Otoskopi, Prosedur dan Manfaatnya

0
310
otoskopi
sumber : alomedika

Otoskopi atau pemeriksaan telinga adalah pemeriksaan visual dari telinga bagian dalam. Seorang dokter akan melakukan otoskop jika Anda memiliki:

  • Sakit telinga
  • Infeksi telinga
  • Gangguan pendengaran
  • Tinnitus/denging di telinga

Gejala yang Berhubungan dengan Telinga Lainnya

Otoskopi dilakukan untuk mendiagnosis infeksi telinga atau untuk mengetahui seberapa baik pengobatan penyakit telinga telah berhasil. Infeksi telinga ini sangat umum sekali terjadi, dan ini sering terjadi pada anak-anak.

Mengapa Otoskopi Diperlukan?

Dokter Anda dapat melakukan otoskopi jika Anda memiliki atau saat ini memiliki salah satu dari berikut ini:

  • Cedera kepala
  • Infeksi telinga kronis;
  • Pecahnya gendang telinga.

Jika Anda memiliki infeksi telinga, otoskop mungkin  tidak nyaman atau  sedikit menyakitkan. Namun, dokter menghentikan pemeriksaan dan melepas otoskopi jika rasa sakit dengan otoskopi memburuk.

sumber : tifaci

Bagaimana Otoskopi Dilakukan?

Kadang-kadang dokter meredupkan cahaya di ruangan untuk memudahkan otoskop melihat saluran telinga dan gendang telinga Anda. Otoskopi adalah alat portabel (pegangan tangan) khusus untuk otoskopi yang dilengkapi dengan lampu dengan ujung berbentuk kerucut yang dapat dilepas yang memungkinkan dokter melihat bagian dalam telinga Anda.

Dokter memasukkan ujung otoskop ke telinga Anda dan menyinari saluran telinga  ke gendang telinga. Dokter dengan lembut memutar otoskop ke arah yang berbeda untuk melihat bagian lain dari telinga dan gendang telinga Anda.

Dalam otoskopi, dokter juga dapat menggunakan otoskop pneumatik. Otoskop pneumatik adalah otoskop  dengan “bola plastik” di ujungnya yang dapat meniupkan sedikit udara ke gendang telinga untuk melihat fungsi gendang telinga.

Karena kantong udara yang kecil ini, gendang telinga biasanya bergerak. Dokter memeriksa apakah gendang telinga bergerak atau tidak. Jika tidak, biasanya karena infeksi dan penumpukan cairan di belakang gendang telinga.

Ketika memeriksa telinga anak-anak, mereka biasanya diminta untuk berbaring telentang dengan kepala menghadap ke satu sisi. Remaja dan orang dewasa dapat duduk tegak dan memiringkan kepala ke samping selama pemeriksaan sehingga dokter dapat memeriksanya.

Otoskopi itu sendiri tersedia secara gratis, tetapi harus tetap di gunakan oleh orang yang mengerti atau telah menerima pelatihan. Jika Anda menduga ia mengalami infeksi telinga, Anda dapat membeli otoskop sendiri  untuk memeriksa telinga anak Anda di rumah.

Hubungi dokter Anda segera jika Anda melihat salah satu dari yang berikut di telinga anak Anda:

  • Kemerahan
  • Bengkak
  • Encer
  • Nanah

Hasil Otoskopi

Biasanya warna liang telinga sama dengan kulit dan gendang telinga, abu-abu muda atau putih mutiara. Dalam gendang telinga yang sehat, cahaya harus dipantulkan. Kotoran telinga berwarna kuning atau coklat tidak perlu Anda khawatirkan. Jika saluran telinga dan gendang telinga Anda terlihat sehat,  Anda mungkin tidak mengalami infeksi telinga.

Jika dokter Anda melihat salah satu dari berikut ini di saluran telinga Anda atau di belakang gendang telinga Anda,  Anda mungkin mengalami infeksi telinga:

  • Kemerahan
  • Bengkak
  • Cairan
  • Nanah

Jadi jika cahaya tidak dipantulkan dari gendang telinga, itu berarti cairan mungkin menumpuk di belakang gendang telinga karena infeksi. Infeksi telinga biasanya mudah di diagnosis dengan melihat ke dalam telinga melalui otoskopi berdasarkan gejala dan pengamatan dokter.

Jika gejala Anda tidak membaik setelah antibiotik, dokter Anda mungkin melakukan tes diagnostik lain untuk menemukan penyebabnya. Berikut adalah beberapa tes lain yang mungkin di lakukan dokter Anda dalam kasus ini:

Dokter Anda mungkin  menggunakan timpanometri untuk  memeriksa infeksi di bagian telinga tengah di belakang gendang telinga. Tympanocentesis, dokter memasukkan tabung khusus ke telinga Anda melalui gendang telinga untuk mengalirkan cairan di dalamnya.

Seorang dokter dapat menggunakan reflektometri untuk mengukur pantulan suara di gendang telinga. Semakin keras suara refleks gendang telinga, semakin besar tekanan pada gendang telinga Anda.

Inilah seputar alat medis Otoskopi yang bisa Anda ketahui. Alat ini bisa dengan mudah Anda dapatkan di PT Cipta Medika jika Anda ingin memilikinya sendiri.