Alat Elektromedik Wajib dalam Rumah Sakit

0
1550

Alat kesehatan elektromedik adalah perangkat atau instrument medis yang berhubungan dengan sistem elektronik arus lemah. Elektromedik berasal dari dua kata, elektro dan medik atau medis. Elektro adalah kelistrikan sedangkan medik adalah pengobatan atau kesehatan. Dengan demikian dapat kita katakan bahwa alat kesehatan elektromedik bermakna alat kesehatan yang bekerja dengan menggunakan arus listrik.

Pengertian Alat Kesehatan Berdasarkan Peraturan Pemerintah

Gambar terkait

Definisi alat kesehatan sangatlah luas. Berdasarkan peraturan, ada beberapa alat yang diberikan diantaranya adalah :

  •  Peraturan Menteri Kesehatan RI No. 23 Tahun 1992 Tentang Kesehatan Pasal 1 No 11. Alat kesehatan adalah instrumen, aparatus, mesin, implan yang tidak mengandung obat yang digunakan untuk mencegah, mendiagnosis, menyembuhkan dan meringankan penyakit, merawat orang sakit memulihkan kesehatan pada manusia dan atau untuk membentuk struktur dan memperbaiki fungsi tubuh; 
  •  UU RI no 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan. Alat kesehatan adalah instrumen, aparatus, mesin dan/atau implan yang tidak mengandung obat yang digunakan untuk mencegah, mendiagnosis, menyembuhkan dan meringankan penyakit, merawat orang sakit, memulihkan kesehatan pada manusia, dan/atau membentuk struktur dan memperbaiki fungsi tubuh.
  • Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 72 Tahun 1998 Tentang Pengamanan Sediaan Farmasi Dan Alat Kesehatan, Alat kesehatan adalah instrumen, aparatus, mesin, implan yang tidak mengandung obat yang digunakan untuk mencegah, mendiagnosis, menyembuhkan dan meringankan penyakit, merawat orang sakit serta memulihkan kesehatan pada manusia dan atau untuk membentuk struktur dan memperbaiki fungsi tubuh.
  • Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 54 Tahun 2015 Tentang Pengujian Dan Kalibrasi Alat Kesehatan Pasal 1 No 3. Alat Kesehatan adalah instrumen, aparatus, mesin, perkakas,dan/atau implan, reagen in vitro dan kalibratornya, perangkat lunak, bahan atau material yang digunakan tunggal atau kombinasi, untuk mencegah, mendiagnosis, menyembuhkan, dan meringankan penyakit, merawat orang sakit, memulihkan kesehatan pada manusia,dan/atau membentuk struktur dan memperbaiki fungsi tubuh, menghalangi pembuahan, desinfeksi alat kesehatan, dan pengujian in vitro terhadap spesimen dari tubuh manusia, dan dapat mengandung obat yang tidak mencapai kerja utama pada tubuh manusia melalui proses farmakologi, imunologi atau metabolisme untuk dapatmembantu fungsi/kinerja yang diinginkan.

Artikel terkait : Daftar Alat Medis Habis Pakai

Contoh Alat Elektromedik

Hasil gambar untuk alat elektromedik

1. Electrocardiografi (EKG)

EKG atau ECG merupakan kependekan dari Elektrokardiograf, yaitu alat kesehatan yang berperan untuk menganalisa adanya kelainan pada jantung. Khususnya untuk aritma jantung. ECG merupakan salah satu jenis alat elektromedik karena dalam prinsip kerjanya menggunakan prinsip – prinsip elektronika. Sekarang ini sudah banyak distributor alat – alat kesehatan yang jual alat EKG. dengan berbagai macam model dan harga. Macam EKG biasanya ditentukan oleh merk, channel EKG, dan juga fitur – fitur EKG yang lainnya.

2. Defibrillator

Defibrillator disebut juga dengan alat kejut jantung. Yaitu sebuah alat kesehatan yang berfungsi untuk menormalkan kembali irama jantung yang tidak normal. Umumnya hal ini terjadi pada orang yang mengalami kecelakaan, tenggelam, atau juga karena serangan jantung mendadak.

Defibrillator memiliki dua macam jenis yaitu defibrillator manual dan juga defibrillator otomatis. Defibrillator manual biasanya dilengkapi dengan monitor yang bisa menampilkan beberapa parameter saja seperti monitor EKG dan SpO2, sedangkan defibrillator otomatis yang disebut juga dengan AED, merupakan sebuah alat Defibrillator yang portable untuk di ambulance dan untuk lapangan.

Baca juga: Alat Cek Gula Darah dan Kegunaanya

4. Lampu Operasi

Daftar alat elektromedik berikutnya yaitu lampu operasi. Kita semua pasti sudah mengetahui bahwa lampu pasti ada hubungannya dengan elektronik. Jadi kita bisa smenggolongkan benda ini ke dalam alat elektromedik. Lampu operasi yang ada di rumah sakit dan klinik diletakan di dalam ruang bedah operasi dan berfungsi sebagai penerangan ketika team dokter sedang melakukan tindakan operasi kepada pasiennya.