Alat Instrumen Bedah dan Operasi yang Harus Diketahui

0
18734

Dalam pengobatan medis, operasi merupakan salah satu solusi yang banyak dilakukan bagi para pasien yang mengalami masalah pada tubuh. Sehingga tidak dapat di atas lagi dengan obat-obatan ataupun pengobatan biasa. Operasi ini hanya dilakukan oleh dokter ahli yang sudah memiliki sertifikat kompetensi yang terbukti dapat melakukan pembedahan dan juga pengobatan pada pasien. Operasi  tidak bisa sembarangan dilakukan dan harus melewati serangkaian prosedur, disertai dengan persetujuan baik dari pasien maupun keluarganya.

Berbicara soal operasi, Tentu saja tidak lengkap rasanya jika anda tidak memiliki instrumen benda atau alat instrumen bedah yang mendukung jalannya operasi tersebut. Instrumen ini merupakan salah satu benda yang dapat membantu dokter, untuk melakukan operasi dengan lancar dari awal hingga akhir.

Berikut ini adalah beberapa instrumen budaya yang harus anda ketahui terutama jika anda ingin menjadi dokter bedah :

1. Gunting Jaringan

Hasil gambar untuk metzenbaum scissors

Hal pertama yang sangat penting adalah gunting jaringan. Gunting ini biasa disebut dengan dissecting scissors ini, merupakan salah satu gunung yang sangat tajam yang berfungsi untuk memotong jaringan atau bahkan kulit. Gunting jaringan berbeda dengan gunting pada umumnya, karena tidak memiliki sisi pembatas. Sehingga bisa jadi sangat tajam di sepanjang pisangnya. Bentuknya panjang membantu para dokter untuk melakukan pembedahan baik dalam sayatan yang cukup besar maupun luas. Beberapa dokter menyebut gunting jaringan dengan nama metzenbaum yang diambil dari bahasa Belanda.

Baca juga : Alat Endoskopi, fungsi dan kegunaannya

2. Irish scissors

Hasil gambar untuk iris scissors

Selanjutnya instrument bedah yang harus dokter miliki masih dalam kategori gunting. Disebut sebagai gunting iris atau Irish scissors fungsinya untuk memotong jaringan dengan ukuran benda yang lebih kecil. Sehingga gunting berukuran lebih kecil, bedanya dengan metzenbum, gunting ini memiliki pegangan yang lebih lebar dibanding kan pisaunya.

3. Pisau

Hasil gambar untuk scalpel surgery

Bedah kurang lengkap rasanya tanpa ada pisau khusus untuk bedah.  Pisau untuk bedah sangat banyak, yaitu terdapat 36 macam, dimana nomor yang digunakan mulai dari angka 10. Khususnya masing-masing pisau ini memiliki fungsi yang berbeda-beda. Anda harus bisa menggunakannya sesuai dengan kebutuhan terdapat berbagai nomor dalam setiap pisau atau biasa disebut dengan bisturi. Untuk nomor 15 dan dibawahnya digunakan skalpel atau pemegang pisang nomor 3, sedangkan untuk nomor 20 keatas digunakan skalpel atau alat pemegang pisau yang nomor 4. Semua ini harus dipahami dan dipelajari oleh dokter agar tidak salah dalam menggunakan pisau yang dimaksud.

Artikel terkait :

4. Penjepit

Hasil gambar untuk hemostat forceps

Operasi mengharuskan seorang dokter dan tenaga kesehatan lainnya untuk tidak menggunakan tangan dalam melakukan pembedahan, karena dapat menimbulkan bakteri dan juga kuman serta infeksi yang bisa saja timbul. Maka salah satu solusinya adalah dokter dan tenaga kesehatan menggunakan penjepit sebagai benda yang membantu untuk melakukan pembedahan. Selain gunting dan juga pisau, penjepit dibagi menjadi tiga kegunaan yaitu dapat digunakan sebagai penyebab pembuluh darah transfer, atau pemegang dan juga retractor, atau penarik. Contoh dari penjepit sendiri adalah hemostat klem, Arteri klem dan juga artery forceps.

5. Pinset

Hasil gambar untuk pinset surgery

Serupa dengan penjepit, salah satu benda yang sangat penting dan banyak digunakan oleh dokter adalah pinset atau bisa disebut dengan hoodie. Hoodie ini merupakan salah satu alat yang membantu untuk memegang jaringan sementara retraksi atau membuat dan memegang saat menjahit. Salah satunya adalah pinset anatomis, yang membantu memegang jaringan halus seperti usus dan peritonium tanpa merobek ataupun merusaknya. Saat ini sangat berfungsi untuk para dokter karena dapat membantu memegang berbagai organ tubuh sehingga tidak rusak dan juga mengalami masalah.

Bagi yang tertarik dengan daftar alat instrumen bedah ini, tidak perlu khawatir karena anda bisa langsung mengunjungi ciptamedika.com dan bisa mendapatkan dengan harga yang murah, namun tentu saja kualitas yang jempolan.