Alat Medis Wajib untuk Bidang Kandungan dan Kebidanan

0
3367

Alat medis merupakan salah satu hal yang wajib disediakan yang ada di rumah sakit maupun klinik. Adanya alat medis ini jelas membantu tenaga kesehatan khususnya dokter untuk bisa mengerjakan berbagai penanganan ataupun pekerjaan yang ada. alat medis wajib ada salah satunya di bidang kandungan dan kebidanan yang menjadi salah satu bidang yang penting.

Hal ini masuk kedalam bidang yang banyak memiliki pasien. Sebenarnya kandungan dan kebidanan bukan hanya berbicara soal kehamilan dan janin saja. terkadang jika seorang wanita mengalami masalah pada area reproduksi termasuk kesehatan rahim. Berbicara soal kebidanan dan kandungan, kenali berikut ini alat medis yang wajib ada dalam kandungan dan kebidanan.

  1. USG / Ultrasonografi
Hasil gambar untuk usg
USG – suara

Alat medis pertama yang wajib anda ketahui dan wajib ada yakni alat medis USG atau Ultrasonografi. Dimana alat ini merupakan alat penting untuk mendeteksi dan menampilkan janin dalam perut secara 2 dimensi hingga 4 dimensi. Dengan cara mencitrakan bagian dalam tubuh dan bantuan prinsip gelombang suara ultra atau frekuensti tinggi  maka anda bisa melihat perkembangan janin yang ada dalam tubuh sang ibu.

2. Alat kontrasepsi

Hasil gambar untuk alat kontrasepsi
alat kontrasepsi – hellosehat

Selanjutnya hal yang bisa digunakan dan wajib ada adalah alat kontrasepsi. Alat ini masuk kedalam alat medis maupun alat kesehatan. Sebenarnya ada berbagai macam alat kontrasepsi yang bisa anda dapatkan, umumnya masyarakat membelinya di apotek karena masuk kedalam alat kesehatan yang penting. Namun alat kontrasepsi ini umumnya dibantu atau dipilihkan sesuai kebutuhannya. Alat ini berfungsi untuk mencegah kehamilan serta penularan penyakit yang berbahaya. Alat kontrasepsi juga membantu mengendalikan kelahiran yang bahkan berbahaya.

3. Bed Pasien

Hasil gambar untuk bed pasien
bed pasien – youtube

Bed pasien merupakan benda yang penting yang harus ada dimanapun dan kapanpun. Bed pasien juga harus ada di bagian kandungan ataupun bagian kebidanan. Dimana, kebidanan dan kandungan ini adalah salah satu benda wajib untuk  membantu proses kelahiran atau perawatan. Selain itu beberapa pasien mengalami keguguran ataupun melakukan operasi kista, sama butuhnya dengan adanya bed pasien ini.

4. Fetal Doppler

Hasil gambar untuk fetal doppler
fetal doppler – groupon

Fetal doppler merupakan salah satu hal yang paling memudahkan kehidupan tenaga kesehatan, terutama mereka yang bekerja di bidang kandungan dan kebidanan. Alat kesehatan ini digunakan para bidan dan dokter untuk melihat janin yang ada pada tubuh ibu hamil. Kondisi kesehatan menjadi lebih mudah terpantau dan kesehatan bayi akan lebih mudah dengan adanya Fetal Doppler. Namun fetal doppler  ini sudah dimasukan fungsinya kedalam USG terbaru sehingga memudahkan dokter dalam melakuakn tugasnya.

5. Phototherapy unit

Hasil gambar untuk phototherapy unit
phototherapy unit – AVIhealthcare

Terakhir hal yang biasa digunakan untuk rumah sakit atau klinik kebidanan dan kandungan. Adanya alat phototherapy unit dapat membantu anda dalam mengatasi masalah seperti kelahiran prematur dan bayi kuning. Alat phototherapy unit ini umumnya disebut sebagai lampu fototerapi. Memang tidak semua klinik memiliki alat ini. namun rumah sakit besar pasti memilikinya, untuk itu alat medis yang dapat berguna untuk mengobati terapi bayi kuning merupakan salah satu alasan mengapa alat ini dibutuhkan. Selain itu, dengan adanya terapi ini dapat membantu menghangatkan dan menghilangkan bayi dari kemunkginan penyakit.

Baca juga : Daftar alat medis habis pakai

Itulah beberapa alat kesehatan yang wajib ada dalam semua rumah sakit khususnya bidang kebidanan ataupun bidang kandungan. Semua alat medis itu dibutuhkan untuk menunjang metode dan berbagai pekerjaan yang dilakukan oleh tenaga kesehatan khususnya dokter. Disisi lain, jika anda membutuhkannya anda bisa membelinya di ciptamedika.com dengan kualitas yang juga jempolan.