Hospital Bed, Inilah Berbagai Jenis Modelnya

0
351
hospital bed
galerimedika

Fasilitas Rumah Sakit tidak bisa dipandang sebelah mata. Hal ini karena rumah sakit adalah tempat di mana orang yang sakit akan segera sembuh dari penyakitnya. Jika mereka tidak mendapatkan pelayanan yang  mereka butuhkan, bukan tidak mungkin penyakit mereka akan semakin parah.

Salah satu pelayanan yang harus mendapat perhatian khusus dari rumah sakit adalah tempat tidur pasien (hospital bed). Tempat tidur pasien adalah tanggung jawab penting yang harus dijaga rumah sakit bahkan dalam kondisi kritis, tempat tidur pasien yang sederhana harus selalu tersedia.

Jenis kasur yang tersedia pada  rumah sakit biasanya tergantung pada jenis kamar dan layanan pasien. Bahkan di rumah sakit yang berbeda, mereka juga memiliki standar tempat tidur pasien yang berbeda. Rumah sakit pedesaan menggunakan tempat tidur yang lebih sederhana daripada rumah sakit  internasional besar di kota.

Tergantung pada tipe kamarnya, tipe kasur di kamar Kategori 3 biasanya  lebih sederhana dan memiliki fitur standar. Untuk ruang kelas 1, tipe ini biasanya lebih eksklusif dengan fitur tambahan lainnya.

Hospital Bed Manual

Di kamar kelas 3 (bangsal rumah sakit), di mana 4-5 pasien bisa muat dalam satu kamar, biasanya ranjang rumah sakit hanya untuk tidur. Selain itu, hanya terlengkapi kasur tipis dan selimut tipis. Ada beberapa jenis tempat tidur manual berdasarkan jumlah putaran/engkol, yaitu:

  • 1 crank / putaran (jenis tempat tidur yang hanya mengangkat bagian belakang)
  • 2 crank / putaran (jenis tempat tidur yang mengangkat bagian belakang dan mengangkat kaki)
  • 3 crank / putaran (jenis tempat tidur yang mengangkat bagian belakang, mengangkat kaki dan mengangkat seluruh tubuh ke atas dan ke bawah)

Petunjuk Penggunaan: jika ingin menaikkan tempat tidur pasien, putar crank searah jarum jam hingga mencapai ketinggian yang sesuai. Putar crank berlawanan arah jarum jam untuk menurunkan tempat tidur pasien.

Loop atau crank  biasanya di bagian bawah tempat tidur pasien. Jika ingin di operasi, pasien biasanya  dibantu oleh keluarganya atau perawat. Berat putar crank menyesuaikan dengan berat pasien di tempat tidur.

Hospital Bed Elektrik

hospital bed
Sumber : kibrispdr

Kasur jenis ini biasanya sudah ada di ruang kelas 2 dan sebagian besar ada di ruang kelas 1.  Jenis hospital bed elektrik hampir sama dengan hodpital bed manual tetapi ada beebrapa tambahan bed dengan menggunakan 4 engkol :

  • 1 engkol / rotasi (tipe ranjang yang hanya menaikkan bagian belakang)
  • 2 engkol / rotasi (tipe ranjang yang menaikkan sandaran dan menaikkan kaki)
  • 3 engkol / rotasi (ranjang yang menaikkan sandaran, menaikkan kaki dari sandaran dan menaikkan seluruh badan ke bawah)
  • 4 engkol/putar (jenis tempat tidur yang mengangkat kaki, seluruh badan naik turun, mengangkat punggung dan memiringkan seluruh badan ke atas/bawah)

Cara menggunakan tempat tidur listrik adalah tekan tombol remote control yang Anda inginkan. Remote control tempat tidur pasien biasanya terletak di sisi kiri tempat tidur pasien. Berkat penggunaan remote control, siapa pun dapat menanganinya, termasuk pasien itu sendiri. Pada ranjang elektrik jenis ini biasanya  dilengkapi dengan rem pada roda untuk memberikan rasa nyaman bagi pasien.

Tempat tidur manual hanya dilengkapi dengan kasur tipis, selimut tipis, dan satu bantal. Tempat tidur elektrik juga menawarkan kenyamanan lebih, yakni kasur yang lebih tebal dan empuk, bantal dan bantalan lebih dari satu, serta selimut  tebal.

Memilih tempat tidur pasien yang tepat dan nyaman mempercepat proses penyembuhan  pasien. Oleh karena itu, sangat penting untuk berhati-hati saat memilih layanan kamar  saat check-in di rumah sakit. Kalaupun harus membayar sedikit lebih untuk pelayanan rumah sakit, tapi kalau bisa cepat sembuhkan pasiennya, tidak ada salahnya kan?

Dapatkan berbagai model hospital bed ini dengan mudah di PT. Cipta Medika jika Anda ingin menyediakannya di RS atau klinik milik Anda.