Aktivitas Fisik Sederhana Bisa Dilakukan Setiap Hari

0
122
aktivitas fisik sederhana

Ketika Anda masih muda, Anda mungkin banyak bergerak dan bermain. Namun, sebagai orang dewasa, aktivitas fisik sederhana ini jarang dilakukan, hanya menggerakkan tubuh saja rasanya malas. Jadi, agar tubuh Anda tetap bergerak dan aktif, ikuti contoh aktivitas fisik ringan berikut ini.

WHO mendefinisikan aktivitas fisik sebagai gerakan yang dihasilkan oleh otot rangka yang membutuhkan energi. Aktivitas fisik ringan, di sisi lain, didefinisikan sebagai aktivitas yang membutuhkan sedikit energi dan tidak menyebabkan perubahan pernapasan.

1. Jalan-jalan Santai

Olahraga ringan secara teratur membantu mencegah kanker, penyakit jantung dan penyakit kronis lainnya. Namun, frekuensi aktivitas fisik menurun seiring bertambahnya usia, terutama pada lansia.

Sebagai gantinya, Anda dapat melakukan aktivitas fisik ringan, seperti jalan santai. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Epidemiology (2015) berusaha mengidentifikasi manfaat kesehatan dari berjalan kaki secara teratur pada orang tua.

Penelitian ini dilakukan terhadap 1.239 pria yang tergabung  dalam komunitas berusia 64-65 tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jalan kaki 1-2 jam sehari dapat menurunkan risiko kematian baik pada pria tanpa penyakit berat maupun pada pria dengan penyakit berat.

2. Pekerjaan Rumah

Kegiatan ini juga berdampak positif bagi kesehatan. Hal ini tercermin dalam tinjauan ilmiah oleh BMC Public Health (2013), yang meneliti pengaruh aktivitas fisik  rumah tangga terhadap total aktivitas fisik mingguan.

Penelitian ini terjadi pada 4.563 orang dewasa. Pengumpulan data terjadi melalui wawancara tatap muka melalui platform online. Penelitian menunjukkan bahwa pekerjaan rumah dapat membakar kalori dan memperkuat otot.

Bahkan aktivitas fisik ringan dalam waktu singkat dapat meningkatkan kebugaran, terutama pada orang yang mulai berolahraga secara teratur.

3. Latihan Peregangan

Otot dan persendian biasanya melemah seiring bertambahnya usia. Dengan melakukan peregangan secara teratur, membantu tubuh bergerak lebih bebas. Menurut Harvard Health Publishing, latihan peregangan dapat membantu menjaga otot tetap kuat, sehat, dan fleksibel. Peregangan juga meningkatkan fleksibilitas sendi.

Jika Anda jarang melakukan peregangan, otot-otot tubuh Anda memendek dan berkontraksi dengan mudah. Hal ini menyebabkan hilangnya kekuatan otot, sehingga otot benar-benar berkontraksi saat bergerak. Anda juga berisiko tinggi mengalami ketegangan otot, nyeri sendi, dan kerusakan otot. Gangguan ini bisa terjadi jika Anda sedikit berolahraga dan memiliki postur tubuh yang buruk.

4. Melukis atau Menggambar

Selain tergolong aktivitas fisik ringan, melukis dan menggambar juga merupakan sarana untuk mengurangi stres dan kecemasan. Dalam sebuah artikel yang di terbitkan dalam Journal of American Art Therapy Association (2016), tim peneliti mengukur kadar kortisol dari 39 orang dewasa yang sehat. Kortisol adalah hormon yang mengatur respons tubuh terhadap stres. Mereka menemukan bahwa 5 menit menggambar dan melukis dengan terapis seni dapat menurunkan kadar kortisol.

Karya itu juga menunjukkan bahwa indikator kesehatan  seniman profesional dan orang biasa tidak berbeda. Artinya, terlepas dari tingkat keahlian dan kreativitas Anda, Anda tetap akan  merasakan manfaat  dari aktivitas fisik ringan ini.

5. Bekerja di Meja Berdiri

Orang yang sering duduk setiap hari memiliki risiko lebih tinggi terkena diabetes dan penyakit jantung. Selain itu, duduk sepanjang waktu membakar sangat sedikit kalori dan mengurangi risiko kenaikan berat badan atau  obesitas.

Sebuah tinjauan ilmiah yang di terbitkan dalam jurnal Human Factors (2009) mencoba mencari tahu apakah berdiri akan mengubah efisiensi pekerjaan kantor. Penelitian ini merupakan uji coba terkontrol secara acak yang melibatkan 60 peserta pria berusia antara 18 dan 35 tahun.

Hasil menunjukkan bahwa menggunakan meja berdiri selama 4 jam sehari meningkatkan suasana hati dan energi. Selain itu, melakukan pekerjaan sambil berdiri meningkatkan produktivitas.

Apakah Anda masih tidak ingin melakukan aktivitas fisik, meskipun ringan? Jadi jangan ragu untuk melakukannya lebih sering. Tunjang juga tingkat kesehatan Anda dengan memiliki berbagai macam perlatan kesehatan yang dengan mudah Anda dapatkan di PT. Cipta Medika.