Alat Medis Dokter Gigi Dasar yang Bisa Digunakan

0
20518

Saat anda memasuki ruang praktek dokter gigi, apa yang anda pikirkan ? Tentu saja beberapa orang merasa ngeri, Terutama ketika anda menyaksikan berbagai peralatan dokter gigi, untuk mendukung dokter tersebut melakukan pengobatan dan juga memeriksa. Jika anda memang harus mengakui, bahwa peralatan yang digunakan oleh para dokter gigi sekilas terlihat menyeramkan. Seringkali membuat orang awam takut juga malas untuk pergi ke dokter gigi.

Alat yang dipakai oleh dokter gigi ternyata memiliki nama dan fungsinya masing-masing, dan semuanya sangat berguna untuk penyembuhan diantaranya adalah  :

1. Excavator

Hasil gambar untuk excavator gigi\

Alat pertama dinamakan ekskavator. Adanya alat ini berguna untuk membantu membongkar jaringan karies gigi yang lunak dan membersihkannya secara maksimal, membersihkan kotoran-kotoran yang ada pada kavitas gigi, serta mengambil kelebihan cement. Excavator ini sangat berguna untuk dokter agar dapat menangani masalah pada gigi anda, khususnya di sela-sela gigi yang sulit untuk dijangkau.

2. Supersonics

Hasil gambar untuk alat gigi

Apa saja yang bisa digunakan oleh para dokter dinamakan supersonics kalor atau cavitron ? Umumnya alat ini memiliki beberapa kegunaan diantaranya adalah bagian ujung yang sangat tipis, dipakai untuk bagian aproksimal.Selain itu ujung yang permukaannya lebar digunakan untuk bagian scaler atau cavitron ini juga, digunakan untuk membersihkan karang gigi. Baik Supra maupun sub supragingival kalkulus serta debris dan juga Stein.

3. Alat oral

Hasil gambar untuk alat oral gigi

Selanjutnya adalah alat yang bisa anda gunakan bernama alat oral diagnostik yang membantu dokter, dalam menangani masalah pada pasien ketika pertama kali datang ke dokter gigi. Alat ini terdiri atas kaca mulut atau biasa disebut mirror mouth yang berfungsi untuk membantu melihat permukaan gigi yang sulit dilihat secara langsung.

Alat ini membantu mengetahui adanya lubang gigi dan juga karang gigi yang tersembunyi, membantu memperluas daerah pekerjaan yaitu dengan menahan lidah pipi serta bibir, mencari tahu adanya kelainan di dalam rongga mulut gusi gigi dan juga palatum. Serta melihat hasil tempatan dan preparasi ini memiliki ukuran yang beragam sesuai dengan kebutuhan.

Umumnya semakin kecil kaca tersebut maka digunakan untuk anak-anak dan akan semakin besar kaca tersebut. Digunakan untuk pasien yang sudah dewasa ini sekilas hampir seperti spion yang berfungsi untuk memantulkan  apa yang dilihat. Sehingga mempermudah dokter dalam menangani masalah pasien.

Baca juga: 5 Alat Kesehatan Canggih yang Umum Ditemui

4. Dental Pinset

Hasil gambar untuk dental pinset

Alat selanjutnya bernama dental pinset yang digunakan untuk membantu menjepit kapas, tampon, Casa, katrol dan juga mata bor gigi. Lapisan ini juga digunakan untuk mengaplikasikan berbagai obat yang tidak boleh dipegang oleh tangan. Sehingga dokter bisa menempatkan berbagai obat dengan tepat di area gigi terutama di sela-selanya teknologi. Saat ini memiliki berbagai ukuran sesuai dengan kebutuhan dan tentu saja selalu dibersihkan dan disterilkan setelah digunakan untuk setiap pasien.

Baca juga : Daftar Alat Medis Habis Pakai

5. Sonde

Alat terakhir yang digunakan oleh dokter gigi bernama sonde atau Explorer. Alat ini digunakan untuk membantu mencari adanya karies gigi kemudian mengukur kedalamannya. Mengetahui kondisi tumpatan atau bagian tepi tumpatan. Apakah sudah rapi atau belum digunakan untuk memeriksa adanya debris dan juga kalkulus serta memeriksa adanya perforasi atau kulkulus, yang ada pada mulut pasien.

Daftar alat diatas yang sangat penting dan juga mendasar yang harus dimiliki oleh seorang dokter gigi. Bagi Anda yang tertarik untuk membelinya atau memilikinya untuk membantu anda membuka klinik dan juga memeriksa pasien. Maka anda bisa langsung membeli di ciptamedika.com dengan mudah dan juga murah.