Alat Bantu Pernapasan di Rumah Sakit yang Wajib Ada

0
2825

Seringkali banyak pasien yang dilarikan ke rumah sakit karena tidak dapat bernafas atau mengalami kondisi sesak nafas. Orang-orang dengan gangguan pernapasan seperti asma, penyakit paru, PPOK, emfisema hingga kanker membutuhkan berbagai macam alat bantu pernapasan. Tujuannya, agar mereka dapat menghirup oksigen kembali dengan nyaman.

Selain itu banyak orang yang dilarikan ke rumah sakit, karena tidak dapat memfungsikan sistem pernapasan mereka dengan baik. Padahal oksigen merupakan bahan utama yang dibutuhkan manusia agar dapat hidup dan melakukan aktifitas dengan normal. Tahukah anda bahwa alat bantu pernapasan apa saja yang dibutuhkan dengan orang yang memiliki gangguan pernapasan tertentu.

Berikut ini beberapa alat canggih yang biasanya ada di rumah sakit, atau masuk ke dalam alat bantu pernapasan di rumah sakit yang wajib ada :

1.     Tabung dan Regulator

Hasil gambar untuk tabung oksigen

Alat pertama bernama tabung oksigen, yang memiliki kemampuan untuk mengubah air menjadi oksigen. Selain itu tabung ini juga banyak dimiliki oleh Rumah Sakit dengan berbagai ukuran, mulai dari kecil hingga besar. Tabung ini dialirkan melalui selang ke saluran pernafasan pasien bisa menggunakan hidung atau mulut, sesuai dengan penyakit yang dimiliki.

Selain itu tabung oksigen juga umumnya dilengkapi dengan regulator oksigen, yakni sebuah alat yang berfungsi untuk mengendalikan tekanan oksigen yang diberikan agar tidak terlalu tinggi atau terlalu rendah. Sehingga sangat aman bagi pasien.

2.     Oksigen Portable

Hasil gambar untuk oxygen portable

Bagi anda yang memiliki penyakit sesak nafas dan sering kali kambuh. Tidak mungkin rasanya jika anda harus datang ke rumah sakit setiap saat. Berbeda dengan tabung oksigen dan regulator oksigen yang besar. Anda bisa menggunakan oksigen portable yang dikemas dalam tabung kecil sehingga bisa dibawa ke manapun dan kapanpun.

Oksigen portable di jual bebas, sehingga anda bisa membelinya di apotek ataupun toko obat terdekat. Tabung oksigen ini seringkali adalah salah satu komponen kotak pertolongan pertama pada kecelakaan, karena dapat membantu melancarkan sistem pernapasan pasien secara sementara.

3.     Oxygen concentrator

Hasil gambar untuk oxygen concentrator

Selanjutnya adalah oksigenconsentrator yang merupakan alat yang bekerja menghasilkan oksigen murni dari udara bebas. Alat bantu pernafasan ini umumnya digunakan oleh mereka yang memiliki gangguan pernafasan, atau membutuhkan asupan oksigen lebih banyak. Namun ingin beraktivitas dengan mudah alat ini digunakan untuk meningkatkan kadar oksigen yang ada dalam darah.

Anda bisa membelinya di rumah sakit ataupun merujuk ke Apotek yang sudah besar. Bagaimana cara kerja alat ini ? Umumnya alat ini akan mengambil udara bebas dari lingkungan oksigen dengan bahan lainnya. Setelah itu oksigen murni dapat disalurkan melalui selang ke saluran pernapasan pasien secara langsung.

4.     Oximeter

Hasil gambar untuk oximeter

Selanjutnya adalah oximeter yang merupakan alat bantu pernafasan yang berfungsi untuk pengukur kadar oksigen yang ada dalam darah. Bentuknya seperti jam tangan, artinya akan dihubungkan dengan sensor yang berfungsi untuk mengukur kadar oksigen dalam jari anda. Setelah itu alat akan mengukur oksigen atau tingkat kejenuhan Oksigen yang ada dalam darah, akan muncul di dalam layar alat ini. Sehingga anda bisa tahu apakah kondisi ada dalam baik atau tidak.

5.     CPAP

Hasil gambar untuk CPAP

CPAP atau singkatan dari continuous positive Airway pressure merupakan sebuah alat yang digunakan oleh pasien sleep apnea, yakni orang yang kesulitan bernafas ketika mereka tidur. Umumnya karena adanya penyumbatan saluran pernafasan atau tidak stabilnya pusat kendali pernafasan. Ketika penyumbatan ini terjadi orang dengan sleep apnea akan terbangun mendadak dan sering mengalami sesak nafas, sehingga orang dengan penyakit ini akan mengalami gangguan tidur yang akhirnya menyebabkan kurangnya istirahat. Sedangkan CPAP ini bisa membantu mengurangi masalah sesak nafas ketika mereka sedang tidur.