Tips Sederhana Memulai Hidup Sehat Agar Panjang Umur

0
134
hidup sehat
sumber : happyfresh

Memang banyak orang yang tidak atau belum begitu memahami bagaimana untuk menerapkan sebuah pola hidup sehat. Baik itu secara fisik maupun mental. Ini berarti bahwa semakin bahagia seseorang, semakin besar kemungkinan dia hidup lebih lama. Jadi mari kita mulai menerapkan gaya hidup sehat dengan cara yang berbeda atau dengan tips di bawah ini.

Tips Sederhana Memulai Gaya Hidup Sehat

Berikut adalah beberapa tips sederhana untuk membantu Anda memulai gaya hidup sehat.

1. Hindari Stres

Kemacetan lalu lintas, tenggat waktu tugas atau pekerjaan yang menyesakkan, stagnasi keuangan, hubungan cinta yang tegang dan banyak badai lain dalam hidup pasti akan membuat Anda stres.

Saat Anda stres, semua sistem dalam tubuh Anda bereaksi secara berbeda. Stres  kronis bisa mempengaruhi kondisi kesehatan Anda tersebut secara keseluruhan. Jika Anda stres, cobalah untuk menenangkan diri dengan menarik napas dalam-dalam dan bernapas perlahan. Lakukan ini berulang kali sampai Anda merasa  rileks.

2. Pilih Makanan Anda dengan Bijak

Apa yang Anda makan pasti mempengaruhi fungsi tubuh Anda. Itulah mengapa penting bagi Anda untuk memperhatikan setiap makanan yang Anda makan setiap hari agar dapat menjalani gaya hidup sehat.

Pastikan makanan di piring Anda memenuhi prinsip diet seimbang yang mencakup karbohidrat, serat, protein, dan lemak baik. Perhatikan juga porsi yang Anda makan.

Kepatuhan terhadap porsi makan sangat penting untuk mencegah obesitas dan berbagai penyakit kronis. Ingatlah bahwa kelebihan pasti tidak baik untuk tubuh. Selain memesan makanan yang Anda makan, Anda juga harus cerdas dalam mengolahnya. Hindari mengolah makanan dengan cara digoreng.

3. Berolahraga Setiap Hari

Untuk menerapkan gaya hidup sehat, Anda bisa leluasa melakukan berbagai  olahraga yang memang Anda sukai. Jika Anda suka bersepeda atau berenang, silakan lakukan. Begitu juga jika Anda suka jalan-jalan santai. Kuncinya adalah satu, aktifkan tubuh Anda setiap hari.

Dengan bergerak aktif, tubuh mencoba membakar kalori yang terkumpul di dalam tubuh. Tidak heran  Anda  merasa lebih baik setelah berolahraga atau berlatih. Kini para pekerja kantoran yang mungkin tidak punya banyak waktu untuk berolahraga bisa melakukan berbagai aktivitas fisik sederhana untuk menggerakkan tubuhnya.

sumber : cerdika

Ketika Anda pergi ke kantor, cobalah  naik tangga daripada lift atau eskalator. Anda juga bisa menyisihkan waktu  sebelum dan sesudah makan siang untuk jalan-jalan atau sekedar naik turun tangga.

4. Kurangi Gula Mulai Hari Ini

Apakah Anda suka makanan penutup atau makanan manis? Jika iya, cobalah untuk mengurangi atau bahkan menghindari  makanan tersebut untuk menjaga pola hidup sehat. Ini karena terlalu banyak mengonsumsi gula dapat menyebabkan diabetes.

Mulailah mengurangi gula secara perlahan. Jika biasanya  minum kopi dengan dua sendok gula, sekarang coba satu saja. Setelah Anda terbiasa, Anda dapat benar-benar meninggalkan gula dari cangkir kopi Anda.

5. Minum Banyak Air 

Sekitar 60% komposisi tubuh Anda adalah air. Setiap hari, jumlah cairan  tubuh  berkurang melalui keringat, urin, dan bahkan setiap kali Anda bernapas. Oleh karena itu, penting untuk memastikan bahwa kebutuhan cairan Anda terpenuhi setiap hari untuk menghindari dehidrasi.

Bawalah botol air Anda ke mana-mana. Masukkan botol  langsung ke dalam tas supaya tidak  lupa untuk dibawa kemana-mana. Selain itu, sediakan  air  di meja Anda atau di kamar tidur Anda.

Mengikuti gaya hidup sehat tidaklah mudah. Namun, perubahan kecil dalam kebiasaan dan gaya hidup sehat dan bersih dapat meningkatkan kesehatan Anda sendiri dan bermanfaat bagi banyak orang.

PT Cipta Medika menyediakan berbagai macam alat untuk kesehatan, alat medis dan yang lainnya. Jika Anda membutuhkan semua itu dapat dengan mudah Anda dapatkan disini.