Mengenal Alat Kesehatan Glukometer untuk Penderita Diabetes

0
412
alat kesehatan glukometer
medkomtek

Anda masih sering untuk pergi ke dokter ataupun lab untuk mengontrol gula darah anda? Lalu bagaimana ketika pandemi covid-19 melanda. Tentunya membutuhkan alternatif lain untuk tetap dapat mengontrol gula darah meskipun tidak datang ke dokter. Alat kesehatan glukometer ini dapat anda gunakan di rumah sendiri tanpa perlu bantuan dari tenaga profesional. Sehingga anda dapat mengontrol gula darah anda secara rutin secara mandiri.  

Apa Itu Alat Kesehatan Glukometer?

Alat pengukur kadar gula darah atau biasa menyebutnya glukometer adalah alat yang berguna untuk mengukur kadar dari gula darah seseorang. Umumnya, para penderita diabetes terutama yang terkena penyakit kadar gula darah. Perlu untuk terus mengontrol gula darahnya untuk berada di dalam batas normal sehingga dapat menghindari komplikasi yang semakin parah.

Beberapa fungsi glukometer selain untuk mengontrol gula darah. Merupakan untuk memudahkan keberhasilan dari obat penyakit gula darah yang sedang Anda konsumsi. Memantau perkembangan penyakit gula darah. Apakah memerlukan perawatan untuk diabetes. Melihat pengaruh dari gaya hidup sehat seperti olahraga dan pola makan terhadap gula darah. Dan yang terakhir adalah untuk melihat apakah kenaikan dari gula darah berakibat oleh faktor lain seperti penyakit tertentu ataupun stress.

Siapa Saja yang Perlu Melakukan Tes Gula Darah?

Pada umumnya dokter akan menyarankan beberapa orang untuk mengecek gula darah. Bagi beberapa orang, terutama penderita gejala gula darah tinggi atau hiperglikemia dan penderita kadar gula rendah atau hipoglikemia. Dokter juga menyarankan orang yang memiliki risiko terkena penyakit gula darah yang tinggi, seperti orang dengan berat badan berlebih, memiliki anggota keluarga yang mengidap penyakit gula darah, penderita hipertensi, penderita penyakit jantung, dan orang yang tidak memiliki pola hidup sehat. Wanita yang sedang hamil juga perlu melakukan tes gula darah menggunaan alat kesehatan glukometer ini pada saat usia kandungan sudah mencapai minggu ke 24 hingga 28 untuk mengecek kemungkinan terjadinya peningkatan kadar gula darah selama kehamilan atau gula darah gestasional.

Penderita penyakit gula darah perlu secara rutin melakukan cek tinggi rendahnya kadar gula darah untuk dikonsultasikan kepada dokter. Frekuensi dari pemeriksaan tergantung pada jenis gula darah yang Anda alami serta bagaimana rencana pengobatan anda dengan dokter. Namun jika anda bukan merupakan seorang penderita penyakit gula darah, maka anda cukup melakukan cek gula darah sekitar 1 hingga 2 kali dalam setahun.

Persiapan Sebelum Mengunakan Glukometer

alat kesehatan glukometer
Sumber : Bp-guide

Perlu anda ingat bahwa sebelum memeriksa kadar gula darah baik menggunakan alat kesehatan glukometer atau medical check-up, anda perlu mempersiapkan beberapa hal terlebih dahulu. Untuk tes gula darah puasa, anda tidak boleh makan ataupun minum selain air putih selama 8 jam sebelum pemeriksaan. Dengan puasa, hasil dari pemeriksaan gula darah akan lebih akurat dan tidak terpengaruhi oleh makanan ataupun minuman yang anda konsumsi.

Berbeda dengan tes gula darah puasa, untuk tes gula darah sewaktu, anda boleh untuk makan ataupun minum sebelum pemeriksaan, anda tidak memerlukan persiapan khusus untuk melakukan tes gula darah sewaktu ini.

Namun untuk kedua jenis tes gula darah ini, anda tetap harus menginformasikan dokter tentang obat rutin yang sedang anda konsumsi atau jika anda baru saja mengonsumsi obat. Kandungan obat dapat mempengaruhi tinggi rendahnya kadar gula darah anda. Pada beberapa kasus, dokter bisa saja meminta anda untuk berhenti mengonsumsi obat rutin anda terlebih dahulu sebelum melakukan pemeriksaan. Kondisi fisik yang sedang stress akibat dari trauma, stroke, operasi, ataupun serangan jantung juga dapat meningkatkan kadar gula darah, maka itu dokter juga harus mengetahui hal ini.

Ada baiknya untuk mengontrol gula darah terutama jika anggota keluarga anda memiliki riwayat penyakit diabetes, maka itu anda dapat membeli alat kesehatan glukometer ini di PT Cipta Medika untuk menjaga kesehatan anda dan juga keluarga anda dari penyakit diabetes.