Ketahui Alat CT Scan dan Kegunaannya

0
660

Sebagian dari anda, mungkin pernah mendengar kata CT Scan ? Beberapa dari anda yang sedang melakukan pengobatan ke rumah sakit mungkin tahu, bahkan melalui metode yang satu ini sebenarnya. Apa sih CT Scan itu ? Umumnya masyarakat Indonesia yang mengetahui bahwa CT Scan merupakan salah satu metode yang dilakukan atau dirujuk oleh seorang dokter, untuk membantu melihat keadaan tubuh pasien secara menyeluruh.

Padahal CT Scan merupakan sebuah alat yang digunakan dan bukan metode yang dilakukannya umumnya CT Scan ini banyak dimiliki oleh rumah sakit besar. Jika di Indonesia termasuk rumah sakit yang berdiri di tengah kota, CT Scan untuk membantu dan mendukung tim tenaga kesehatan serta dokter agar dapat melihat atau mendeteksi penyakit yang dimiliki oleh pasien.

Pengertian CT Scan

Hasil gambar untuk ct scan

Bicara soal CT Scan sendiri, alat ini memang Sebuah alat canggih yang tidak sembarangan digunakan dan juga dimiliki oleh Rumah Sakit. Alat canggih ini nyatanya sangat berguna, bahkan sudah di gunakan dan terus dikembangkan. CT Scan merupakan salah satu alat yang paling tepat untuk melihat cedera tulang, serta mendiagnosa masalah paru-paru dan dada mendeteksi kanker dan lain sebagainya. CT Scan sangat digunakan pada kamar darurat karena prosesnya memakan waktu kurang dari 5 menit.

Lantas bagaimana penggunaannya ? Berdasarkan penggunaannya, memang tidak memakan waktu yang terlalu lama karena radiasi yang cukup tinggi. Umumnya pasien hanya membutuhkan waktu 5 menit saja. Sebenarnya waktu melakukan CT Scan sendiri, hanya kurang dari 30 detik. Karena itu CT Scan lebih sensitif terhadap pergerakan dibandingkan alat lain seperti MRI dan lain sebagainya.

Radiasi CT Scan

Hasil gambar untuk ct scan

Sedangkan efek samping yang terjadi pada tubuh meskipun kecil, CT Scan dapat memaparkan risiko penyinaran yang tidak terasa sakit dan juga tidak invasive. Namun bagaimana dengan aplikasinya  ? Umumnya pengaplikasian CT Scan ini, cocok untuk gambar cedera tulang paru-paru dan dada dan dapat mendeteksi kanker secara detail banyak digunakan pada pasien gawat darurat yang juga mereka yang membutuhkan operasi secara cepat.

Selain itu juga menghasilkan detail yang sangat jelas terutama untuk struktur tulang. Keuntungan utama dari CT Scan adalah CT Scan dapat menggambarkan tulang jaringan lunak, serta pembuluh darah di saat waktu yang bersamaan dapat menggambarkan tulang dalam tubuh. Dengan sangat akurat dan juga memiliki kualitas yang sangat bagus.

Sayangnya CT Scan ternyata menimbulkan pro dan juga kontra yang timbul di masyarakat maupun antara tim tenaga kesehatan. CT Scan memang seringkali kegunaannya dikurangi atau diminimalisir oleh banyak dokter. Radiasi dari CT Scan ternyata berbahaya terutama bagi pasien yang melakukan scan berulang kali. Hal ini ternyata dapat memicu kanker yang ada pada tubuh seseorang.

Baca juga :

Kasus CT Scan

Hasil gambar untuk ct scan

Berdasarkan artikel Februari 2014 New York times, melaporkan bahwa dosis radiasi CT Scan adalah 100 hingga 1000 kali lebih tinggi daripada x-ray konvensional. Selain itu CT Scan dapat memaparkan pasien ke jumlah radiasi yang bukti epidemiologi, menunjukkan bisa menimbulkan kanker resikonya telah didemonstrasikan secara langsung pada 2 studi klinis besar di Inggris dan juga Australia.

Namun meskipun terdapat pro dan kontra yang terjadi CT Scan masih banyak digunakan oleh rumah sakit. Namun dalam jumlah atau batasan tertentu berbicara mengenai CT Scan. Bagi anda yang mencari CT Scan berkualitas dan juga baru tidak perlu khawatir karena dapat membelinya langsung di Ciptamedikacom dengan harga yang tentu saja sesuai dan kualitas yang sesuai dengan internasional.