Alat Medis Canggih Berbasis Teknologi

0
928

Teknologi semakin berkembang. Adanya kemajuan ini dimanfaatkan oleh berbagai bidang khususnya rumah sakit untuk pengembangan sistem informasi manajemen rumah sakit atau biasa disebut SIMRS, yang terintegrasi. Tujuannya tentu saja untuk meningkatkan efisiensi dan juga kecepatan pelayanan serta pengambilan keputusan direksi baik yang menyangkut mengenai keputusan masalah logistic, administrasi, serta keuangan.

Berbicara soal Teknologi dan juga alat-alat kesehatan yang berbasis canggih. Semua sudah diatur oleh perundang-undangan dimana Permenkes No. 749a tahun 1989 tentang rekam medis belum menyinggung mengenai rekam medis elektronik sedangkan Permenkes tentang rekam medis yang baru yaitu Permenkes No. 269 tahun 2008 telah terdapat aturan rekam medis elektronik. Dengan demikian Permenkes No. 269 tahun 2008 tentang rekam medis ini menjadi dasar hukum penerapan rekam medis elektronik di Indonesia.

Baca juga : Alat Endoskopi, fungsi dan kegunaannya

Daftar Alat Medis Canggih Berbasis Teknologi

Berikut ini adalah deretan alat kesehatan berbasis teknologi yang wajib dimiliki oleh rumah sakit :

1.     Ventilator mekanik

Hasil gambar untuk ventilator mekanik

Ventilator mekanik merupakan alat canggih pertama yang harus dimiliki oleh sebuah rumah sakit. Alat pernafasan dengan tekanan negatif atau positif ini, dapat mempertahankan ventilasi dan pemberian oksigen dalam waktu yang cukup lama. Energi mekanik sering digunakan sebagai terapi definitif pada pasien kritis yang mengalami hipoksemia dan juga hiperkapnia.

Sedangkan menurut peneliti lain, ventilator merupakan sebuah alat sistem pernafasan secara mekanik yang sengaja didesain untuk menggantikan fungsi pernapasan hingga pasien sembuh. Ventilator mekanik juga masuk ke dalam sistem pernafasan yang dapat menunjang pasokan oksigen cukup lama. Alat ini sangat berguna bagi mereka yang memiliki berbagai penyakit akut atau parah.

2.     Syringe pump

Hasil gambar untuk syringe pump

Alat selanjutnya yang berbasis teknologi dan juga canggih yang bisa ditemukan di rumah sakit bernama syringe pump. Alat syringe pump ini merupakan sebuah alat yang digunakan untuk memberikan cairan ataupun obat ke dalam tubuh pasien, dalam jangka waktu tertentu secara teratur. Secara khusus alat ini memfokuskan jumlah cairan yang dimasukkan ke dalam tubuh pasien dengan satuan mm per jam atau ml/h.

Alat ini juga menggunakan motor DC, sebagai tenaga pendorong Siring yang berisi cairan atau obat yang dimasukkan ke dalam tubuh pasien. Dengan adanya pengontrolan ini memasukkan cairan menjadi akurat dan mencegah periode kadar obat atau cairan dimasukkan salah.selain itu membantu menghindari konsumsi obat tablet dikarenakan pasien yang mengalami kesulitan dalam meminum obat.

Baca juga :

3.     EKG

Hasil gambar untuk EKG

EKG atau elektrokardiografi merupakan alat selanjutnya yang banyak sekali digunakan Rumah Sakit, dengan berbasis teknologi canggih. Elektrokardiogram merupakan rekaman aktivitas elektrik jantung sebagai grafik hingga garis yang dituliskan pada kertas grafik khusus. Sedangkan untuk garis yang naik dan juga turun tersebut dinamakan gelombang atau wave. Proses ini dilakukan untuk mendeteksi Apakah pasien tersebut memiliki masalah pada area jantung atau tidak.

4.     Bed elektrik

Hasil gambar untuk bed elektrik

Alat canggih selanjutnya yang sudah pasti ada terutama di rumah sakit besar adalah bed elektrik atau tempat tidur elektrik. Alat ini banyak digunakan di icu ataupun ugd, karena memiliki kualitas dan juga fungsi yang maksimal dibandingkan bed pasien elektrik lainnya. Dengan dilengkapi teknologi canggih multi fungsi yakni 5 crank, dimana anda dapat diatur posisi kemiringan kepala kemiringan kaki, tinggi rendahnya ranjang, dan anti tredelenburg. Bed elektrik ini juga sudah pasti bersertifikat iso dapat digunakan untuk ruang icu dan ugd dengan pasien tidak dapat bergerak sama sekali dan juga menggunakan listrik.

5.     Infusion pump

Hasil gambar untuk infusion pump

Selanjutnya yang harus ada di rumah sakit dengan berbasis teknologi adalah infusion pump. Alat ini merupakan perangkat medis yang digunakan untuk memberikan cairan ke dalam tubuh dalam jumlah besar atau kecil seperti, halnya insulin, hormon antibiotik dan lainnya.