Waktu Tepat untuk Olahraga yang Sehat

0
304
waktu Olahraga

Olahraga memiliki manfaat bagi kesehatan. Semua orang dari berbagai kalangan dianjurkan untuk mengikutinya. Rutinitas olahraga yang tepat Namun banyak orang yang masih bertanya kapan waktu yang baik atau waktu yang tepat untuk berolahraga?

Ada yang berpendapat bahwa waktu yang tepat untuk berolahraga adalah pagi hari, namun ada juga yang berpendapat pada sore hari. Bahkan, beberapa orang lebih suka berolahraga di malam hari atau di waktu senggang. Lantas, kapan waktu yang tepat untuk berolahraga?

Kapan Olahraga yang Baik untuk Kesehatan?

Sebenarnya tidak ada pedoman pasti tentang kapan waktu yang tepat untuk berolahraga. Karena berolahraga di pagi, siang atau malam hari memiliki manfaat tersendiri dan sama-sama bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Tergantung pada waktu luang Anda, Anda dapat menyesuaikan waktu pelatihan sendiri.

Olahraga sore bisa menjadi pilihan jika Anda tidak terbiasa bangun pagi. Oleh karena itu, waktu yang baik untuk berolahraga tergantung pada kondisi pribadi Anda. Yang paling penting adalah berolahraga secara teratur untuk mendapatkan manfaat yang maksimal.

Berikut manfaat berolahraga sepanjang waktu:

1. Pagi Hari

Untuk orang dengan jadwal sibuk, yang terbaik adalah berolahraga di pagi hari. Banyak orang juga percaya bahwa waktu terbaik untuk berolahraga adalah di pagi hari. Karena jika Anda berlatih di luar di pagi hari, udaranya masih segar.

 Selain itu, olahraga pagi memiliki beberapa manfaat lain, antara lain:

  • Meningkatkan energi tubuh.
  • Meningkatkan mood sepanjang hari karena otak melepaskan endorfin di pagi hari.
  • Meningkatkan metabolisme tubuh untuk meningkatkan jumlah kalori yang terbakar setiap hari.
  • Membuat gaya hidup lebih sehat, karena mereka yang berolahraga di pagi hari biasanya memilih makanan yang lebih sehat di sore dan malam hari.
  • Tingkatkan konsentrasi dan produktivitas dengan olahraga pagi.
  • Membantu menurunkan berat badan dan membantu mengontrol kebiasaan makan sepanjang hari.
  • Berolahraga di pagi hari dengan perut kosong dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Berolahraga dengan perut kosong dapat mengurangi lemak hingga 20 persen dibandingkan dengan berolahraga setelah sarapan. Namun, pastikan Anda bisa berolahraga tanpa makan.
2. Sore Hari

Berolahraga di sore hari memiliki banyak manfaat, antara lain:

  • Tubuh dalam kondisi terbaik

Menurut sebuah penelitian, tubuh bekerja paling baik di sore hari. Suhu tubuh meningkat pada saat ini, mencapai puncaknya antara pukul 2 dan 6 pagi. Karena ini dapat meningkatkan efisiensi, disarankan untuk berolahraga selama waktu ini.

  • Meningkatkan kinerja fisik

Waktu yang optimal untuk berolahraga untuk meningkatkan aktivitas fisik adalah pada sore hari. Khusus untuk wanita, karena aktivitas tersebut dapat meningkatkan kinerja tubuh wanita, misalnya fungsi dan kekuatan otot bagian atas, aktivitas enzim dan daya tahan otot.

  • Memulihkan konsentrasi dan semangat

Waktu yang baik untuk berolahraga di sore hari juga dapat mengembalikan konsentrasi dan semangat, meskipun hanya melakukan olahraga ringan seperti jalan kaki. Ini karena berolahraga antara jam 1 siang dan 4 sore dapat mengubah jam tubuh Anda seperti halnya di pagi hari.

3. Sore Hari

Jika pagi dan sore hari sibuk, waktu terbaik untuk berolahraga adalah sore hari. Namun, latihan di malam hari dianggap mengganggu tidur. Sebenarnya tergantung seberapa banyak olahraga yang dilakukan dan berapa lama jarak antara tidur dan olahraga.

Berikut beberapa keuntungan olahraga malam:

  • Penggunaan energi lebih hemat

Karena lebih banyak oksigen yang dapat diserap pada malam hari daripada di pagi hari, penggunaan energi menjadi lebih hemat. Hormon perangsang nafsu makan (ghrelin) dapat dikurangi dengan berolahraga di malam hari, sehingga dapat membantu Anda menurunkan berat badan.

  • Meningkatkan kualitas tidur

Menurut sebuah penelitian, berolahraga di malam hari dapat meningkatkan konsistensi dan kualitas tidur. Namun hindari olahraga yang berlebihan, karena dapat meningkatkan detak jantung dan suhu tubuh sehingga menyebabkan gangguan tidur.

Inilah beberapa hal tentang manfaat waktu tepat untuk olahraga yang bisa Anda ketahui. Jika Anda membutuhkan berbagai peralatan kesehatan untuk menunjang aktivitas kesehatan Anda maka bisa dapatkan di PT Cipta Medika.