Macam-Macam Jenis Alat Kesehatan Termometer

0
149
Macam-Macam Jenis Alat Kesehatan Termometer

Salah satu peralatan rumah sakit yang juga perlu ada di rumah anda adalah termometer. Salah satu alat kesehatan termometer ini memiliki fungsi untuk mengetahui serta memantau kondisi suhu tubuh anda ketika sedang terserang demam

. Apabila suhu yang berada di termometer sudah terlalu tinggi, maka pada saat itu anda harus segera pergi ke rumah sakit untuk memeriksa keadaan anda. Anda juga perlu menemui dokter apabila suhu tinggi yang anda alami tidak kunjung turun.

Jenis-Jenis Alat Kesehatan Termometer

Selain memiliki berbagai jenis termometer, satuan pengukur suhu yang digunakan pada tiap termometer juga berbeda, namun satuan yang paling umum digunakan adalah celcius, farenheit dan juga kelvin.

Berbagai jenis termometer dapat anda bedakan berdasarkan bahan, cara penggunaannya, dan juga akurasi dari alat kesehatan termometer itu sendiri. Penggunaannya juga beragam, ada yang perlu diletakkan pada mulut, telinga, ketiak, dahi, hingga yang dimasukan ke dalam dubur. Dibawah ini terdapat 5 jenis termometer yang dapat anda ketahui.

1.     Termometer Digital

Termometer ini menggunakan sensor panas untukmengukur suhu tubuh ketika menyentuh mulut, ketiak ataupun dubur anda selama selang beberapa detik. Alat kesehatan termometer ini akan menunjukkan hasil suhu tubuh yang akurat dan juga cepat. Selain itu, termometer digital yang terbuat dari bahan plastik ini dapat dengan mudah anda beli di apotek, toko obat, ataupun toko-toko alat kesehatan terdekat.

2.     Termometer Manual Air Raksa dan Alkohol

Termometer manual dengan isi tabung kaca yang menggunakan air raksa merupakan alat medis yang paling sering di gunakan. Air raksa dapat membuat tabung dari kaca tersebut lebih cepat pecah, namun hasil yang di berikan sangat akurat. Termometer manual dengan alkohol juga sama seperti termometer dengan air raksa, namun cairan alkohol di anggap lebih aman daripada air raksa.

3.     Termometer Dot Bayi

Untuk anda yang mempunyai bayi, maka anda perlu memiliki alat kesehatan termometer dengan bentuk dot atau empeng bayi ini. Ketika buah hati anda terserang panas tinggi, anda dapat dengan mudah mengukur suhu anak anda dengan memberikannya empeng atau dot termometer. Anak anda hanya perlu menghisap dot ini selama 3 menit dan anda akan mendapatkan hasil yang akurat.

4.     Termometer Telinga

Alat kesehatan termometer telinga ini menggunakan sinar inframerah yang akan merasakan suhu panas tubuh ketika di masukan ke dalam telinga. Anda hanya perlu meletakannya dengan tepat di permukaan telinga dan jangan memasukan alat ini terlalu dalam dalam lubang telinga. Hasil dari suhu tubuh anda akan terlihat di layar alat tersebut.

Umumnya termometer ini di gunakan pada anak-anak karena lebih mudah Anda gunakan. Namun tetap pastikan apabila ketika sedang menggunakan alat ini pada telinga, anda sedang tidak mengalami infeksi di telinga dan juga sudah membersihkan telinga agar hasil pembacaan suhu tubuh dapat lebih akurat.

5.     Termometer Kening

Sama seperti termomter telinga, termometer kening ini juga menggunakan sinar inframerah untuk mengukur suhu di area kening serta arteri temporal di pelipis anda. Termometer yang kini sering di gunakan di pusat keramaian seperti mall, tempat bermain, restoran dan lainnya ini memang dapat membaca suhu tubuh anda secara cepat. Namun tidak memiliki tingkat akurasi yang tinggi karena sinar matahari, suhu dingin, serta keringat dapat mempengaruhi hasil tersebut.

Alat kesehatan termometer ini memang perlu anda sediakan di rumah anda karena jika suhu tubuh anda sudah menyentuh angka lebih dari 38 derajat atau kurang dari 35 derajat, atau jika suhu panas anda tidak kunjung turun, anda dapat memeriksakan diri ke dokter. Di PT Cipta Medika, anda dapat membeli berbagai jenis termometer yang anda perlukan.