Infant Warmer Bayi, dan Caranya!

0
600
Infant Warmer Bayi
Sumber : elektromedik

Infant adalah seorang bayi, sedangkan warmer merupakan pemanas. Oleh karena itu, infant warmer adalah alat yang berguna untuk menghangatkan bayi baru lahir atau bayi prematur. Fungsi infant warmer  adalah untuk menjaga suhu tubuh bayi setelah bayi lahir.

Selain itu, infant warmer dapat berguna untuk menstabilkan suhu bayi yang mengalami hipotermia. Penyebab hipotermia pada bayi adalah penurunan suhu  tubuh anak di bawah 35 °C. Hipotermia  bayi sering terjadi pada bayi  baru lahir karena  suhu  tubuh turun sangat cepat dan dapat mengancam jiwa jika tidak segera mengobatinya.

Karena masalah itu, sering terjadi bahwa bayi yang baru lahir segera meletakannya di pangkuan ibu untuk menghangatkan suhu tubuh anak. Selain itu, menggunakan infant warmer tidak cukup untuk menghangatkan bayi jika pelukan ibu saja tidak cukup. Hipotermia dapat menyebabkan oleh suhu rahim ibu yang berbeda dengan suhu ruangan.

Penyebab Penggunaan Infant Warmer

Gejala hipotermia sering muncul pada warna merah pada kulit anak. Saat menyentuhnya, kulit bayi terasa dingin. Sering melihat bahwa bibir bayi membiru dan bayi biasanya tidak menangis saat lahir. Selain itu, tubuh bayi gemetar dan anak tidur terus-menerus. Terkadang bayi tidak merespon ASI dengan baik, dan detak jantung serta detak jantung  bayi turun dengan cepat.

Karena situasi tersebut, bayi membutuhkan penghangat bayi untuk menstabilkan suhu tubuh akibat hipotermia. Infant warmer ini juga terlengkapi dengan sebuah alat bantu pernapasan dan juga outlet O₂ juga tersedia.

Selain itu, alat ini juga memiliki baby cover dan stik infus untuk kemudahan penggunaan dan efisiensi. Jadi bagaimana cara kerja penghangat bayi? Sebelum kita membahas cara kerja infant warmer, mari kita jelaskan dulu manajemen standar alat ini.

Kontrol Standar Infant Warmer

Infant Warmer Bayi
Sumber : glorya

Pengaturan suhu otomatis dan manual. Secara otomatis bekerja dengan pemanasan otomatis yang menandainya. Dalam mode manual, nilai default sudah berguna dengan suhu yang sesuai. Sensor kulit, yang bersifat opsional, dapat mengaktifkannya atau nonaktifkan sesuai kebutuhan. Sensor kulit ini  menyesuaikan dengan suhu tubuh  bayi.

  • Sensor air. Dapat berguna untuk memantau radiasi panas yang masuk melalui kasur bayi, karena sensor air  terletak di kasur bayi.
  • Alarm dan timer. Fungsinya untuk pengingat atau parameter ketika pengaturan melebihi pengaturan tertentu. Alarm ini  berbunyi.
  • Examination Lamp. Fungsinya sebagai lampu kasur bayi, lampu ini dapat digunakan jika memerlukannya.

Fungsi Infant Warmer

Penghangat bayi berfungsi sebagai berikut:

  • Masukkan kabel ke dalam soket. Kemudian tekan tombol ON untuk menghidupkan atau mematikan tombol yang ada.
  • Setelah itu, tunggu sampai lampu indikator menyala. Ingatlah bahwa lampu indikator akan menyala saat lampu perangkat menyala. Jadi pertama-tama pastikan lampu perangkat menyala.
  • Atur sektor sesuai dengan suhu yang diinginkan. Mengacu pada suhu ruangan yang ada di sektor seri. Misalnya, suhu ruangan adalah 26 °C dan suhu yang sesuai adalah 37 °C, sehingga suhu sektor adalah 11 °C. Sebelum itu, Anda harus terlebih dahulu memeriksa kekuatan pemanas dan suhu yang dinaikkan.
  • Sebelum menempatkan anak di dalam pemanas, pastikan perangkat menyala selama 15-20 menit agar suhu stabil.

Berikut informasi yang dapat disampaikan. Dimana Anda bisa mendapatkan alat ini? Anda bisa mendapatkan alat ini  dengan cukup mudah  dengan mengunjungi situs web perangkat medis PT Cipta Medika. Infant warmer sangat penting untuk menjaga bayi tetap stabil saat bayi sering mengalami hipotermia.