Alat Medis Wajib Ada Dalam Klinik Kecil

0
1468

Seringkali sebuah daerah terletak cukup jauh dari pusat kota ataupun pusat dari berbagai kegiatan layaknya perkantoran, bandara, dan juga rumah sakit. Umumnya alasan rumah sakit memilih area yang besar dan mudah dijangkau karena memang banyak masyarakat yang datang ke rumah sakit untuk melakukan pengobatan dan juga menyembuhkan penyakit. Disisi lain, rumah sakit dibangun besar dan dengan fasilitas lengkap memang bertujuan membantu masyarakat.

Sayangny seringkali beberapa wilayah yang agak jauh tidak terjangkau sehingga pemerintah memutuskan untuk membangun cabang dari rumah sakit yang diberi nama klinik. Namun klinik ini bisa membantu menangani pasien, minimal memberikan penanganan awal saja dulu agar bisa mengatasi anfal atau keadaan darurat. Untuk itu, beberapa alat medis wajib ini harus disediakan dalam sebuah klinik meskipun kecil. Apa saja ?

  1. Infus Set
Hasil gambar untuk infus set
infus set – medica

Infus set merupakan salah satu alat yang harus ada dan wajib ada di dalam sebuah rumah sakit maupun klinik, salah satunya klinik kecil. Meskipun kecil namun bisa saja ada kejadian yang tak terduga dan mengharuskan pasien untuk diberikan makanan melalui infus. Sehingga infus set yang berguna untuk memasukan cairan seperti obat serta vitamin dan cairan elektrolit kedalam pembuluh vena pasien menjadi cara yang paling ampuh dan paling baik. alat medis ini mungkin sederhana, namun wajib ada.

2) Kursi Roda

Hasil gambar untuk kursi roda
kursi roda

Alat medis selanjutnya yang wajib ada meskipun di sebuah klinik kecil adalah kursi roda. Alat ini penting karena bisa membantu menangani pasien yang merasa lemas atau sudah tidak mampu lagi melakukan gerakan ataupun berjalan kaki. Sehingga kursi roda ini berfungsi sebagai alat bantu ringan. Banyak klinik maupun puskesmas yang menyediakan meskipun tidak banyak. Berdasarkan sistemnya, alat ini ada yang manual saja ada juga yang otomatis. Kursi roda juga digunakan untuk membantu mengantarkan para pasien baik selesai rawat maupun akan rawat.

3). Tabung Oksigen

Hasil gambar untuk oxygen tanks
oxygen – promofol

Alat medis selanjutnya yang wajib ada adalah alat medis tabung oksigen.  Alat ini mendasar dan sangat penting, dimana tabung oksigen dapat digunakan untuk membantu melancarkan pernafasan terutama para pasien yang tiba-tiba mengalami kesulitan nafas. Tabung oksigen merupakan sebuah persediaan atau simpanan oksigen yang ada di klinik ataupun rumah sakit, dengan adanya alat ini maka pasien bisa bernafas dengan lancar. Simpanan ini wajib ada meskipun rumah sakit atau klinik kecil.

4). Tensimeter

Hasil gambar untuk tensimeter
tensimeter – hellosehat

Tensimeter merupakan barang selanjutnya atau alat medis selanjutnya yang wajib ada. Tensimeter dapat digunakan untuk mengukur tekanan darah yang ada pada pasien. Tekanan darah sangat penting, terutama jika seseorang baru saja masuk ke rumah sakit karena sakit atau sebuah masalah. Jika tekanan darah terlalu tinggi maka akan menyebabkan berbagai penyakit, sedangkan tekanan darah rendah juga bisa menyebabkan banyak hal.

5). Termometer

Hasil gambar untuk termometer

Alat medis terakhir yang wajib ada adalah termometer. Walaupun anda bisa mengukur suhu manusia hanya dengan menyentuh, namun anda tidak bisa melihat suhu tepat dari jika hanya mengukur dengan tangan saja. Namun dengan termometer anda bisa melihat dengan tepat bahkan suhu secara detail. Sehingga adanya termometer ini benar-benar membantu untuk mengukur suhu pasien.

Alat medis diatas memang menjadi alat medis ringan yang ada. namun ringan bukan berarti tidak penting, bahkan barang-barang diatas masuk kategori wajib dan menjadi kelima alat dari berbagai alat yang harus ada untuk melakukan penyelamatan. Untuk mendapatkannya anda bisa membeli di ciptamedika.com untuk kualitas dan harga terbaik.