Daftar Alat Medis untuk Gawat Darurat

0
2025

Apa yang anda ketahui tentang emergency ? Keadaan emergency biasa juga disebut sebagai kasus gawat darurat. Keadaan ini terjadi ketika seorang pasien ataupun seseorang terserang penyakit serius atau bisa juga cedera. Secara singkatnya, keadaan ini mengakibatkan nyawa dalam bahaya. Gawat darurat ini bisa terjadi dimana saja dan kapan saja, sehingga siapapun yang mengalami keadaan darurat harus segera ditolong agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Jika tidak segera ditangani, maka akan muncul kecacatan hingga kematian.

Pertolongan pertama, merupakan pengobatan sementara yang diberikan kepada seseorang. Sampai orang tersebut dapat bertahan dan dilarikan ke rumah sakit dengan fasilitas yang lengkap. Dalam penanganan ini gawat darurat juga memiliki syarat-syarat atau standar yang harus dipenuhi salah satunya adalah alat-alat pendukung. Jika ada masalah terjadi, maka tenaga kesehatan akan langsung melakukan pertolongan, namun jika alat-alat gawat darurat tidak mendukung tentu saja hal tersebut akan sia-sia belaka.

Bagi anda yang belum tahu jenis alat apa saja yang dibutuhkan untuk kondisi gawat darurat, berikut ini daftar alat medis untuk gawat darurat :

1. Tandu lipat

Gambar terkait

Jika terjadi kecelakaan ataupun terjadi kondisi gawat darurat di luar rumah sakit. Maka alat ini menjadi sangat penting, para petugas kesehatan yang datang akan membawa tandu atau alat untuk mengangkut pasien dari area kejadian ke ambulance tersebut. Tandu lipat ini seringkali digunakan ambulans karena efisien dan mudah untuk digunakan. Selain itu, tandu ini dapat diperkecil dan juga dapat dilipat, sehingga bisa mempermudah tenaga kesehatan saat membawanya. Tandu ini sangat ringan sehingga membantu anda membawa korban menjadi lebih mudah.

2. Tas P3K

Hasil gambar untuk emergency kit

Benda selanjutnya yang wajib ada ketika melakukan pertolongan gawat darurat adalah perlengkapan P3K atau emergency kit. Perlengkapan ini merupakan salah satu perlengkapan yang disiapkan untuk membantu melakukan pertolongan pertama, sebelum dibawa ke rumah sakit. Umumnya alat gawat darurat ini berisi cukup banyak obat mulai dari plester, kain kasa, benang jahit, antibiotic, beberapa obat yang bisa diberikan ketika di tempat, alkohol dan masih banyak lainnya. Umumnya emergency kit ini memang berbentuk tas yang berisikan berbagai kebutuhan yang bisa diberikan untuk melakukan pertolongan pertama.

3. Ambulance stretcher

Hasil gambar untuk ambulance stretcher

Ambulance stretcher atau biasa disebut juga sebagai tandu yang digunakan untuk mobil ambulans, merupakan alat yang didesain sedemikian rupa sehingga mempermudah para tenaga kesehatan menurunkan pasien dari mobil ambulans ke dalam rumah sakit. Dengan adanya alat ini paramedis tidak kesulitan untuk membawa dan juga memindahkan pasien. Sehingga meminimalisir gerakan yang dilakukan, terutama jika mereka mengalami cedera atau luka yang membuat pasien untuk tidak bergerak sedikitpun. Tandu darurat ini memiliki permukaan yang terbuat dari bahan anti air dengan bantal berbulu sayang sandaran belakang nya dapat disesuaikan dengan kondisi pasien.

4. Tabung oksigen

Hasil gambar untuk tabung oksigen emergency

Selanjutnya yang harus diketahui dari alat gawat darurat adalah tabung oksigen. Di mana pada pasien yang mengalami kekurangan oksigen atau biasanya sesak nafas, akan dibantu dengan alat yang satu ini. Beberapa bagian yang harus diperhatikan dalam penggunaan oksigen adalah tabung oksigen, oksigen konsentrator dan juga regulator oksigen. Hal ini dapat membantu karena pasien yang mengalami berbagai kejadian sehingga menyulitkan mereka untuk bernafas dapat kembali nafas dengan lancar.

Baca juga : Alat Medis Wajib Ada dalam Klinik Kecil

Nah deretan alat medis itulah yang harus anda siapkan ketika melakukan pertolongan pertama untuk kondisi gawat darurat. Perlu diperhatikan oleh alat tersebut mulai dapatkan, salah satunya anda bisa membelinya di ciptamedika.com sebagai penyedia alat medis secara online yang berkualitas dan juga tentunya standar internasional.