Daftar Alat Medis dalam Rawat Inap Rumah Sakit

0
3563

Ruang kamar rumah sakit zaman sekarang sudah semakin modern dan sangat maju, hal ini jelas dapat mendukung dan juga menunjang kebutuhan dan juga standar dari rumah sakit. Selain itu dari pelayanan dan adanya alat ini jelas memberikan kepuasan tersendiri bagi para pengguna rumah sakit, khususnya pasien yang harus dirawat inap karena sakit atau baru saja melakukan operasi.

Hal ini yang menjadikan rumah sakit khususnya bagian rawat inap melengkapi berbagai alat dan pelayanan yang ada. Alat yang ada bisa saja berbeda antar kelas ruang, karena ada pembagian kelas kamar ruang rumah sakit. Bisa jadi sebenarnya pihak rumah sakit ingin memberikan pelayanan yang sama terhadap semua pasien, termasuk alat-alatnya, tetapi mungkin pengadaan alat tersebut juga bertahap, sehingga kelas yang lebih tinggi akan mendapatkan fasilitas yang lebih tinggi pula adalah hal yang biasa dan harus dimaklumi.

Baca juga : Daftar alat medis habis pakai

Panel Oksigen

Hasil gambar untuk panel oksigen rawat inap

Panel Oksigen merupakan alat tambahan yang biasanya sudah tersedia dan menempel di dinding bagian kepala dari bed, tempat tidur pasien. Apabila tidak tersedia panel tersebut, jika ada pasien membutuhkan tambahan oksigen, biasanya didatangkan khusus memakai tabung oksigen yang mobile. Panel oksigen juga masuk kedalam alat medis wajib yang harus ada meskipun ruangan yang dimaksud masuk kelas ekonomis.

Dari panel oksigen atau tabung oksigen diperlukan botol khusus oksigen yang diisi air atau cairan untuk menentukan kelembaban udara yang dihirup melalui selang tersebut. Disamping itu botol khusus tersebut juga untuk mengatur keluarnya oksigen, sehingga mempermudah kebutuhan pasien.

Call Nurse (Alat Panggil Perawat)

Hasil gambar untuk call nurse button

Bila panel oksigen sifatnya optional maka alat panggil perawat biasanya selalu tersedia untuk tiap-tiap pasien rawat inap. Apabila dahulu hanya berupa tombol panggil, saat ini sudah alat panggil bisa untuk percakapan, sehingga perawat tidak mondar mandir. Fungsi alat ini bisa bolak balik, mengingat terdapat speaker pada alat tersebut disamping juga mic, sehingga suara perawat ketika menjawab atau membalas tanda dari pasien dapat terdengar dengan jelas.

Baca juga: Alat Cek Gula Darah dan Kegunaanya

Bed, Tempat Tidur Pasien

Tempat tidur pasien bervariasi, biasanya tergantung kelas, namun untuk rumah sakit baru sudah menggunakan peralatan yang lebih modern. Rumah sakit yang sudah lama pun pasti juga ingin melayani pasien dengan standar yang sama, namun karena pengadaan peralatan itu bertahap mengakibatkan peralatan yang lebih baru dan moderen pasti akan diberikan kepada layanan kelas tertinggi.

Dalam sajian ini kami tidak menunjuk merek tertentu, tetapi inilah contoh merek yang ditemui langsung dan gambar orosinil, karena merek peralatan rumah sakit sangat beragam. Pada gambar diatas merupakan bed pasien merek Mak. Bed ini sudah menggunakan sistem remote untuk menaikkan dan menurunkan sandaran kepala, juga sandaran kaki, disamping itu untuk naik turun ketinggian bed dari lantai.

Itulah deretan alat dan bahan medis yang diperlukan, bagi alat medis rawat inap rumah sakit. Sebenarnya perawatan ini dapat dilakukan di rumah dan tidak harus dilakukan oleh perawat. Namun anda juga tetap harus menyediakan alat-alat, Sesuai dengan standar tidak perlu khawatir dengan kualitas yang ada. Anda tinggal membelinya di ciptamedika.com sebagai salah satu tempat pembelian alat dan juga bahan medis yang berkualitas dan juga mudah dijangkau.