Karakteristik Meja Operasi Rumah Sakit

0
458
meja operasi rumah sakit
agmmedica

Secara umum terdapat dua jenis meja operasi, yaitu meja operasi bergerak hidrolik dan meja operasi bergerak elektro hidraulik. Dimana meja operasi jenis ini sebelumnya gerakkannya secara mekanis. Pada dasarnya, ruang operasi rumah sakit juga merupakan perlengkapan wajib. Merupakan kelengkapan yang harus ada di sebuah rumah sakit, bahkan rumah sakit kelas C.

Awalnya, sistem operasi ini pertama kali diperkenalkan pada abad ke-19. Oleh seorang ahli bedah Paris, di mana meja dapat diputar secara horizontal 360 derajat. Pada saat yang sama, sistem operasi pertama ini juga dapat Anda ubah secara vertikal dalam hal tinggi dan panjang.

Dengan berkembangnya teknologi kesehatan. Meja operasi di rumah sakit juga telah berubah menjadi meja operasi dengan jenis dan spesifikasi yang berbeda, serta kegunaan atau fungsi khusus yang berbeda.

Namun karena banyaknya jenis, spesifikasi dan kegunaan meja operasi saat ini. Meja operasi itu sendiri jelas memiliki kelebihan atau fungsi yang mendasar. Nah, kali ini akan membahas tentang apa saja fungsi ruang operasi di sebuah rumah sakit.

1.    Mempermudah Pekerjaan Ahli Bedah

Salah satu fungsi ruang operasi adalah untuk memudahkan pekerjaan ahli bedah. Hal ini karena ruang operasi sendiri terbuat khusus sesuai dengan keinginan dokter. Ahli bedah biasanya mengalami kesulitan pada posisi tertentu. Sehingga meja operasi yang dapat Anda putar 360 derajat secara horizontal dan dapat Anda atur ketinggiannya tentu membuat pekerjaan dokter menjadi lebih mudah.

Selain itu, terdapat tempat khusus di atas meja operasi yang berguna sebagai tempat segala perlengkapan yang dokter butuhkan, sehingga dokter bedah dapat dengan mudah mengaksesnya. Oleh karena itu, meja operasi dengan perangkat ini secara alami menawarkan kenyamanan bagi ahli bedah.

2.    Meningkatkan Tingkat Efisiensi dan Keberhasilan Kerja

Setiap sistem operasi selalu terlengkapi dengan lampu kerja beresolusi tinggi, yang tentu saja membuat pekerjaan lebih mudah berkat penerangan lampu. Pada saat yang sama, ruang operasi juga lengkap dengan perangkat radio semi-transparan, yang tentu saja dapat berguna untuk para ahli bedah sebagai imager seperti C-arm.

Selain itu, terdapat beberapa meja operasi khusus yang sesuai dengan kebutuhan tertentu, seperti ruang operasi yang penggunaannya pada operasi ginjal yang biasanya lengkap dengan lift dan gunting ginjal.

Alat tersebut berguna karena memiliki fungsi untuk proses pengeringan ginjal. Tentunya dengan menyiapkan meja operasi ini dengan berbagai peralatan di atas meja operasi dapat meningkatkan efektifitas keberhasilan operasi pembedahan.

3.    Menjadi Salah Satu Syarat untuk Melakukan Operasi Bedah

meja operasi rumah sakit
Sumber : horizonmedica

Secara umum, ruang operasi siap dengan peralatan standar dan khusus untuk melakukan prosedur bedah. Perangkat yang harus ada pada sistem operasi adalah bagian dari sistem operasi.

Pada dasarnya meja operasi memiliki 3 bagian utama yang menjadikan meja operasi sangat penting untuk meningkatkan keberhasilan operasi atau proses pembedahan, seperti bagian atas sebagai lengan atau tiang dan meja bawah atau pemandu. Bagian atas merupakan bagian untuk memposisikan kepala pasien, yang terbuat khusus untuk memberikan rasa nyaman pada pasien.

Kolom atau bagian tengah, adalah bagian terpenting dari meja operasi, karena memiliki kolom yang masuk ke dalam lantai, sehingga dengan batang ini, kekuatan meja lebih stabil, dan sistem operasi juga dapat mengaturnya lebih baik sesuai dengan posisi yang keinginan semua dokter.

Selain fleksibilitas yang besar, bagian tengah ruang operasi terlengkapi dengan radiografi atau radiografi. Oleh karena itu, meja operasi dengan bagian-bagian yang sangat penting dari setiap meja operasi menjadi salah satu persyaratan atau dasar prosedur yang harus terpenuhi selama operasi.

Meskipun penggunaan meja operasi dapat meningkatkan keberhasilan operasi bedah, dukungan dari dokter operasi juga merupakan bagian penting dari kesehatan Anda. Dapatkan berbagai macam alat medis ini dan yang lainnya dengan mudah di PT. Cipta Medika.