Mengenal Apa Itu Inkubator Bayi?

0
970
inkubator bayi
infopublik

Inkubator bayi adalah alat yang digunakan untuk membantu bayi prematur atau bayi dengan masalah kesehatan  bertahan hidup di luar kandungan. Bayi yang lahir prematur atau dengan masalah kesehatan yang serius biasanya memerlukan perawatan khusus sebelum pulang dari rumah sakit.

Alasan  NICU berbeda untuk setiap bayi karena tidak semua bayi memiliki kondisi yang sama. Pada dasarnya, alat ini juga dapat mencakup perangkat yang memantau berbagai hal seperti suhu dan detak jantung bayi. Dengan pemantauan ini, perawat dan dokter dapat terus memantau kesehatan bayi.

Fitur Inkubator

Unit ini dirancang untuk menyediakan ruang yang aman dan terkendali bagi bayi yang menunggu perkembangan organ vital. Inkubator bayi menyediakan lingkungan yang dapat menyesesuaikan untuk memastikan suhu yang ideal, oksigen yang cukup, kelembaban dan pencahayaan yang memadai.

Selain itu, ia menawarkan perlindungan terhadap alergen, bakteri, kebisingan berlebihan, dan  cahaya berbahaya. Kemampuannya untuk mengatur kelembapan juga membantu melindungi kulit bayi dari kehilangan air yang berlebihan dan menjadi rapuh atau pecah-pecah.

Selain memiliki informasi tentang tanda-tanda vital bayi, perangkat ini memiliki lubang di bagian atas dan samping perangkat, yang memungkinkannya penggunaannya bersama dengan berbagai prosedur dan prosedur medis.

Perangkat ini penggunaannya dengan prosedur medis seperti:

  • Nutrisi intravena.
  • Pengiriman darah atau obat-obatan IV.
  • Memantau kondisi organ vital.
  • Ventilasi.
  • Lampu khusus untuk mengobati penyakit kuning.

Beberapa kombinasi ini membuat perangkat ini tidak hanya melindungi bayi, tetapi juga menyediakan lingkungan yang ideal bagi tenaga medis untuk memantau dan merawat bayi.

Kondisi yang Memerlukan Penggunaan Inkubator Bayi 

inkubator bayi
Sumber : sumut24

Inkubator adalah salah satu peralatan di NICU. Ini juga dapat Anda gunakan bersama dengan perangkat dan prosedur lain untuk memastikan lingkungan terbaik dan pemantauan berkelanjutan untuk bayi yang membutuhkan dukungan ekstra. Berikut beberapa alasan mengapa bayi perlu menggunakan alat ini, antara lain:

1.    Kelahiran Prematur

Bayi prematur mungkin memerlukan waktu ekstra untuk mengembangkan paru-paru dan organ vital lainnya. Gendang telinga dan mata mereka bisa sangat sensitif sehingga cahaya dan suara biasa dapat merusak organ-organ ini secara permanen.

Selain itu, bayi yang lahir sangat awal tidak memiliki waktu untuk mengembangkan lemak subkutan, sehingga mereka membutuhkan bantuan untuk menjaga tubuh mereka tetap hangat.

2.    Masalah Pernapasan

Kadang-kadang bayi dapat memiliki cairan atau mekonium di paru-parunya. Hal ini dapat menyebabkan infeksi dan ketidakmampuan untuk bernapas dengan benar. Bayi yang baru lahir mungkin juga memiliki paru-paru yang belum matang dan belum berkembang yang memerlukan pemantauan dan oksigen ekstra.

3.    Infeksi

Alat ini dapat mengurangi kemungkinan bakteri dan infeksi lebih lanjut selama pemulihan dari  penyakit. Selain itu, unit ini juga menyediakan ruang yang aman  untuk memantau tanda-tanda vital selama 24 jam jika anak membutuhkan obat-obatan intravena (IV), cairan, dll.

4.    Konsekuensi Diabetes Gestasional

Banyak dokter segera memasukkan bayi ke dalam inkubator saat bayi sakit. Lahir dari ibu dengan diabetes gestasional. Hal ini Anda lakukan agar anak nyaman dan hangat saat Anda memeriksakan gula darahnya.

5.    Penyakit Kuning

Beberapa inkubator memiliki lampu khusus untuk membantu mengurangi penyakit kuning (kulit dan mata bayi menguning). Penyakit kuning pada bayi baru lahir sering terjadi dan dapat terjadi jika bayi memiliki kadar bilirubin yang tinggi, pigmen kuning yang dihasilkan selama pemecahan normal sel darah merah.

6.    Kelahiran yang Lama atau Traumatis

Jika bayi baru lahir menderita trauma, ia mungkin memerlukan pemantauan terus-menerus dan perawatan medis tambahan. Ini juga dapat memberikan lingkungan  rahim yang aman bagi bayi untuk pulih dari trauma.

Meskipun inkubator mungkin tampak menakutkan bagi orang awam, inkubator adalah perangkat medis yang menyediakan lingkungan yang terkendali untuk bayi prematur dan bayi dengan masalah kesehatan lainnya.

Tanpa perangkat ini, lebih sedikit bayi yang akan bertahan hidup, terutama mereka yang memiliki masalah kesehatan dini. Anda ingin mendapatkan berbagai macam alat medis yang berkualitas maka datanglah ke PT. Cipta Medika. Tersedia banyak pilihan alat medis berkualitas.