Alat Medis Wajib Dalam Ruang ICU Rumah Sakit

0
7589

Rumah Sakit memiliki berbagai ruang yang sengaja disediakan khusus, untuk kebutuhan pasien dan juga membantu tenaga kesehatan agar lebih fokus dalam menangani penyakit pasien. Salah satunya adalah ruang ICU, atau biasa disebut sebagai intensive care unit. ICU merupakan ruangan khusus yang disediakan oleh Rumah Sakit dengan standar nasional maupun internasional, untuk merawat pasien dengan penyakit ataupun cidera yang serius.

Ruangan ICU ini membantu memulihkan kondisi pasien secara maksimal dan dilengkapi dengan berbagai peralatan medis yang mendukung. Selama berada di ICU pasien akan dipantau selama 24 jam penuh baik oleh dokter maupun tenaga kesehatan lainnya. Khususnya mereka yang sudah kompeten dibidangnya untuk membantu memantau kondisi pasien secara lebih detail. Tentu saja tenaga kesehatan membutuhkan alat yang sudah canggih dan juga beberapa peralatan berikut ini.

1. Tabung oksigen

Image result for tabung oksigen

Peralatan pertama yang wajib ada dalam ruang ICU adalah tabung oksigen. Di mana tabung ini membantu pasien ketika mereka kesulitan bernafas atau bahkan tidak bisa bernafas secara normal. Tabung berukuran besar ataupun kecil ini selalu ada di ruang ICU, untuk membantu para pasien. Di sisi lain tabung ini memang menyimpan persediaan oksigen di rumah sakit, sehingga dapat digunakan kapanpun dan dimanapun ketika pasien mengalami keadaan darurat. Umumnya bagi para pasien yang tidak dapat menyuplai oksigen secara normal akan dibantu dengan tabung.

2. Regulator oksigen

Hasil gambar untuk oxygen regulator

Masih serupa dengan alat yang berkaitan dengan oksigen. Salah satu alat yang harus ada di dalam ruang ICU adalah regulator oksigen. Alat medis yang berhubungan dengan alat bantu pernapasan ini memang wajib ada, karen regulator oksigen yg wajib ada untuk membantu pasien agar bernapas dengan normal sebagaimana umumnya regulator. Alat ini berfungsi untuk meregulasikan atau mengatur laju aliran oksigen dari tabung kehidupan sen agar tidak berkurang ataupun berlebihan.

3. Monitor

Image result for monitor in icu

Monitor merupakan salah satu alat yang digunakan di dalam ruang ICU, di mana monitor 0mmbaca menampilkan grafik tentang kinerja organ tubuh, misalnya detak jantung , oksigen dan juga aliran darah atau tekanan darah yang dimiliki oleh pasien tersebut. Monitor ini bisa jadi sangat penting karena tenaga kesehatan tidak bisa menjaga satu persatu pasien selama 24 jam atau sampai mereka kembali sehat dan normal. Untuk itu adanya alat ini dapat membantu berjaga. Selain itu alat ini akan berbunyi atau memberikan notifikasi jika pasien mengalami hal-hal yang tidak diinginkan seperti drop ataupun kesulitan bernafas.

Baca juga : Alat Endoskopi, fungsi dan kegunaannya

4. Kateter

Image result for cateter

Umumnya pasien yang masuk ke dalam ruang ICU, merupakan mereka yang memiliki kondisi cukup parah. Sehingga jangankan untuk bangun atau sadar mereka tidak akan bisa pergi ke kamar mandi untuk melakukan buang air kecil ataupun buang air besar. Maka salah satu alat yang wajib ada dalam ruang ICU adalah kateter, yang dapat membantu membuang kotoran dan urine dari dalam tubuh pasien. Kateter ini umumnya dimasukkan ke dalam tubuh pasien dalam bentuk selang, sehingga pasien tidak perlu bolak-balik ke kamar mandi atau diantar ke kamar mandi hanya untuk buang air kecil dan buang air besar. Di sisi lain umumnya para pasien yang dirawat di ruang ICU bisa jadi adalah mereka yang tidak sadar atau dalam keadaan koma.

Baca juga :

5. Nebulizer

Image result for nebulizer price

Alat medis ICU slanjut yang wajib ada adalah Nebulizer. Bagi anda yang memiliki penyakit asma pasti kenal baik dengan alat yang satu ini. Sebenarnya Nebulizer bukan alat bantu biasa, namun alat ini berfungsi untuk mengubah obat cair menjadi uap. Sehingga lebih mudah dihirup oleh penderita terutama yang memiliki gangguan pernapasan agar bisa masuk ke dalam paru-paru dengan lebih mudah.

6. Jarum suntik

Image result for needles

Jarum suntik merupakan salah satu alat kecil yang wajib ada di dalam ruang ICU. Untuk mempermudah para tenaga kesehatan, yang melakukan tindakan secara darurat seperti memasukkan obat yang juga antibiotik ke infusan atau ke tubuh pasien. Jarum suntik ini umumnya tersedia dengan sangat lengkap di ruang ICU.