Mengenal Alat Medis X Ray Film

0
476
alat medis x ray film
bisamed

Sinar-X atau x-ray dan biasa menyebutnya roentgen seperti yang lebih dikenal di Indonesia adalah suatu bentuk radiasi elektromagnetik dengan panjang gelombang 10 nanometer sampai 100 pikometer, gelombang ini sama dengan frekuensi antara 30 petahertz dan 30 exahertz dan juga memiliki rentang energi 100 eV sampai 100 eV 100 Kev.

Sinar-X adalah radiasi yang disebabkan oleh ion-ion yang dapat berbahaya. Secara umum, sinar-X berguna untuk pencitraan medis dan juga untuk kristalografi sinar-X. X-Ray Film penggunaannya dalam kedokteran atau radiologi konvensional, prinsip X-Ray adalah melewatkan gelombang elektromagnetik dari sumber cahaya yang menembus tubuh manusia hingga mencapai pelat film yang menghasilkan gambar tubuh manusia.

Untuk menggunakan sinar-x ini memerlukan beberapa komponen, seperti tabung sinar-x, yang bertanggung jawab untuk produksi sinar-x, yang berada dalam tabung vakum dengan katoda bermuatan negatif, muatan ini bertanggung jawab untuk anoda dan bermuatan positif.

Elektron yang berguna untuk menembak elektron. Selain itu, terdapat sumber elektron (filamen) yang menghasilkan elektron. Tetapi semua ini tidak akan berfungsi jika tidak ada catu daya tegangan tinggi.

Pembagian X Ray Film

Tempat terbuatnya sinar-x adalah film, ada beberapa jenis film ini, yaitu menurut lapisan, kepekaan dan butiran emulsi. Jenis-jenis ini terbagi lagi menjadi:

1. Menurut Lapisannya

Pada jenis ini, X ray film terbagi lagi menjadi beberapa bagian, yang terdiri dari film atau alas, film perekat, film pelindung dan emulsi. Yang terbagi menjadi unilateral dan bilateral. Satu sisi terdiri dari lapisan emulsi, di mana lapisan perekat dan emulsi menerapkannya hanya pada dasar film.

Pada saat yang sama, wadah film dua sisi memiliki dua lapisan emulsi di setiap sisi. Penggunaan film dua sisi menawarkan beberapa keuntungan, yaitu dapat meningkatkan densitas, mengurangi dosis radiasi sinar-X, dan juga meningkatkan kontras sehingga lebih jelas.

2. Menurut Sensitivitas

Menurut sensitivitas, film sinar-X terbagi menjadi dua, peka-hijau dan peka-biru. Seperti namanya, green sensitive, juga sensitif terhadap cahaya hijau. Penawaran hijau ini memiliki kualitas yang baik, sehingga membuat harganya sedikit lebih mahal. Sensitizer hijau ini dapat mengurangi dosis pada pasien dan juga memperpanjang umur tabung sinar-x.

Meski sensitif terhadap warna biru, sensitif terhadap cahaya biru dan kualitasnya juga kurang sensitif jika membandingkannya dengan warna hijau. Dosis yang akan Anda terima oleh pasien yang peka terhadap warna biru juga lebih tinggi dan memperpendek umur tabung sinar-x.

3. Menurut Butiran Emulsi

Jenis ini memiliki pengaruh yang besar terhadap intensitas cahaya, karena emulsi merupakan bahan film yang sangat sensitif terhadap cahaya. Sinar-X berubah menjadi hitam saat terkena cahaya. Jenis film ini terbagi menjadi tiga bagian menurut ukuran butir emulsi, yaitu:

  • Ukuran besar

Dengan emulsi besar, celah antara butir perak halogen lebih tipis dan membuat emulsi agak pucat, sehingga menghasilkan kontras yang rendah. .

  • Medium

Emulsi jenis ini memiliki kontras yang cukup tinggi, tetapi kecepatannya cukup lambat karena emulsi menerima cahaya yang cukup.

  • Ukuran kecil

Kecepatan emulsi ini lambat karena menerima banyak cahaya.

Tentang Teknik X Ray Film

Sumber : medicalogy

Untuk melihat hasil foto sinar-X, biasanya Anda menggunakan X-Ray Film Viewer. Penampil film rontgen ini biasanya berada pada tempat ruang praktek dokter untuk melihat hasil rontgen. Dokter menggunakan X-ray Film Viewer untuk mempermudah membaca hasil rontgen.  Dengan penampil film sinar-x ini, gambar yang dihasilkan terlihat jelas.

Penampil film x-ray ini memiliki beberapa jenis yang umum digunakan yaitu film viewer x-ray tunggal yang berguna untuk melihat satu gambar x-ray, film viewer x-ray ganda yang dapat digunakan untuk membaca 2 gambar, triple x-ray film viewer yang dapat berguna untuk 3 gambar dan juga seperempat. Untuk membaca gambar sekaligus. X-Ray Film Viewer menggunakan lampu LED untuk membaca sinar-X.

Inilah seputar alat medis X Ray Film yang biasa tersedia di RS atau klinik. Jika Anda ingin mendapatkan alat ini maka bisa dengan mudah mendapatkannya di PT.Cipta Medika.