Jenis Obat-obatan yang Harus Selalu Ada di Tas

0
161
jenis obat

Selain make up dan dompet, jenis obat-obatan esensial juga harus selalu ada di tas. Memiliki obat di tas Anda sangat membantu ketika Anda merasa tidak enak badan atau penyakitnya kambuh. Daftar obat apa  yang harus Anda bawa dan simpan di tas Anda setiap saat?

Daftar Obat-obatan Penting yang Harus Ada di Tas

Bagi Anda yang sering bepergian, penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Salah satu cara untuk tetap sehat adalah dengan membawa obat-obatan penting di dalam tas. Tentu saja, ini tidak mungkin jika Anda harus mengambil semua pertolongan pertama di rumah (Pertolongan pertama jika terjadi kecelakaan).

Jadi, obat apa  yang perlu Anda bawa? Berikut adalah  daftar obat-obatan esensial dan darurat yang harus selalu ada di tas Anda.

1. Obat-obatan yang Diresepkan oleh Dokter

Jika dokter Anda telah meresepkan  obat-obatan tertentu untuk Anda, seperti antibiotik, obat diabetes atau obat tekanan darah, Anda  harus membawa semuanya di dalam tas Anda. Ini karena Anda perlu minum obat-obatan ini secara teratur untuk mengelola atau mengendalikan penyakit Anda.

Jangan lupa untuk selalu membawa inhaler yang diresepkan oleh dokter  di  tas Anda, bahkan jika Anda menderita asma. NHS mengatakan inhaler dapat membantu meringankan gejala jika penyakitnya tiba-tiba kembali.

Ini juga berlaku untuk penyakit lain seperti epilepsi atau penyakit jantung dan Anda harus melakukan perjalanan jauh. Pastikan untuk membawa obat resep Anda dan diskusikan dengan dokter Anda berapa banyak obat yang harus Anda minum dan berapa dosisnya.

2. Obat Alergi

Ini adalah salah satu daftar obat yang paling penting bagi mereka yang pernah mengalami alergi di masa lalu. Anda bisa mengonsumsi antihistamin sebagai pertolongan pertama untuk alergi seperti gatal, bengkak atau gejala alergi lainnya.

Antihistamin oral dapat Anda beli di apotek atau dengan resep dokter. Namun jangan Anda bawa saat berkendara karena bisa membuat lelah dan mengantuk. Pastikan Anda mengetahui cara penggunaan obat ini dan dosisnya.

3. Obat Penghilang Rasa Sakit

Jangan sampai ketinggalan. Bisa jadi obat pereda nyeri merupakan obat penting lainnya yang wajib di bawa dan wajib ada di dalam tas. Pasalnya, obat pereda nyeri merupakan pertolongan pertama untuk  berbagai jenis nyeri, ringan, sedang, dan berat.

Misalnya,  membantu mengurangi sakit kepala, demam, nyeri sendi, sakit gigi atau nyeri haid (dismenore). Untuk nyeri ringan hingga sedang, Anda dapat memilih  pereda nyeri yang dijual bebas seperti parasetamol, ibuprofen, atau aspirin. Sementara itu, Anda mungkin memerlukan obat resep untuk mengobati rasa sakit yang parah.

4. Suplemen Multivitamin

Untuk orang yang aktif, Anda mungkin tidak memenuhi kebutuhan nutrisi harian Anda melalui diet Anda. Dalam kondisi ini, Anda mungkin perlu mengonsumsi multivitamin untuk mencapainya.

Jika ini terjadi pada Anda, suplemen vitamin adalah salah satu  obat yang harus Anda bawa di tas Anda. Namun, pastikan untuk memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan multivitamin yang tepat untuk kebutuhan Anda.

5. Perawatan Luka

Meskipun Anda berhati-hati, kecelakaan bisa terjadi kapan saja  dan menyebabkan lecet atau goresan. Sebagai langkah awal dalam mengobati luka, Anda bisa menggunakan pembalut luka berperekat (peralatan) dan obat antiseptik yang Anda bawa di dalam tas.

Itulah mengapa penting bagi Anda berdua untuk selalu memasukkan daftar obat-obatan esensial ke dalam koper Anda. Jika cedera Anda cukup serius, Anda dapat menemui dokter untuk perawatan yang lebih tepat. Jika Anda membutuhkan berbagai macam alat kesehatan dan yang lainnya maka bisa dengan mudah Anda dapatkan di PT Cipta Medika.