Alat Medis Spirometer dan Fungsinya

0
1015

Adanya alat-alat yang sangat canggih dan juga alat teknologi, menjadi salah satu solusi yang sangat baik dan membantu. Banyak sekali tenaga kesehatan dalam melakukan tugasnya. Salah satunya adalah dokter yang melakukan diagnosa pada pasien, terutama jika penyakit pasien tersebut cukup parah dan terjadi pada bagian dalam tubuh. Tentu saja alat-alat ini dapat mendukung kinerja mereka sehingga menjadi lebih efisien dan juga maksimal, salah satu alat yang banyak digunakan dan juga sangat penting.

Khususnya bagi para dokter bedah paru-paru atau dokter penyakit dalam. Alat tersebut dinamakan spirometer. Mungkin sebagian dari anda belum pernah mendengar tentang alat yang satu ini. Meskipun begitu anda harus mengenal lebih jauh tentang pengertian spirometer, terutama jika anda memiliki penyakit di area paru-paru ataupun melakukan pengobatan secara rutin ke rumah sakit.

Pengertian Spirometer

Image result for spirometer

Spirometer merupakan sebuah alat ukur untuk setiap aliran udara yang masuk ke dalam paru-paru. Alat ini akan membantu mencatat aliran udara tersebut menjadi sebuah grafik, dengan volume per waktu. Alat ini memiliki beberapa macam hiasan yang harus dipahami oleh tenaga kesehatan ataupun dokter, diantaranya adalah VT,VR, VCR dan lain sebagainya. Umumnya masing-masing tingkatan ini memiliki arti yang sangat penting agar dapat membaca volume udara pada paru-paru.

Fungsi Alat Spirometer

Image result for spirometer

Spirometer dapat digunakan untuk mengevaluasi dan memonitor penyakit yang berhubungan dengan penyakit paru dan jantung sehingga pemeriksaan spirometri rutin digunakan di rumah sakit dengan pasien penyakit paru dan atau jantung. Spirometri merupakan pemeriksaan gold standard untuk diagnosis dan monitor penyakit paru obstruksi kronik (PPOK) dan asma. Selain itu juga digunakan sebagai screening awal untuk mendeteksi PPOK pada perokok.

Pemeriksaan Spirometer sering dianggap sebagai pemeriksaan sederhana namun sebenarnya merupakan pemeriksaan yang sangat kompleks. Variabilitas hasil pemeriksaan spirometri lebih besar daripada pemeriksaan lain karena tidak konsistennya usaha subjek. Karena itu sangat diperlukan pemahaman, koordinasi dan kerjasama yang baik antara teknisi dan subjek agar didapatkan hasil yang optimal. Faktor-faktor yang dapat meningkatkan hasil pemeriksaan spirometri adalah peralatan yang akurat, prosedur pemeriksaan yang baik, program pengendalian mutu berkelanjutan, nilai acuan yang tepat, dan algoritma interpretasi hasil yang baik.

Terdapat berbagai jenis spirometer, yang menggunakan berbagai metode untuk mengukur aliran udara dan volume, seperti meteran air, ultrasonic, dan tekanan transduser. Spirometer biasa dapat menghasilkan dua jenis grafik, yaitu: kurva volume waktu (dengan waktu dalam detik di sumbu x, dan volume dalam liter di sumbu y) dan lingkaran aliran volume (representasi grafis dari total volume yang terhirup/terhembus pada sumbu x dan tingkat aliran udara pada sumbu y).

Baca juga :

Bagi anda yang menggunakan alat ini, anda bisa mengkalibrasi untuk volume dan arus udara minimal satu kali dalam seminggu. Selain itu selama pemeriksaan operator dokter harus mampu membuat pakaian yang merasa nyaman, dan terakhir ruangan yang digunakan atau yang dipakai untuk respirometer. Kondisinya harus memiliki sistem ventilasi yang baik serta suhu udara yang cukup normal. Bagian yang tertarik untuk menggunakan spirometer atau ingin mencoba membeli spirometer. Tidak perlu khawatir karena dapat membelinya langsung di Ciptamedika.com, sebagai salah satu media online penyedia berbagai alat medis secara lengkap dan juga tervalidasi oleh pemerintah serta internasional. Hal ini bisa anda dapatkan Ciptamedika.com dengan berbagai kualitas dan juga g