juga klinik adalah alat penguji urine atau disebut sebagai urine analyzer. Artikel berikut ini akan kita bahas secara jelas mengenai urine analyzer dan juga penggunaannya serta kelebihannya.

Pengertian Urine Analyzer

Urine analyzer merupakan sebuah alat yang diciptakan untuk mempermudah analisis, guna menentukan jumlah analis dalam urin termasuk diantaranya adalah bilirubin, protein, glukosa, dan lain sebagainya, yang ada di dalam sel darah. Urine analyzer sendiri memiliki fungsi yang sangat banyak di antaranya adalah.

Baca juga :

Kelebihan Urine Analyzer

Hasil gambar untuk urine analyzer

1.  Urine analyzer merupakan sebuah alat fotometer reflektansi yakni urine analyzer dapat membaca strip tes urine pada kondisi standar. Urine analyzer hasil ke memori dan juga menampilkan hasil melalui printer serial interface pada alat tersebut. Sehingga mempermudah anda yang ingin membaca hasil pengujian urine tersebut.

2. Usaha kedua dari urine analyzer digunakan untuk membaca dan juga mengevaluasi hasil dari urine test strip, contohnya adalah chemstip 7, chemstip 5 obb dan lain sebagainya.

3. Fungsi yang ketiga urine analyzer menstandarisasi hasil urine test strip dengan menghilangkan faktor-faktor yang diketahui, untuk mempengaruhi evaluasi atau pengecekan secara visual pada stroke. Tes urine tentu saja hal ini akan mempermudah dan juga membantu tim tentang kesehatan.

4. Fungsi terakhir yakni urine analyzer merupakan alasan otomatis yang melakukan pengecekan yang dilakukan diluar tubuh, untuk mendapatkan hasil pengecekan urin dengan hasil yang lebih bagus dan juga maksimal.

Prinsip dan cara kerja urine analyzer sendiri merupakan salah satu alat. Di mana anda dapat menempatkan pada alat kemudian ditarik oleh motor penggerak. Sehingga bergerak ke dalam alat pembaca analisa. Pada membaca referensi diikuti oleh masing-masing dari bagian uji pada strip template akan masuk pada LED, serta alat pembaca. Umunya berisi alat yang akan memancarkan cahaya pada berbagai macam panjang gelombang pembacaan dilakukan secara elektroskop.

Prinsip Penggunaan Alat 

Hasil gambar untuk urine analyzer
  • Pada saat memasukkan strip kedalam alat permukaan test pad yang berwarna harus menghadap keatas
  • Seluruh bagian test pad yang berwarna harus terkena urine
  • Setelah strip dicelupkan kedalam urine upayakan dikeringkan sedikit bagian bawah strip dengan tissue

sistem membandingkan nilai reflektansi dengan batas jangkauan yang ditetapkan ( reflektansi nilai – nilai yang diprogram kedalam analisa untuk setiap parameter) dan output hasil semi – kuantitatif. Setiap pad test membaca photo metri cally sekitar 55 – 65 detik. Dalam saampel urine yang sangat basa, urine analyzer secara otomatis mengoreksi hasil test berat jenis.

Karena penggunaan yang sangat penting ini urine analyzer, banyak dibutuhkan oleh banyak rumah sakit ataupun klinik. Sehingga bagi Anda yang ingin memiliki atau mendapatkan urine analyzer tidak perlu khawatir. Karena anda bisa langsung membelinya dicipta medika.com sebagai salah satu website penyedia alat kesehatan online yang dapat menyediakan berbagai kebutuhan yang anda inginkan terutama alat medis ataupun alat kesehatan yang dapat mendukung kinerja rumah sakit atau klinik yang anda miliki.