5 Alat Kesehatan Canggih yang Umum Ditemui

0
1089

Ketika anda memasuki rumah sakit, maka alat kesehatan merupakan hal utama yang dibutuhkan. Dimana semua dokter dan juga tenaga kesehatan dapat menjalankan tugas dengan baik jika di rumah sakit bisa menggunakan alat kesehatan canggih tersebut. Selain mendukung, alat kesehatan yang canggih juga bisa membantu melakukan berbagai metode dan juga pengobatan yang diberikan.

Memang bukan tanpa sebab, karena banyak orang yang mencoba melakukan berbagai metode dan pengobatan, jelas dengan fasilitas yang ada akan sangat membantu melakukan hal tersebut, terutama para dokter.

Nah berikut ini ada 5 alat kesehatan canggih yang umumnya digunakan dan sangat membantu dokter melakukan sebuah metode :

  1. Defibrillator
Hasil gambar untuk defibrillator
Defribillator – India

Alat kesehatan canggih pertama yang banyak digunakan adalah defribillator. Dimana alat ini merupakan salah satu alat wajib yang ada di ruang emergency. Dengan adanya alat ini jelas sangat membantu mengatasi masalah secara urgent. Alat ini membantu melakukan tindakan saat seseorang mengalami detak jantung berhenti, dimana dengan tindakan CPR diharapkan penggunaan bisa kembali normal khususnya detak jantung pasien. Defibrillator bekerja dengan cara memberikan stimulus energi listrik dengan menggunakan bantalan elektroda, kemudian ditempelkan di dada pasien.

2. Hemodialysis unit

Hasil gambar untuk hemodialysis unit
Hemodyalisis unit – mitera.gr

Selanjutnya alat kesehatan canggih yang bisa anda gunakan adalah hemodialisis unit. Alat ini banyak digunakan oleh rumah sakit besar yang bisa membantu pasien melakukan pengobatan. Alat kesehatan ini memang cukup banyak, dimana umumnya dipasangkan seperangkat instrumen yang bertujuan untuk sebuah pengobatan tertentu. Hemodialisis unit adalah salah satu alat yang membantu pasien untuk cuci darah. Alat canggih ini digunakan untuk mengobati masalah seperti gagal ginjal yang membutuhkan pencucian darah.

3.  Inkubator Bayi

Hasil gambar untuk baby incubators
inkubator – hackaday

Alat canggih selanjutnya yang banyak diketahui oleh masyarakat dan wajib ada dalam klinik atau rumah sakit adalah inkubator, biasa disebut juga sebagai inkubator bayi. Alat ini mirip seperti sebuah akuarium yang digunakan khusus untuk manusia. Alat ini digunakan untuk menghangatkan dan membantu bayi beradaptasi, terutama bagi bayi yang lahir belum bulannya ataupun prematur. Agar tidak terkontaminasi dan bisa adaptasi dengan baik, maka dibiasakan hidup dalam inkubator terlebih dahulu.

4. X-ray unit

Hasil gambar untuk x ray unit
X-ray unit – vitalmedic

Alat selanjutnya yang terbiasa digunakan untuk rumah sakit melakukan tindakan adalah X-ray, alat ini memang masuk kedalam alat kesehatan yang canggih dan banyak membantu para pasien. Alat ini bisa digunakan untuk mendeteksi kondisi tubuh di awal dan membantu dokter mendeteksi penyakit pasien. X-ray juga digunakan untuk kegiatan seperti rontgen. Alat ini mengandung teknologi sinar-x yang dapat mencintrakan struktur tubuh manusia dengan jelas. Namun alat ini mengandung unsur radio aktif yang bisa berbahaya jika dilakukan terus menerus.

5. USG (Ultrasonografi)

Hasil gambar untuk USG
USG – Suara

USG atau ultrasonografi merupakan salah satu alat yang paling sering disebut dan digunakan dalam pemeriksaan, khususnya dokter kandungan. Alat ini memang selalu berkaitan dengan kandungan dan membantu membaca kesehatan janin dalam tubuh sang ibu. USG sama dengan alat medis canggih lainnya. Dengan bantuan suara ultra atau frekuensi tinggi, sekarang ini USG merefleksikan gambar mulai dari 2 dimensi hingga 4 dimensi. USG bisa digunakan untuk berbagai kegiatan, salah satunya adalah untuk kandungan.

Baca juga : Daftar alat medis habis pakai

Itulah kelima alat kesehatan canggih yang banyak digunakan di rumah sakit dan paling umum dilihat ataupun dikenali baik oleh tenaga kesehatan maupun masyarakat. Alat kesehatan ini benar-benar bisa membantu melakukan tindakan dan juga pengobatan yang tepat.