Kebiasaan Sehat Malam Hari yang Harus Anda Lakukan

0
271
kebiasaan sehat
sumber : cantik tempo

Tidak semua kebiasaan sehat akan membawa manfaat terbesar jika Anda melakukannya di pagi atau sore hari. Rachel Daniels, RD, kepala ahli gizi di Virtual Health Partners di New York, seperti dikutip majalah Health, menjelaskan bahwa malam hari adalah waktu terbaik untuk menerapkan gaya hidup sehat tertentu.

Pada malam hari, tubuh memproduksi sel secara optimal. Ini membantu proses regenerasi sel untuk membuat tubuh Anda lebih sehat. Berikut adalah beberapa kebiasaan sehat yang lebih baik dilakukan di malam hari.

1. Cuci Muka dan Mandi

Setelah seharian bekerja, yang  Anda pikirkan hanyalah kasur dan tidur malam yang nyenyak. Padahal, menjaga kebersihan diri dengan mencuci muka dan mandi juga tidak kalah pentingnya.

Mencuci muka dan mandi di malam hari  membuat tubuh  lebih bersih dan sehat. Pasalnya, kotoran yang menempel pada rambut dan kulit dibersihkan. Mencuci muka secara rutin juga memaksimalkan proses regenerasi kulit. Berkat ini, kulit wajah bebas dari bakteri penyebab jerawat dan membuat Anda terlihat lebih muda. Namun, sebuah penelitian dari

sumber : solopos

Ulasan Obat Tidur (2019) merekomendasikan mandi 1-2 jam sebelum tidur di malam hari. Gunakan air hangat sebagai pengganti air dingin agar suhu tubuh tidak turun  drastis sehingga mengganggu kualitas tidur.

2. Menyisir Rambut

Rambut acak-acakan adalah salah satu masalah paling umum saat Anda bangun tidur. Oleh karena itu, disarankan untuk menyisir rambut sebelum tidur. Menyisir rambut beberapa menit sebelum tidur dapat membantu mencegah rambut kusut saat bangun tidur.

Itu membuat rambut Anda lebih mudah diatur dan mengurangi kerusakan. Anda juga dapat menghemat waktu untuk perawatan rambut sebelum memulai.

3. Mengoleskan Lotion

Kebanyakan orang lebih rajin mengoleskan krim tubuh di pagi hari untuk melindungi kulit mereka dari sinar matahari. Tidak ada salahnya menggunakan krim sebagai bagian dari rutinitas malam yang sehat, apalagi jika Anda menggunakan krim yang mengandung retinoid yang dapat rusak akibat sinar UV.

Retinoid adalah bahan aktif dalam perawatan kulit yang mendorong pembentukan kolagen di kulit. Penggunaan lotion secara teratur membuat kulit lebih elastis, lembab dan  sehat. Jika Anda menggunakan krim malam di malam hari, kulit Anda dapat sepenuhnya menyerap khasiat retinoid yang bermanfaat tanpa kehilangannya karena radiasi UV.

4. Menggunakan Obat Kumur

Selain menyikat gigi, menggunakan obat kumur dapat menjadi bagian dari rutinitas sehat  malam hari yang harus Anda lakukan. Berkumur di malam hari dengan obat kumur menawarkan perlindungan tambahan pada  rongga mulut, yang menghasilkan lebih sedikit air liur saat tidur.

Dengan penggunaan rutin, obat kumur  membantu menghilangkan bakteri dari partikel makanan yang menempel di antara gigi yang menyebabkan bau mulut dan kerusakan  gigi.

5. Makan Yogurt

Yogurt memiliki beberapa manfaat  kesehatan, termasuk membantu  sistem pencernaan dan menjaga kekebalan tubuh sepanjang malam. Selain itu, kandungan protein yogurt dapat membantu memperbaiki otot  yang rusak setelah seharian berolahraga.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Medicinal Food (2015) bahkan menjelaskan bahwa yoghurt sebagai produk  susu dapat meningkatkan kualitas tidur. Dalam sebuah penelitian pada tikus, melatonin dan triptofan yang ditemukan dalam susu sapi terbukti  meningkatkan rasa kantuk, membantu Anda tidur lebih nyenyak.

6. Menggunakan Antiperspirant

Meski membuat tubuh lebih segar, deodoran dan antiperspirant memiliki fungsi yang berbeda. Antiperspirant mencegah keringat, sedangkan deodoran mencegah bau badan. Para ahli umumnya merekomendasikan untuk mengoleskan antiperspiran ke ketiak Anda sebelum tidur.

Pada malam hari tubuh  berkeringat lebih sedikit. Menggunakan antiperspirant di malam hari  lebih efektif dalam mengendalikan keringat daripada di siang hari. Ini karena kandungan antiperspirant lebih mudah mencapai pori-pori kulit  dan melindungi tubuh dari keringat berlebih.

Sebenarnya tidak apa-apa jika Anda ingin melakukan kebiasaan  sehat ini di pagi hari. Namun, jika Anda ingin mendapatkan manfaat maksimal, ubah gaya hidup sehat ini dengan melakukannya di malam hari.

PT Cipta Medika menyediakan berbagai macam alat untuk kesehatan, alat medis dan yang lainnya. Jika Anda membutuhkan semua itu dapat dengan mudah Anda dapatkan disini.