Pengertian EKG dan Alat Elektrokardiograf

0
2522

Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang banyak diderita oleh masyarakat di zaman yang modern ini. Mulai dari keturunan, dan juga pola hidup yang salah, menjadi salah satu faktor mengapa banyak orang mengalami penyakit jantung.

Baca juga : Alat Endoskopi, fungsi dan kegunaannya

Penyakit yang menyerang salah satu organ vital yang ada pada manusia ini, memang termasuk ke dalam salah satu penyakit besar dan juga cukup sulit untuk diatasi.  Bagi anda yang penasaran, Bagaimana cara mengetahui apakah jantung anda sehat atau tidak, dapat melalui berbagai tes dan juga metode salah satunya adalah tes EKG.

Pengertian EKG atau Elektrokardiogram

Image result for ekg machine

EKG atau singkatan dari elektrokardiogram, merupakan salah satu metode yang dilakukan oleh dokter untuk mencatat aktivitas otot jantung, kemudian menampilkan datanya. Alat yang digunakan untuk mencatat EKG ini disebut sebagai elektrokardiograf. Alat ini akan membantu memantau kondisi jantung pasien, setelah itu akan cetaknya dalam sebuah kertas.

Hasil inilah yang kemudian ditafsirkan oleh dokter ahli jantung sebagai salah satu referensi. Apakah jantung pasien sehat atau tidak. EKG sendiri masuk kedalam salah satu terobosan dalam dunia medis, yang mempermudah dokter untuk diagnosa kelainan jantung ataupun penyakit yang cerita oleh pasien.

Artikel terkait :

Tujuan EKG dan Penggunaan Elektrokardiograf

Image result for ekg machine

Tujuan dilakukan uji stres EKG di antaranya:

  • Melihat asupan darah yang mengalir ke jantung saat melakukan aktivitas fisik
  • Mendeteksi kelainan irama jantung dan aktivitas listrik di jantung
  • Melihat seberapa baik katup jantung bekerja
  • Menilai tingkat keparahan penyakit arteri koroner yang dimiliki pasien
  • Menilai seberapa efektif rencana pengobatan jantung yang sudah dilakukan
  • Menentukan batas-batas latihan fisik yang aman sebelum memulai program rehabilitasi jantung akibat dari serangan jantung atau operasi jantung
  • Mengevaluasi denyut jantung dan tekanan darah
  • Mengetahui tingkat kebugaran fisik
  • Menentukan prognosis seseorang terkena serangan jantung atau meninggal akibat penyakit jantung

Cara kerja EKG dan Elektrokardigoraf

Image result for ekg machine

Bagaimana cara kerja EKG khususnya alat elektrokardiograf tersebut akan bekerja ? Alat ini dapat bekerja dengan benar dan akurat apabila pemasangan kabel-kabel lift pada kabel EKG tersebut, benar dan juga tepat. Umumnya panduan ini diberikan kepada dokter dan juga tenaga kesehatan, sehingga mereka mendapatkan sosialisasi terlebih dahulu. Terkait penggunaan alat ke kg dengan beberapa kabel yang sesuai.

Baca juga : Daftar Alat Medis Untuk Gawat Darurat

Anda harus bisa menempatkan sensor tersebut ke bagian-bagian yang sesuai dengan anatomi tubuh manusia agar elektrokardiogram dapat membacanya dengan tepat. Setelah itu umumnya pasien bisa melakukan aktivitas seperti lari di atas treadmill ataupun bergerak. Sehingga elektrokardiograf dapat mencatat grafik kenaikan dari aktivitas yang anda lakukan. Setelah itu hasilnya akan di print dan dokter akan menafsirkan Bagaimana otot atau jantung anda bekerja.

Hasil Pemeriksaan EKG

Image result for ekg machine

Hasil pemeriksaan EKG adalah sebuah kertas yang menuliskan grafik atau gelombang yang dapat dibaca oleh dokter atau tenaga kesehatan ahli. dimana hasil printnya sudah dipelajari oleh dokter atau tenaga kesehatan ketika masih di bangku kuliah atau bangku sekolah. EKG ini memang sengaja khusus dipelajari agar tenaga kesehatan bisa membaca hasil tersebut. namun tanpa diketahui oleh orang awam, Bagaimana kondisi dan juga diagnosa pada awalnya ini tidak bisa dilakukan tanpa bantuan alat elektro kardiograf sesuai yang disebutkan dalam artikel diatas.

Jika anda kebetulan sedang mencari alat EKG ini, anda bisa langsung membelinya di ciptamedika.com. yakni solusi berbagai alat kesehatan yang anda butuhkan dengan harga yang murah, namun barang yang didapatkan akan dijamin berkualitas. Anda juga bisa mendapatkan elektrokardiograf terbaru tanpa perlu repot.