Mengenal Alat Medis Urine Analyzer

0
378
alat medis urine analyzer
newgenmedical

Alat medis urine analyzer adalah alat yang digunakan untuk memeriksa urine secara otomatis. Alat analisa urin ini mampu mendeteksi dan mengukur beberapa analit dalam urin, seperti bilirubin, protein, glukosa, dan konsentrasi sel darah merah.

Fungsi Urine Analyzer

Alat Medis urine analyzer digunakan untuk menyaring atau menguji urin dengan strip parameter yang direndam dalam urin. Dengan menggunakannya, Anda dapat mengetahui berat jenis urin, pH, leukosit, nitrit, glukosa, keton, protein, bilirubin, urobilinogen, dan sel darah.

Berat Jenis

Mengukur berat jenis dengan alat analisa urin adalah cara yang praktis. Pembacaan hasil dapat terlihat pada interval; 0,0005 dengan berat jenis 1000 sampai 1030. Nah, urine yang glukosanya tinggi juga memiliki berat jenis yang tinggi. Pada saat yang sama, jika kandungan proteinnya rendah, berat jenisnya juga rendah.

pH

Penentuan pH urin dengan indikator methyl red dan bromothymotil blue, yang bereaksi dengan ion H menghasilkan warna oranye atau coklat pada urin. Urine analyzer dapat mengukur pH urin dalam kisaran 5-9.

 
Leukosit

Melakukan tes leukosit dengan analisa urin memfasilitasi deteksi konsentrasi esterase leukosit dalam butiran azurofilik leukosit. Reaksi ini menghasilkan senyawa aromatik yang memberikan strip warna krem ​​atau ungu.

Nitrit

Uji nitrit ini untuk mengetahui kemampuan bakteri mereduksi nitrat (NO3) menjadi nitrit (NO2). Uji kandungan dengan reaksi Greiss yang menyebabkan nitrit bereaksi dengan amina aromatik, warna pink pada strip merupakan salah satu adanya kandungan nitrit.

Glucose

Anda pasti sudah tahu bahwa selain menggunakan sel darah, urine juga bisa berguna untuk menentukan glukosa secara langsung dengan urine analyzer. Pita rendaman urin berhubungan langsung dengan dua enzim yaitu enzim glukosa oksidase dan enzim peroksidase. Konsentrasi glukosa dapat Anda ketahuinya pada penderita diabetes. Kemudian, hasilnya akan muncul di layar alat.

Keton

Celupkan strip ke dalam larutan natrium nitroprusida dan buffer yang bereaksi dengan keton urin. Adanya keton yang bertanda dengan warna ungu atau merah marun. Ah ya, urin yang akan Anda gunakan adalah urin pada siang hari saat Anda banyak makan dan minum.

Protein

Kandungan protein juga Anda temukan dalam urin. Penentuan kadar protein dalam urin analyzer menggunakan metode kolorimetri. Hasil protein menunjukkan adanya perubahan warna pada strip reagen.

Bilirubin

Reaksi diasore sering berguna untuk menentukan konsentrasi bilirubin dalam urinalisis. Dalam urin, bilirubin bereaksi dengan garam diazonium membentuk zat warna azo. Hasilnya berada pada pita dengan perubahan warna dari coklat menjadi merah.

Uribilinogen

Uji uribilinogen dari urine analyzer menggunakan reaksi erlich-aldehida, yang bereaksi dengan senyawa diazonium dalam media asam, menghasilkan warna merah dalam urin. Gen uribilon bertanda hijau pada strip.

 
Darah

Padahal, pemeriksaan darah melalui urin untuk mendeteksi sel darah merah. Jika ada sel darah merah dalam urin, titik-titik hijau akan muncul di strip.

Jenis Alat Medis Urine Analyzer

alat medis urine analyzer
crownhtz

Mungkin ada dua jenis Alat Analisis Urinalisis, yaitu Alat Analisis Urinalisis Manual dan Alat Analisis Urinalisis Otomatis. Bagaimana perbedaannya?? Berikut adalah penjelasannya. Urinalizer manual

Urine Analyzer Manual

Alat ini bentuknya sederhana. Lengkap dengan panel layar yang menunjukkan hasil tes sebelum melakukan pencetakan. Alat jenis ini tidak memiliki keyboard, sehingga menggunakan mode layar sentuh pada panel layar. Namun, penganalisis urin manual hanya dapat menganalisis urin dalam jumlah kecil, sehingga membutuhkan banyak waktu jika sampelnya banyak.

Urine Analyzer Automatic

Berbeda dengan urine analyzer manual, jenis urine analyzer otomatis ini memiliki format yang besar dan lengkap dengan tampilan LED dan keyboard untuk pemasukan data. Alat ini dapat mendeteksi atau menguji urin untuk beberapa komponen secara bersamaan. Tentu saja, mungkin ada lebih banyak sampel yang sudah teruji daripada saat menggunakan penganalisis urin manual.

Inilah seputar alat medis urine analyzer yang bisa Anda ketahui. Jika Anda ingin mendapatkan alat medis ini atau yang lainnya bisa dapatkan di PT. Cipta Medika.