Agar Rumah Selalu Bersih dan Rapi, Lakukan Hal Ini

0
329
rumah bersih
sumber : rumah.com

Siapa yang tidak suka dengan rumah yang bersih dan rapi? Agar rumah Anda selalu bersih, Anda harus selalu menjaga kebersihan rumah Anda. Semua anggota keluarga membutuhkan kegiatan ini secara rutin untuk mempermudah membersihkan rumah.

Cara Menjaga Kebersihan Rumah Setiap Hari

Untuk menjaga kebersihan rumah, jangan membiasakan diri untuk menumpuk pekerjaan bersih-bersih sekaligus, misalnya di akhir pekan. Selain sakit, itu juga membuat Anda khawatir. Oleh karena itu, menjaga kebersihan rumah harus menjadi rutinitas sehari-hari. Ada banyak  kebiasaan sehari-hari yang bisa Anda terapkan untuk menjaga rumah tetap rapi, antara lain sebagai berikut.

1. Membersihkan Tempat Tidur Segera Setelah Bangun Tidur

Salah satu cara membersihkan rumah yang harus dilakukan setiap hari adalah dengan membersihkan tempat tidur.  Juga, biasakan untuk membuka jendela kamar tidur Anda di pagi hari. Ini memungkinkan udara segar dan sinar matahari  masuk ke kamar tidur sehingga kamar Anda tidak lembab. Menurut The Ohio State University, sampah basah dapat menjadi tempat berkembang biaknya kutu.

2. Mencuci Pakaian Setelah Dipakai

Banyak orang mengira itu sulit, tapi sebenarnya mencuci pakaian setiap hari jauh lebih mudah daripada menumpuknya di akhir pekan. Kebiasaan ini akan membantu Anda menjaga kebersihan rumah. Ini karena hanya sedikit pakaian yang perlu dicuci setiap hari. Selain itu, lebih mudah untuk membersihkan kotoran yang menempel pada pakaian dengan segera mencucinya, daripada membiarkannya berhari-hari.

3. Membersihkan Dapur Setelah Memasak

Memasak makanan di rumah tentu lebih aman daripada membeli makanan di luar. Namun, bagaimana  dapur Anda sendiri bisa kotor? Mengutip Klinik Cleveland, 9% kasus keracunan makanan tampaknya disebabkan oleh bakteri yang mencemari dapur itu sendiri.

Jadi, pastikan dapur Anda selalu bersih. Usahakan untuk selalu membersihkannya setelah dimasak. Rutinitas adalah salah satu cara menjaga kebersihan rumah yang bisa Anda terapkan setiap hari.

sumber : republika

4. Mencuci Piring Setelah Makan

Membiasakan mencuci piring dan peralatan makan segera setelah makan. Tindakan ini lebih baik daripada menunggu piring kotor menumpuk. Mencuci piring  setelah makan bisa menjadi cara penting untuk menjaga kebersihan rumah Anda.

Ini karena piring  kotor bisa menjadi tempat berkembang biaknya bakteri pembawa penyakit. Piring kotor di wastafel juga bisa menimbulkan bau yang tidak sedap, apalagi jika masih banyak residunya. Juga, menurut KidsHealth, piring kotor yang tertinggal di tumpukan bisa mengundang kecoak masuk ke rumah Anda.

5. Lepas Sepatu Saat Masuk Rumah

Saat berada di luar rumah, Anda mungkin tidak menyadari bahwa sepatu atau sepatu Anda  banyak terinjak benda-benda kotor. Bahkan jika Anda tidak dapat melihatnya, sepatu luar ruangan Anda memiliki bakteri, kuman, dan banyak kotoran lainnya yang menempel padanya.

Jika Anda tidak melepas sepatu saat memasuki rumah, kotoran yang menempel di sepatu juga akan mengotori lantai rumah. Untuk menghindari hal ini, biasanya melepas sepatu Anda sebelum memasuki rumah.

Selain melepas sepatu Anda, jangan lupa untuk membersihkan diri Anda dan bagian luar pakaian Anda. Berguna untuk menghilangkan virus dan bakteri dari luar.

6. Membersihkan Rumah Sebelum Tidur

Sebelum tidur, ajaklah semua anggota keluarga, termasuk anak-anak, untuk membersihkan rumah. Lakukan ini setiap malam setidaknya selama 15 menit. Fokuskan kegiatan ini pada area yang sangat penting untuk dibersihkan. Tentu akan lebih mudah untuk membersihkannya bersama-sama.

Jika Anda  membersihkan rumah di malam hari, Anda seharusnya tidak  menghabiskan banyak waktu membersihkan di pagi hari. Jadi Anda bisa langsung memulai aktivitas seperti memasak, menyiapkan makan siang untuk anak-anak dan bersiap-siap untuk bekerja.

Inilah tips kesehatan agar rumah senantiasa selalu bersih dan rapi untuk selalu tetap terjaga kesehatan seluruh anggota keluarga. Jika Anda membutuhkan berbagai macam alat kesehatan dan yang lainnya maka bisa dengan mudah Anda dapatkan di PT Cipta Medika.