Alat dan Bahan Medis untuk Kolostomi

0
1767

Apa yang anda ketahui tentang Kolostomi ? Salah satu tindakan medis yang banyak di lakukan oleh rumah sakit besar ini, merupakan tindakan medis dengan tujuan pasien yang memiliki masalah hambatan di usus besar dan rektum yang berfungsi untuk membuat kotoran atau feses, sehingga tidak dapat keluar melalui anus secara normal.

Kasus ini disebabkan oleh adanya tumor atau infeksi yang tumbuh pada area tersebut. Tentu saja metode kolostomi ini merupakan salah satu tindakan yang bersifat sementara. Di mana dokter akan membuat lubang pada dinding abdomen yang disebut dengan stroma, untuk membantu mengeluarkan feses.

Jika seorang pasien mengdapatkan metode pengobatan ini, maka ada beberapa peralatan yang harus anda siapkan untuk membantu melakukan perawatan tersebut.

1. Kantong Kolostomi

Hasil gambar untuk kantong kolostomi

Kolostomi merupakan alat pertama yang wajib ada ketika anda melakukan perawatan kolostomi. Kantong ini merupakan komponen penting yang dapat digunakan dan diganti secara berulang hingga 1 minggu lamanya. Kantong ini bersifat satu kali pakai ataupun disposable. Apabila telah digunakan selama beberapa waktu maka kantong tersebut harus dilepas dan dibuang. Kantong yang sudah tidak digunakan bisa anda lepas dan memasangkan yang baru dengan lem khusus ataupun pasta tambahan ini, cukup murah dan juga mudah didapat.

2. Nacl

Hasil gambar untuk Nacl medis

Selanjutnya yang harus anda butuhkan untuk melakukan metode kolostomi bukan berupa alat namun berupa bahan atau cairan. Disebut sebagai cairan nacl, fungsinya untuk membersihkan luka sebelum kantong kolostomi diganti. Kebersihan sangat dibutuhkan untuk menghindari iritasi ataupun adanya bakteri yang dapat menyebabkan infeksi. Sehingga penggunaan cairan pembersih luka nacl ecosol mengandung 0,9 gram sodium dengan kemasan 500 mili ini sangatlah penting. Anda bisa mendapatkannya dengan mudah karena dijual secara bebas dengan harga yang cukup murah.

Baca juga: Alat Cek Gula Darah dan Kegunaanya

3. Sarung Tangan

Hasil gambar untuk sarung tangan  medis

Alat selanjutnya yang wajib digunakan untuk anda yang mengganti kantong kolostomi adalah sarung tangan medis. Umumnya sarung tangan ini berguna untuk membantu menangkal berbagai bakteri dan kuman. Apalagi anda menangani proses kolostomi yang berkaitan dengan feses ataupun kotoran manusia. Sarung tangan steril ataupun surgical glove ini memang khusus di desain untuk anda yang melakukan tindakan medis sehingga lebih aman dan juga lebih berkualitas.

4. Betadine

Hasil gambar untuk betadine  medis

Selanjutnya yang anda butuhkan untuk melakukan metode Kolostomi adalah betadin. Banyak orang yang menggunakan benda ini dapat membantu melakukan perawatan luka. Betadin berfungsi sebagai cairan antiseptik untuk mencegah perkembangan kuman virus ataupun bakteri. Selain itu, betadin juga menjadi  larutan yang dapat membantu mencegah gatal-gatal yang terjadi akibat jamur yang ada pada luka kolostomi.

Artikel terkait : Daftar Alat Medis Habis Pakai

5. Perlak

Hasil gambar untuk perlak medis medis

Selanjutnya adalah perlak atau alas ini dibutuhkan pasien yang akan melakukan perawatan kolostomi. Fungsi utamanya untuk menahan dan menyerap cairan dengan tepat. Terutama ketika anda tidur, mengingat saat anda bergerak seringkali kantong kolostomi mengalami masalah dan bisa saja mengenai kursi atau ranjang. Perlak dan alas ini sangat membantu menjaga kebersihan.

Itulah deretan alat dan bahan medis yang diperlukan, bagi anda yang melakukan perawatan kolostomi. Sebenarnya perawatan ini dapat dilakukan di rumah dan tidak harus dilakukan oleh perawat. Namun anda juga tetap harus menyediakan alat-alat, Sesuai dengan standar tidak perlu khawatir dengan kualitas yang ada. Anda tinggal membelinya di ciptamedika.com sebagai salah satu tempat pembelian alat dan juga bahan medis yang berkualitas dan juga mudah dijangkau.